Toleransi, Jemaat GKJ Manahan Bagikan Makanan untuk Warga Muhammdiyah

Sebagai bentuk gotong royong antar sesama.

Surakarta, IDN Times - Aksi simpatik dilakukan oleh puluhan jemaat Gereja Kristen (GKJ) Manahan, Sabtu (19/11/2022).

Pembagian makanan tersebut dilakukan sejak Subuh. Mereka sudah berada di depan gereja, untuk menghentikan ribuan warga Muhammadiyah yang mulai berdatangan ke Stadion Manahan untuk mengikuti muktamar.

Baca Juga: Toleransi, SMA Santo Yosef Sediakan Ruangan Penggembira Muktamar

1. Siapkan ribuan bungkus makanan

Toleransi, Jemaat GKJ Manahan Bagikan Makanan  untuk Warga MuhammdiyahJemaat GKJ Manahan bagiakan makanan ke penembira Muktamar. (IDN Times/Larasati Rey)

Para jemaat tersebut menyiapkan 3.000 bungksan makanan dan minuman untuk para penggembira Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, yang mengikuti pembukaan di Stadion Manahan.

Tak hanya membagikan mereka juga mengucapakan selamat datang ke Kota Solo kepada peserta Muktamar, mereka juga tampak berbaur dan saling bersalaman.

"Jemaat ingin berpartisipasi dalam Muktamar ini. Sehingga ada inisiatif untuk mengumpulkan roti yang halal. Ada sekitar 3.000 paket minuman sama kue. Ada pisang godok, kacang dan ketela," kata koordinator aksi jemaat GKJ Manahan, Tumirianto.

2. Wujud budaya gotong-royong

Toleransi, Jemaat GKJ Manahan Bagikan Makanan  untuk Warga MuhammdiyahPembukaan Muktamar ke 48 Muhammdiyah Aisyiyah di Solo. (Biro Press Sekretariat Presiden/ Muchlis Jr)

Tak hanya yang berjalan kaki, para jemaat juga memberhentikan sejumlah bus pengangkut warga Muhammadiyah. Mereka memasukkan kardus air mineral dan bingkisan makanan.

Tumirianto mengatakan aksinya tersebut sebagai wujud budaya gotong royong yang menjadi ciri khas orang Jawa.

"Saudara kita yang sedang butuh dukungan, dorongan, dan mereka sibuk, kita membantu. Semoga sukses, kita juga bahagia kalau mereka sukses," katanya.

3. Pinjamkan gedung untuk basecamp MDMC

Toleransi, Jemaat GKJ Manahan Bagikan Makanan  untuk Warga MuhammdiyahGedung GKJ Manahan yang dipinjam untuk Muktamar. (IDN Times/Larasati Rey)

Tak hanya berbagi makanan, GKJ Manahan juga meminjamkan salah satu gedungnya untuk basecamp Muhammadiyah Disaster Management Center atau MDMC. Lokasi gereja dipilih karena berada di dekat lokasi Stadion Manahan.

"Beberapa waktu yang lalu panitia muktamar datang, untuk silaturahmi dan meminjam gedung itu untuk dipakai sebagai basecamp MDMC," katanya.

Lokasi GKJ Manahan sendiri berada di Jalan MT Haryono No.10, Manahan atau berjarak sekitar 200 meter. Lokasi di sebelah timur stadion tersebut menjadi salah satu akses masuk ke stadion.

Baca Juga: Muktamar Muhammadiyah, Jokowi: Indonesia Bisa Jadi Titik Terang Dunia

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya