Torch Relay, Menteri sampai Artis ikut Lari Bawa Obor APG 2022 di Solo

Api diinapkan di Balaikota Solo sampai opening APG 2022

Surakarta, IDN Times - Menteri Parwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno bersama sejumlah artis mengikuti kirab obor api abadi (torch relay) ASEAN Para Games (APG) 2022, Minggu (24/7/2022) di Kota Solo. Sandiaga Uno berlari sejauh 5 kilometer sesuai rute kirab obor, dari kawasan Purwosari hingga Balai Kota Surakarta.

1. Pawai obor APG 2022 bersamaan dengan CFD

Torch Relay, Menteri sampai Artis ikut Lari Bawa Obor APG 2022 di SoloTorch Relay ASEAN Paragames 2022 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Rangkaian torch relay diawali dengan acara penerimaan api obor abadi yang sebelumnya diinapkan di Kabupaten Sukoharjo. Api tersebut diterima langsung oleh Sandiaga Uno dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Api obor kemudian dikirab dari Purwosari menuju ke Stadion Sriwedari Solo.

Di Stadion tersebut sejumlah atlet dan artis ikut berlari keliling lapangan sembari membawa obor. Di antaranya Rian D'Masiv, Mario Lawalata, Ferry Maryadi, Deswita Maharani, Erika Carlina, Rana Assegaf, Sadana Agung, Rim Laode, Haikal Baron, dan Mia Ismi.

Stadion Sriwedari dipilih karena menjadi simbol monumen Pekan Olahraga Pertama (PON) di Indonesia (1948). Usai melakukan victory lap, obor diberikan kepada Forkopimda Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk kembali dikirab dari Stadion Sriwedari menuju ke bundaran Gladag Solo.

Dari bundaran Gladag, api obor kemudian diberikan kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk dibawa ke Balaikota Solo. Api obor tersebut diinapkan di Balaikota Solo hingga acara pembukaan APG 2022.

Adapun, acara torch relay tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan car free day (CFD). Warga dihibur dengan kesenian tradisional seperti Reog Kolosal Surakarta, Buto Gedruk, Lembu Suro, hingga Barong Kemamang. Mereka ikut tampil sembari jalan santai mengikuti arak-arakan pawai obor APG 2022 yang menuju ke Balaikota Solo.

Baca Juga: Tim 3 Negara Langsung ke Solo, Indonesia Ditarget Juara Umum APG 2022

2. APG 2022 ajang kebangkitan ekonomi

Torch Relay, Menteri sampai Artis ikut Lari Bawa Obor APG 2022 di SoloTorch Relay ASEAN Paragames 2022 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sandiaga mengatakan, event ASEAN Para Games 2022 memiliki potensi sebagai pembangkit ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat okupansi hotel dan vila di Solo dan sekitarnya.

Ia juga mendukung agar Indonesia mampu meraih target sebagai juara umum APG 2022.

"Saya memberikan support karena kita akan menyambut 1.800 atlet dari mancanegara yang kita harapkan menjadi kebangkitan semua, bukan hanya olahraga tapi juga kebangkitan pariwisata dan ekonomi Kota Solo dan Indonesia," imbuhnya.

3. Artis ibukota sambut baik APG 2022

Torch Relay, Menteri sampai Artis ikut Lari Bawa Obor APG 2022 di SoloTorch Relay ASEAN Paragames 2022 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sejumlah artis yang ikut memeriahkan torch relay menyambut baik ajang APG 2022 sehingga bisa memajukan olahraga di Indonesia. Salah satunya oleh artis yang juga pemain di film Srimulat, Erika Carlina.

"Saya sangat senang sekali ya tentunya, di acara ini kita dukung dan kita berdoa agar atlet kita juara," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan aktor Mario Lawalata yang ikut berlari dari Stadion Sriwedari hingga Balaikota Surakarta.

"Yang pasti sukses buat ASEAN Paragames 2022, supaya Indonesia mendapatkan yang terbaik terus, gak ada yang cedera dan semua (pertandingan) berjalan dengan lancar," ucapnya.

Baca Juga: Merchandise APG 2022: Ada Wayang dan Sepatu Bergambar Rajamala

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya