Viral Kabar Pasien Virus Corona di Solo, Ini Kata RSUD dr Moewardi

Pasien baru saja pulang dari perjalanan ke luar negeri

Solo, IDN Times - Adanya informasi yang beredar baik di media sosial maupun masyarakat tentang adanya pasien suspect virus corona, RSUD Dr.Moewardi, Solo, Jawa Tengah mengatakan jika pasien tersebut negatif virus coronavirus.

Baca Juga: Dalam 7 Hari Virus Corona Diklaim Mati Sendiri, Ini Jenis Perawatannya

1. RSUD dr. Moewardi terima pasien berciri-ciri virus corona

Viral Kabar Pasien Virus Corona di Solo, Ini Kata RSUD dr MoewardiIDN Times / Larasati Rey

Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas RSUD Dr. Moewardi, Eko Haryati membenarkan jika ada pasien yang datang ke IGD rumah sakit secara pribadi untuk memeriksakan dirinya karena mengeluh batuk dan sesak nafas pada tanggal 26 Januari 2020 lalu.

Kebetulan pasien baru saja pulang dari perjalanan ke Singapura dan Malaysia dimana terdapat suspect penderita virus corona. 

“Sebagai bentuk kewaspadaan dan untuk antisipasi, kami melakukan manajemen keperawatan di ruang isolasi khusus selama masa observasi pasien,” ujarnya saat ditemui, Senin (27/1).

2. Negatif virus corona pasien menderita bronkitis akut

Viral Kabar Pasien Virus Corona di Solo, Ini Kata RSUD dr MoewardiIDN Times/Arief Rahmat

Setelah menjalani pemeriksaan lebih lanjut, pasien yang bersangkutan tidak terjangkit virus corona. Ketua Tim Severe Acute Respiratory Infection (SARI) RSUD Dr. Moewardi, dr.Harsini mengatakan berdasarkan hasil akhir foto thorax dan pemeriksaan laboratorium, pasien dalam kondisi baik atau tidak mengarah pada Wuhan Coronavirus.

“Diagnosa pasien tersebut adalah bronkitis akut. Jadi dipastikan tidak ada pasien suspect Corona. Memang pasien yang dimaksud memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri yaitu ke Singapura dan Malaysia, bukan ke Wuhan, China,” ungkap dr.Harsini.

Setelah hasil tersebut, pasien yang sebelumnya berada di ruang isolali, kemudian dipindahkan ke bangsal. Dan pasien diperbolehkan pulang jika tidak ada keluhan lebih lanjut.

3. Kronologi beredarnya berita hoax

Viral Kabar Pasien Virus Corona di Solo, Ini Kata RSUD dr MoewardiIstimewa

Sebelumnya, beredar kabar melalui aplikasi perpesanan WhatsApp, dalam pesan tersebut menyebutkan terdapat satu pasien suspect virus corona yang baru masuk ke RSUD Dr.Moewardi, Solo.

Dalam pesan tersebut menyebutkan, pasien tersebut melakukan perjalanan ke Singapura pada tanggal 19 Januari 2020. Ibu tersebut kembali ke Indonesia pada 24 Januari 2020 bersama seorang temannya. Sepulangnya ke Indonesia, keduanya menderita sakit flu dan demam.

Selng beberapa hari, teman pasien tersebut meninggal dunia dengan alasan penyakit yang tidak diketahui. Sedangkan si pasien hingga saat ini masih menderita flu dan demam, ia sempat fobawa ke RS Triharsi sebelum akhirnya dirujuk ke RSUD Dr. Moewardi, Solo.

Baca Juga: Selain Virus Corona, Inilah 4 Wabah Paling Mematikan dalam Sejarah

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya