Telan Dana Rp770 Miliar, Inilah Penampakan Bendungan Pidekso Wonogiri

Bisa mengairi 1500 hektar sawah.

Wonogiri, IDN Times - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Pidekso, Kabupaten Wonogiri, pada Selasa, (28/12/2021). Bendungan seluas dengan luas genangan 232 hektar tersebut diharapkan bisa mendukung kemandiriaan pangan di Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga: Sejarah KA Solo-Wonogiri Kereta Feeder yang Melintas di Tengah Kota

1. Pembangunan menghabiskan anggaran Rp770 miliar

Telan Dana Rp770 Miliar, Inilah Penampakan  Bendungan Pidekso WonogiriBendungan Pidekso, Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan pembangunan bendungan Pidekso tersebut menelan anggaran sebesar Rp770 miliar rupiah. Anggaran tersebut digunakan untuk pembebasan lahan dan pembangunan fisik bendungan.

"Bendungan yang menelan dana Rp770 miliar ini dimulai pembebasan tanahnya ditahun 2014 dan dimulai konstruksinya di tahun 2017," ungkapnya.

2. Bisa mengairi 1500 hektar sawah

Telan Dana Rp770 Miliar, Inilah Penampakan  Bendungan Pidekso WonogiriBendungan Pidekso.Dok. Laily Rachev, Biro Pers Sekretariat Presiden

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan bendungan dengan kapasitas 25 juta meter kubik tersebut bisar mengairi sawah sekitar 1500 hektar.

"Bendungan ini berkapasitas 25 juta meter kubik dengan luas genangan 232 hektar yang bisa mengairi sekitar 1500 hektar sawah di Kabupaten Wonogiri," katanya.

Jokowi berharap, adanya bendungan tersebut bisa membantu para petani untuk meningkatkan hasil panen sekaligus menciptakan kemandirian pangan.

3. Bisa jadi lokasi wisata baru

Telan Dana Rp770 Miliar, Inilah Penampakan  Bendungan Pidekso WonogiriBiro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Tak hanya bermanfaat untuk petani, bendungan Pudikso ternyata juga bisa lokasi berswafoto yang baru di Wonogiri. Selain memiliki pemandangan yang bagus, di lokasi pendungan juga terdapat menara yang berbentuk segitiga.

Tak hanya itu, penataan taman yang rapi di sekitar lokasi bendungan, membuat nyaman dan enak dilihat. Ribuan benih ikan juga dilepas oleh Presiden Jokowi, juga bisa menjadi salah spot memancing.

Baca Juga: 5 Trik Jitu Jualan Jersey Voli ala Regar Sport Wonogiri, Inspiratif!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya