Wow! 5.200 Maba UNS Solo Bikin Papermob Online Dapat Rekor MURI

Bagian dari PKKMB UNS Candradimuka 2021

Surakarta, IDN Times - Universitas Sebelas Maret (UNS) memecahkan rekor MURI pembuatan konfigurasi papermob dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNS Candradimuka 2021.

1. Libatkan 5.200 mahasiswa

Wow! 5.200 Maba UNS Solo Bikin Papermob Online Dapat Rekor MURIKonfigurasi PKKMB UNS secara daring. Dok/Humas UNS

Rekor yang dipecahkan adalah konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak. Ada 5.200 Mahasiswa Baru (Maba) UNS yang ikut dalam pembuatan konfigurasi papermob tersebut.

Mereka memanfaatkan fitur virtual background pada aplikasi Zoom Cloud Meeting untuk membuat konfigurasi papermob. Total ada 11 formasi yang ditampilkan, yaitu logo UNS, tulisan “Nareswara Wiratama Nusantara”, peta Indonesia, gambar 6 rumah adat dari 6 pulau di Indonesia, logo PKKMB UNS Candradimuka 2021, dan formasi flashlight.

Capaian rekor MURI konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak ini didapat PKKMB UNS dalam 2 tahun terakhir berturut-turut.

Pada tahun lalu, PKKMB UNS Mahasura Muda 2020 juga berhasil memecahkan rekor MURI pembuatan konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak yang melibatkan 4.500 Maba UNS.

Baca Juga: Tim Riset FT UNS Ciptakan Masker Aerator Untuk Difabel, Cegah Hipoksia

2. Tonjolkan aspek kebudayaan

Wow! 5.200 Maba UNS Solo Bikin Papermob Online Dapat Rekor MURIKonfigurasi PKKMB UNS secara daring. Dok/Humas UNS

Ketua PKKMB UNS Candradimuka 2021, M Khairil Ibadu Rahman, saat dihubungi secara terpisah pada Minggu (22/8/21), menyampaikan tujuan dari konfigurasi papermob ini dimaksudkan untuk menonjolkan aspek kebudayaan nusantara.

Selain itu, ia menuturkan formasi logo UNS, tulisan “Nareswara Wiratama Nusantara”, peta Indonesia, gambar 6 rumah adat dari 6 pulau di Indonesia, dan logo PKKMB UNS Candradimuka 2021 dimaksudkan untuk menunjukkan makna dan identitas dari PKKMB UNS.

Lebih lanjut, Khairil Ibadu Rahman menambahkan warna virtual background yang dipilih oleh panitia PKKMB UNS 2021 adalah merah, biru, dan putih.

“Sedangkan, untuk formasi flashlight dan semboyan, memerlukan bantuan lilin dan lampu senter. Formasi flashlight dan semboyan menyebutkan 6 semboyan pulau besar, diantaranya Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, dan Papua,” jelasnya.

3. Pengukuhan secara daring

Wow! 5.200 Maba UNS Solo Bikin Papermob Online Dapat Rekor MURIGoogle

Pengukuhan rekor konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak disampaikan secara daring oleh Ari Andriani selaku representative MURI. Dalam sambutannya pada acara Apresiasi dan Paguyuban Kebudayaan, Sabtu (21/8/2021), melalui siaran langsung Youtube UNS dan Generasi UNS, ia mengapresiasi raihan rekor tersebut.

“Dan, mewakili Ketua Umum MURI, maka kami umumkan konfigurasi papermob ini resmi tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia. Selamat atas pencapaian prestasi membanggakan ini,” ujarnya.

Di hadapan panitia PKKMB UNS Candradimuka 2021 dan Maba UNS, Ari Andriani juga menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan pemecahan rekor MURI konfigurasi paperob dengan peserta terbanyak. Rekor itu tercatat pada Nomor 9989/R.MURI/VIII/2021.

“Pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021 kembali mencatatkan prestasi di MURI dengan konfigurasi papermob oleh peserta terbanyak 5.200 peserta,” tambahnya.

Baca Juga: Daftar Fasilitas 2 Rumah Sehat Isoman UNS Solo: Gratis Wifi, Kamar AC

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya