Kirab Resepsi Dimulai Pagi Ini, Kaesang Minum Zam-Zam dan Sungkeman

Kirab dimulai jam delapan

Surakarta, IDN Times - Kirab Resepsi Dimulai Pagi Ini, Kaesang Minum Zam-Zam dan Sungkeman

Pagi ini putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan sang istri Erina Gudono menjalani serangkaian resepsi pernikahan di Solo. Dimulai dari Loji Gandrung, Kaesang-Erina akan mengikuti kirab naik kereta kuda yang menyusuri Jalan Slamet Riyadi sebagai akses utama kirab menuju Pura Mangkunegaran. 

Sesuai jadwal resmi yang diterima IDN Times, jam 07.15 resepsi dimulai dengan pasrah panampi boyong temanten sekalian. Lalu dilanjutkan dengan gepyokan ( Adat Jawa ) dan minum air putih/air zam-zam. 

Selanjutnya ada acara memakaikan kain sindur kepada pengantin sekalian dan menuju pelaminan. Kemudian jam 07.40 ada acara pangabekten / Sungkeman, disusul acara tumplak punjen (Adat Jawa), Nyebar udik – udik (Menabur beras & uang) dan jam 08.00 ada acara Begalan / membagi-bagikan perlengkapan rumah tangga dll ( Adat Jawa ). 

Untuk jam 08.15 kirab pengantin dengan Kereta Kencana berangkat dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. 

Adapun jam 09.30 WIB, kirab sudah sampai di depan Pendapa Agung Mangkunegaran, pengantin sekalian menuju ruang ganti untuk berganti busana sementara besan dan rombongan besan menunggu diruang transit. 

Di Mangkunegaran juga diiringi rerepan sinom kalajengaken maskumambang dawah gendhing ketawang, Tarian dari Mangkunegaran Jayaningsih. 

Jam 09.15 Pengantin sekalian, besan dan rombongan besan menuju tempat resepsi dengan disambut oleh orangtua pengantin pria. 

Jam 09.20 ada doa dan Sambutan-sambutan. Jam 09.40 acaranya memberikan ucapan selamat / namaste. 

Baca Juga: Akses Menuju Loji Gandrung Ditutup Total Jelang Kirab Resepsi Kaesang, Brimob Siaga

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya