Terungkap! Mahasiswa UNS Mati Lemas Akibat Kekerasan 

Hasil autopsi mahasiswa UNS yang meninggal saat Diklat Menwa

Surakarta, IDN Times - Polresta Solo berhasil mengungkap penyebab meninggalnya Gilang Endi Saputra (21), mahasiswa peserta Diklatsar Menwa UNS, Minggu (24/10/2021) lalu.

Baca Juga: Bantah ada Lebam, UNS Beberkan Kronologi Meninggalnya Gilang

1. Mati lemas akibat kekerasan tumpul

Terungkap! Mahasiswa UNS Mati Lemas Akibat Kekerasan Kapolresta Solo, AdeSafri Simanjuntak. IDNTimes/Larasati Rey

Kapolresta Solo, Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan pihaknya telah menerima hasil autopsi jenazah almarhum Gilang dari Rumah Sakit Bhayangkara Semarang Biddokes Polda Jawa Tengah, pada Jumat pukul 11.00 WIB tadi.

Dari hasil autopsi tersebut disimpulkan jika almarhum Gilang meninggal karena luka akibat kekerasan tumpul, yang mengakibatkan mati lemas.

“Dari hasil autopsi tersebut, disimpulkan bahwa penyebab kematian adalah karena luka, akibat kekerasan tumpul, yang mengakibatkan mati lemas,” katanya Jumat (29/10/21).

2. Bakal meminta keterangan ahli

Terungkap! Mahasiswa UNS Mati Lemas Akibat Kekerasan Basecame Menwa UNS, Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, Ade menambahkan berdasar pada hasil autopsi yang sudah diterima tersebut, penyidik Satreskrim kembali akan melakukan penyidikan. Diantaranya dengan meminta keterangan ahli yang telah dilibatkan dalam autopsi dari tim kedokteran forensik.

Penyidikan dilakukan untuk mengetahui detail luka pada tubuh korban. "Itu konsumsi penyidikan yang masih berjalan. Namun kesimpulan dari tim forensik, menyimpulkan bahwa, penyebab kematian adalah luka akibat kekerasan tumpul yang mengakibatkan mati lemas. Nanti akan kami sampaikan kembali, sementara ini kita sampaikan hasil autopsi yang kami terima," ungkapnya.

3. Periksa dokter jaga RS Moewardi Solo yang menerima jenazah korban

Terungkap! Mahasiswa UNS Mati Lemas Akibat Kekerasan Foto almarhum Gilang Endi Saputra (21), mahasiswa peserta Diklatsar Menwa UNS. Istimewa

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan rangkaian penyidikan yang dilakukan diantaranya akan memeriksa dokter jaga RSUD dr Moewardi yang menerima jenazah korban pada hari Minggu (25/10/2021) pukul 22.02 WIB lalu.

“Rangkaian tersebut termasuk agenda pemeriksaan ahli yang akan dimintai keterangan terkait hasil autopsi,” pungkasnya

Almarhum Gilang Endi Saputra meninggal saat mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Pra Gladi Patria XXXVI Menwa UNS di bawah Jembatan Jurug pada Minggu (24/10/21). Almarhum merupakan mahasiswa semester 3 Program Studi (Prodi) Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3) Sekolah Vokasi (SV) UNS.

Kasus kematiannya terungkap, setelah pihak keluarga merasa curiga dengan penyebab kematian Gilang, pihak keluarga akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian.

Baca Juga: Ungkap Tewasnya Mahasiswa UNS, Ada Alat Elektronik Jadi Barang Bukti

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya