Wapres dan Ulama UEA Salat Subuh Perdana di Masjid Raya Sheikh Zayed

Ma'aruf berpesan agar masjid bisa membawa kesejukan

Surakarta, IDN Times - Wakil Presiden, Ma’ruf Amin melaksanakan Salat Subuh berjemaah di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Rabu (1/3/2023). Kegiatan tersebut mengawali penggunaan masjid tersebut yang resmi dibuka untuk umum.

1. Salat bersama Ganjar Pranowo

Wapres dan Ulama UEA Salat Subuh Perdana di Masjid Raya Sheikh ZayedWapres KH Ma'ruf Amin melaksanakan Salat Subuh di Masjid Sheikh Zayed Solo. (Dok IDN Times/bt)

Ma’ruf Amin tiba di Masjid Raya Syekh Zayed Solo sekitar pukul 04.30 WIB didampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Kedatangan orang nomor dua di Indonesia itu disambut Duta Besar Persatuan Emirat Arab (PEA) untuk Indonesia, Abdulla Salem Al Dhaheri dan Direktur Operasional Masjid Raya, Sheikh Zayed Munajat.

Usai melaksanakan Salat Sunah Tahiyatul Masjid dan Qabliyah Subuh, Ma’ruf Amin kemudian melaksanakan Salat Subuh berjemaah. Adapun, imamnya adalah Sheikh Mohammed Muaad Al Mahri yang juga ulama asal Uni Emirat Arab (Persatuan Emirat Arab/ PEA).

Selepas zikir dan memimpin doa, Ma’ruf Amin meninggalkan masjid untuk persiapan melaksanakan agenda kepresidenan berikutnya.

Baca Juga: Potret Megah Masjid Sheikh Zayed Solo, Bisa Tampung 10 Ribu Orang

2. Dibuka dengan pengajian Isra Mikraj

Wapres dan Ulama UEA Salat Subuh Perdana di Masjid Raya Sheikh ZayedWapres KH Ma'ruf Amin di Masjid Sheikh Zayed Solo. (Dok IDN Times/bt)

Sebelumnya, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo resmi dibuka untuk umum pada Selasa (28/2/2023) Malam. Peresmian Ma’ruf Amin sekaligus mengadakan peringatan Isra Mikraj, Nabi Muhammad SAW.

"Saya berharap masjid Sheikh Zayed Solo ini bisa menjadi corong kesejukan dan kedamaian bagi masyarakat," ujarnya.

Ma'ruf Amin juga berharap agar masjid hibah dari Presiden Uni Emirat Arab, Mohammed Bin Zayed Al Nahyan tersebut bisa digunakan masyarakat dengan baik. Sehingga, menambah kuat karakter masyarakat yang berwatak keislaman, kebangsaan, dan ke-Indonesiaan.

3. Diresmikan Jokowi pada 14 November 2022

Wapres dan Ulama UEA Salat Subuh Perdana di Masjid Raya Sheikh ZayedMasjid Sheikh Zayed, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebagai informasi, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque yang ada di Abu Dhabi. Masjid ini dibangun sebagai hadiah dari Presiden PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) untuk Indonesia.

Masjid Raya Sheikh Zayed dibangun di atas lahan seluas 3 hektare yang terletak di Jalan A. Yani No. 128, Gilingan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah dan dapat menampung sekitar 12 ribu jemaah. Bangunan utama masjid seluas 8.400 m² dengan area landscape seluas 24.600 m² yang dilengkapi lahan parkir seluas 3.500 m².

Masjid yang sebelumnya telah diresmikan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Presiden MBZ pada Senin, 14 November 2022 itu, dilengkapi dengan empat menara yang menjulang tinggi. Selain itu terdapat satu kubah utama yang dikelilingi dengan kubah-kubah kecil.

Masjid juga dihiasi ornamen khas Timur Tengah yang dipadukan dengan unsur Indonesia dalam bentuk motif batik di beberapa lokasi. Sebagai hasil kerja sama dua negara, Masjid Raya Sheikh Zayed diharapkan dapat menjadi pembawa pesan Islam tentang perdamaian dan toleransi bagi semua kalangan masyarakat.

Baca Juga: Catat! Ini Lho Larangan Untuk Pengunjung Masjid Syeikh Zayed Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya