Undangan Terselip, PDIP Jateng Temui Gibran di Solo, Minta Maaf

Kali ini PDIP Jateng antar undangan lagi rapat konsolidasi

Surakarta, IDN Times - DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah akhirnya mengundang Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang juga kader PDIP ke rapat konsolidasi partai yang melibatkan kader kepala daerah di Semarang pada Jumat (25/8/2023).

Surat undangan untuk putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut diantar langsung oleh perwakilan DPD PDIP Jateng.

1. Arahan dari Ketua DPD PDIP Jateng

Undangan Terselip, PDIP Jateng Temui Gibran di Solo, Minta MaafKetua Bappilu DPP PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (IDN Times/Aryodamar)

Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah, Sumanto mendapat tugas mengantarkan surat undangan tersebut kepada Gibran, di kantor Balaikota Solo, Rabu (23/8/2023).

Usai menyerahkan surat, Sumanto mengatakan ikhwal kedatangan menemui orang nomor satu di Kota Solo itu. Ia sengaja mengantarkan langsung undangan acara konsolidasi kepada Gibran. 

"Sesuai arahan Ketua DPD, kami kesini mengantarkan langsung undangan Pak Wali untuk tanggal 25 Agustus nanti. Karena kemarin sempat ada kekeliruan undangan tidak tersampaikan," kata Sumanto.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka dikabarkan tidak menghadiri acara konsolidasi kader kepala daerah oleh DPD PDIP Jateng di Hotel Padma Semarang, Selasa (15/8/2023). Sementara Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa justru hadir ke acara itu.

2. Tak ingin insiden undangan terulang lagi

Undangan Terselip, PDIP Jateng Temui Gibran di Solo, Minta MaafWalikota Solo Gibran Rakabuming Raka menunjukkan undangan dari DPD PDIP Jateng. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Sumanto mengatakan, pihaknya tak ingin insiden undangan sebelumnya terulang kembali. Yang mana pada saat itu Gibran tidak menerima undangan untuk hadir ke acara konsolidasi kader kepala daerah yang pernah digelar di Semarang. Menurutnya, insiden undangan itu memang ada sedikit kesalahan. 

"Saya datang sendiri untuk menyampaikan (undangan) dan mohon maaf sama Pak Wali. (Pesan dari Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul) Minta maaf juga pada Mas Wali karena kemarin ada kesalahan," jelasnya. 

Kegiatan konsolidasi PDIP nantinya juga akan mengundang seluruh kepala daerah dari PDIP di Jawa Tengah. Sebanyak 33 ribu kader hadir di GOR Jati Diri Semarang. 

Kegiatan konsolidasi tersebut merupakan apel siaga persiapan menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

"Acara lain (bukan pengganti), ini apel siaga persiapan menghadapi Pileg dan Pilpres 2024. Pengurus DPD, DPC, anggota DPR RI dari PDIP, semua datang, kader juga," ungkapnya. 

3. Gibran terima permintaan maaf DPD PDIP Jateng

Undangan Terselip, PDIP Jateng Temui Gibran di Solo, Minta MaafWalikota Solo Gibran Rakabuming Raka menunjukkan undangan dari DPD PDIP Jateng. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, menanggapi undangan tersebut Gibran mengaku menerima permintaan maaf dari DPD PDIP Jawa Tengah. Kendati demikian suami Selvi Ananda tersebut meminta hal itu tidak lagi diungkit.

"Nggak usah dibahas lagi. Santai. (yang dibahas) ya pemenangan yang spektakuler," kata Gibran. 

Baca Juga: Temui Gibran, Cak Imin Bahas Peluang Gibran-Gus Yusuf di Pilgub Jateng

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya