Ungkap Tewasnya Mahasiswa UNS, Ada Alat Elektronik Jadi Barang Bukti

Deretan barang bukti yang telah dikantongi polisi

Surakarta, IDN Times - Deretan barang bukti meninggalnya Gilang Endy Saputra (23) mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) terus dikumpulkan polisi.

Penyidik Polres Kota Surakarta terus mengumpulkan barang bukti untuk mengungkap kematian Gilang yang tewas saat mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar Resimen Mahasiswa di Jurug Jebres, Kota Solo, Jateng.

Baca Juga: Bekas Pukulan di Kepala, Hasil Autopsi Gilang Korban Diksar Menwa UNS

1. Peralatan yang digunakan korban saat Diklatsar Menwa jadi barang bukti

Ungkap Tewasnya Mahasiswa UNS, Ada Alat Elektronik Jadi Barang BuktiIlustrasi peralatan Menwa. IDN Times/Rangga Erfizal

Barang bukti tersebut bakal menjadi petunjuk untuk mengungkap penyebab kematian Gilang. Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak menyebutkan pihaknya telah mengumpulkan berbagai barang bukti yang terkait dengan korban.

"Sejumlah barang bukti sedang dikumpulkan mulai dari pakaian korban hingga peralatan yang digunakan selama kegiatan Diklarsar Menwa (Pendidikan dan Latihan Dasar Resimen Mahasiswa) berlangsung, " kata Kombes Pol Ade Safri Simanjutak usai ziarah dan tabur bunga di makam almarhum Gilang di Desa Dayu, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis.

Ia mengatakan barang bukti yang sudah diamankan di antaranya pakaian dan helm yang digunakan oleh almarhum saat kegiatan Diklatsar Menwa, serta beberapa dokumen.

2. Senjata replika dan alat elektronik bakal menjadi petunjuk

Ungkap Tewasnya Mahasiswa UNS, Ada Alat Elektronik Jadi Barang BuktiBasecame Menwa UNS. IDNTimes/Larasati Rey

Selain barang bukti tersebut, senjata replika yang dibagikan kepada seluruh peserta Diklatsar Menwa juga diamankan. Ada juga barang bukti elektronik yang juga disita untuk diperiksa.

"Soal barang bukti senjata replika yang dibagikan peserta Diklatsar yang berupa dari unsur kayu dan logam sudah disita," katanya.

Sementara itu barang bukti berupa alat elektronik yang sudah disita Ia mengatakan penyidik telah mengirimkannya ke Laboratorium Forensik Polda Jateng. Alat elektronik tersebut menurutnya bakal diperiksa, dikaji, dan dianalisis guna mendukung "scientific investigation" secara optimal supaya mempunyai nilai pembuktian dalam mengungkap kasus tersebut.

3.Polisi mengaku bakal transparan ungkap penyebab tewasnya mahasiswa UNS

Ungkap Tewasnya Mahasiswa UNS, Ada Alat Elektronik Jadi Barang BuktiBasecame Menwa UNS, Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Polisi sebutnya bakal secara profesional dan transparan mengungkap fakta dibalik meninggalnya mahasiswa asal Karanganyar tersebut.

"Kami berkomitmen untuk mengungkap kasus ini secara transparan. Kami juga berharap fakta kejadian sebenarnya bisa segera terungkap," kata dia.

Kamis (28/10/2021) Kapolresta didampingi keluarga korban juga melakukan ziarah dan tabur bunga di makam almarhum Gilang Endi Saputra, yang tidak jauh dari rumah korban.

4. Keluarga minta kematian Gilang diusut tuntas

Ungkap Tewasnya Mahasiswa UNS, Ada Alat Elektronik Jadi Barang BuktiIlustrasi TKP Pembunuhan (IDN Times/Aditya Pratama)

Lasrini, salah satu keluarga almarhum Gilang Endy Saputra, mengatakan pihak keluarga merupakan orang kecil yang awam tentang hukum sehingga menyerahkan sepenuhnya kepada kepolisian untuk mengusut kasus ini sampai tuntas.

"Kami meminta kasus ini, diusut seadil-adilnya. Kalau ada unsur dugaan kekerasan kami minta kepolisian memproses dan dihukum yang setimpal dengan perbuatannya," katanya.

Sebelumnya, Polresta Surakarta menaikkan status dari penyelidikan ke penyidikan dalam perkara kematian mahasiswa itu. Statusnya menjadi penyidikan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap 26 saksi dari kejadian tersebut. Mereka yang dimintai keterangan tersebut, terdiri atas dosen, peserta, dan pelatih dalam Diklatsar Menwa UNS.

Baca Juga: Bantah ada Lebam, UNS Beberkan Kronologi Meninggalnya Gilang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya