Urutan Lengkap Prosesi Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang dan Erina

Warga ada yang dapat panci dari Jokowi juga, lho

Surakarta, IDN Times - Prosesi upacara adat ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono berlangsung di Rumah Dinas Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022).

Berbagai macam urutan prosesi dilakukan oleh keluarga Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Mengenakan busana adat Dodotan--pakaian khas pengantin Jawa gaya Surakarta--Kaesang dan Erina berjalan perlahan menuju ke pelaminan dengan didampingi oleh keluarga dari Erina Sofia Gudono.

Dalam prosesi bertemunya mempelai pengantin dengan orangtua dari pihak laki-laki itu disebut dengan Pasrah Tinampi.

Kemudian tata cara Gepyokan, yakni di mana kedua mempelai pengantin meminum air putih. Dalam prosesi tersebut, air yang diminum kedua mempelai adalah air zam-zam.
Prosesi dilanjutkan dengan Pangabekten atau kedua mempelai bersama seluruh saudaranya sungkem pada orangtua.

Lalu dilanjutkan dengan prosesi Tumplak Punjen atau orangtua memberikan uang pada anak-anaknya. Dalam hal itu, semua anak Jokowi, mulai dari Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu hingga Kaesang Pangarep mendapatkan uang dari Jokowi.

Prosesi selanjutnya yakni Nyebar Udik-Udik atau menabur beras dan uang. Pada prosesi itu, seluruh anak dan cucu Jokowi berebut untuk mendapatkan uang logam.

Prosesi diakhiri dengan acara Begalan atau membagikan peralatan rumah tangga. Dalam kesempatan tersebut para warga diperkenankan ikut berebut untuk mendapatkan perkakas rumah tangga.

Sementara itu, salah seorang warga yang mendapat hasil begalan yakni Sumirah, warga Gemblegan. Kota Solo. Ia senang bisa berpartisipasi dalam acara pernikahan Kaesang dan Erina.

Sumirah mendapatkan panci dan wadah makanan saat prosesi adat begalan.

Sumirah berharap kedua mempelai bisa memiliki banyak rejeki, lancar dan sukses. ”Iya harapannya itu saja,” katanya.

Baca Juga: Kirab Resepsi Dimulai Pagi Ini, Kaesang Minum Zam-Zam dan Sungkeman

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya