Berbalik Dukung Prabowo, PAN Minta Kadernya Gak Usah Baperan di Pilpres 2024

PAN semula kepengin usung Ganjar Pranowo

Semarang, IDN Times - Arah dukungan Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) ke bacapres Prabowo Subianto membuat situasi politik saat ini menjadi sulit diprediksi. 

Baca Juga: Golkar-PAN Pilih Usung Prabowo, Ganjar Pranowo: Pernah Terjadi 2014

1. PAN Jateng: Jangan baper!

Berbalik Dukung Prabowo, PAN Minta Kadernya Gak Usah Baperan di Pilpres 2024Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan di acara Workshop Nasional DPP PAN pada 3-6 Oktober 2021 (capture YouTube PAN TV)

Para pengurus PAN Jawa Tengah pun menyarankan supaya simpatisan, kader dan pengurus partainya supaya tidak perlu baperan dalam menyikapi perubahan arah dukungan selama kontestasi Pilpres 2024.

"Jangan baper aja lah di Pilpres, karena semuanya masih bisa banyak berubah. Pilpres sangat dinamis banget, bergantung kepentingannya apa," kata Ketua Desk Pemenangan Pemilu PAN Jateng, Wahyudin Noor Aly kepada wartawan, Rabu (16/8/2023). 

2. Pilpres 2024 justru sulit ditebak

Berbalik Dukung Prabowo, PAN Minta Kadernya Gak Usah Baperan di Pilpres 2024Ilustrasi Pemilu. (IDN Times/Mardya Shakti)

Ia mengaku situasi jelang Pilpres 2024 kini susah ditebak. Sebab ia sendiri proses politik di Indonesia berjalan sangat dinamis. 

Ia mengatakan seharusnya berjalannya Pilpres 2024 bisa membawa dampak yang nyata mengenai perubahan bagi segala lapisan masyarakat. 

“Yang paling penting bagaimana korelasi Pilpres ketika ada perubahan bisa ditunjukan ke masyarakat," tambahnya.

3. PAN baca pengalaman saat Pilpres 2019

Berbalik Dukung Prabowo, PAN Minta Kadernya Gak Usah Baperan di Pilpres 2024PAN gelar silaturahmi Ramadan bersama Presiden Jokowi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Saking dinamisnya, pihaknya mengaku tidak dapat memprediksi arah politik kedepannya akan bagaimana. Termasuk dukungan terhadap Ganjar yang berpaling itu. Ia mengaitkan nama Mahfud MD pada Pilpres 2019 yang digadang-gadang sebagai pendamping Jokowi. 

“Kita sendiri kadang tidak bisa di-predict (diprediksi). Tadi kan pernah sejarahnya Pak Mahfud MD (nyaris menjadi cawapres Jokowi), tapi 15 menit sebelum pendaftaran saja bisa berubah,” ucapnya. 

4. Serahkan aturan main kepada Zulhas

Berbalik Dukung Prabowo, PAN Minta Kadernya Gak Usah Baperan di Pilpres 2024Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam acara peresmian Kantor DPP PAN di Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kendati begitu, ia mengungkapkan arah dukungan kepada bacapres Prabowo telah melalui proses yang panjang. Karena keputusan mendukung bacapres dari KKIR tersebut sudah digodok dengan matang oleh Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas). 

"Bahwa seperti apa prosesnya itu juga sudah beberapa kali dilakukan oleh ketua kita. Itu tadi yang namanya politik sangat dinamis. Kita serahkan aja ke petinggi partai yang punya kewenangan," akunya. 

Baca Juga: PAN Ngotot Capreskan Ganjar Pranowo, Ditarget Raih Suara 87 Persen di Jateng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya