Vaksinasi Anak 6-11 di Solo Jauh Dari Target, Gibran Ungkap Alasannya

Optimis Februari 2022 selesai

Surakarta, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 untuk kelompok anak usia 6-11 tahun di Kota Solo berjalan tak sesuai target. Sepekan berlangsung atau sejak Selasa (21/12/2021), hingga kini baru tercapai 35,59 persen. Dari total 57.000 anak yang akan divaksin, baru sekitar 16.000 yang terlaksana.

Baca Juga: Gibran Datangi Kantor BST Solo, Sopir yang DM Penumpang Dipecat

1. Jauh dari target pemkot Surakarta

Vaksinasi Anak 6-11 di Solo Jauh Dari Target, Gibran Ungkap AlasannyaGibran Rakabuming meninjau vaksinasi anak 6-11 tahun di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku ketertinggalan vaksinasi tersebut jauh dari target yang telah ada. Saat ini capaian vaksinasi baru sekitara 16 hingga 17 ribu orang. Padahal sebelumnya Gibran menargetkan vaksinasi anak selesai dalam waktu satu bulan.

"Ya semoga Januari sampai Februari kita selesai vaksinasi anak.” ujar Gibran, Rabu (29/12/2021).

2. Terkendala dengan bulan imunisasi anak sekolah

Vaksinasi Anak 6-11 di Solo Jauh Dari Target, Gibran Ungkap AlasannyaVakinasi anak 6-11 tahun di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut Gibran mengungkapkan lambatnya pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 untuk kelompok anak usia 6-11 tahun terkendala, lantaran berbarengan dengan bulan imunisasi anak sekolah (BIAS).

Akibatnya, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 harus menunggu selama 4 minggu terlebih dahulu, sebelum divaksin Sinovac. “Masih sedikit, kita kejar terus,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih menambahkan Pemkot menargetkan untuk menyuntikkan 3.000 dosis vaksin per hari.

“Sebetulnya saya inginnya 5.000 dosis per hari. Tapi kan terkendala, sekarang kan masih bulan imunisasi anak sekolah (BIAS), hampir bersamaan waktunya, ujar Siti.

3. Mulai lakukan vaksinasi PAUD

Vaksinasi Anak 6-11 di Solo Jauh Dari Target, Gibran Ungkap AlasannyaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Siti optimistis vaksinasi COVID-19 untuk kelompok anak usia 6-11 tahun bisa rampung bulan Februari 2022.

Tak hanya itu, Siti juga melakukan vaksinasi kelompok PAUD khusus bagi yang telah memenuhi persyaratan. Berbeda untuk usia 6-11 tahun, pelaksanaan vaksinasi untuk PAUD dilakukan di fasilitas kesehatan yang telah disiapkan, atau di puskesmas.

“Semua puskesmas main, karena muridnya juga nggak banyak, agar efektif dan efisien. Jadi satu sekolah PAUD itu kan tidak semua, kita ambil yang memenuhi umur yakni 6 tahun, terus kita kumpulkan di faskes,” katanya.

Ada sebanayak 4.000 siswa PAUD yang menjadi target vaksinasi Covid-19. Lebih lanjut, Siti mengungkapkan jika pelaksanaan vaksin ini tidak hanya fokus pada target tetapi juga mendidik anak-anak agar lebih aware terhadap kesehatannya. "Jadi kita ingin anak-anak ini mengerti kalau vaksin ini untuk kebutuhan mereka," pungkasnya.

Siti menghinbau kepada masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini sesuai dengan jadwalnya. Sehingga anak-anak cepat mendapatkan perlindungan.

Baca Juga: 25 Pedagang di Solo Gak Setuju Gibran Tata Gatsu: Kurang Sosialisasi!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya