Comscore Tracker

Tanggul TPAS Kota Tegal Jebol, Ratusan Ikan Tambak Mati Mendadak

Diduga tercemar limbah sampah

Tegal, IDN Times - Ratusan ekor ikan tambak yang berada di Jalan Mataram, Kelurahan Muarareja, Kota Tegal mati mendadak, Kamis (2/1) siang. Diduga, ikan-ikan tersebut mati akibat tercemar limbah Tempat Pembuangan Akhir Sampah Akhir (TPAS) Tegal yang jebol diterjang banjir.

Baca Juga: Direndam Banjir, Petani Bawang Merah di Tegal Rugi Miliaran Rupiah

1. Tanggul TPAS jebol diterjang banjir

Tanggul TPAS Kota Tegal Jebol, Ratusan Ikan Tambak Mati MendadakIDN Times/ Muchammad Haikal

Dari pantauan IDN Times, ratusan ekor ikan yang mati merupakan jenis gurami. Diketahui, ikan-ikan tersebut mati lantaran diduga tercemar air limbah TPAS yang jebol. Berdasarkan informasi yang dihimpun, tanggul sebelah utara TPAS jebol karena diterjang banjir pada Selasa (31/12) malam.

Tak hanya di sebelah utara, tanggul TPAS di sebelah timur juga mengalami hal yang serupa. Luapan air dari sampah mengalir ke tambak yang berisi ikan gurami dan udang air tawar.

2. Petani tambak terancam gagal panen

Tanggul TPAS Kota Tegal Jebol, Ratusan Ikan Tambak Mati MendadakIDN Times/ Muchammad Haikal

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal, Resti Drijo Prihanto mengatakan, luas tambak yang tercemar diperkirakan mencapai 3,5 hektar. Terkait itu, pihaknya sudah melakukan peninjauan ke lokasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Betul mas, kita sudah tinjau langsung ke lokasi bersama BPBD. Kalau luasan tambak yang tercemar kisaran 3,5 hektar,” katanya.

3. Ratusan ikan diburu warga

Tanggul TPAS Kota Tegal Jebol, Ratusan Ikan Tambak Mati MendadakIDN Times/ Muchammad Haikal

Sementara salah seorang warga didapati mengambil beberapa ekor ikan yang mabuk. Dengan berbekal galah dan kantong plastik, warga tersebut nekat memungut ikan yang diduga telah terpapar limbah sampah.

Kepada IDN Times, warga yang enggan disebut identitasnya itu mengaku sudah mengkonsumsi gurami tersebut sejak kemarin. Bahkan, tak hanya dirinya, sejumlah pengendara yang melintas juga beramai-ramai ikut mengambil ikan gurami yang sekarat.

“Kemarin ramai pada nangkap ikan gurami dan mujair. Ini saya sudah yang kedua, Alhamdulillah dikonsumsi tidak apa-apa,” ujarnya.

4. Petani rugi belasan juta

Tanggul TPAS Kota Tegal Jebol, Ratusan Ikan Tambak Mati MendadakIDN Times/ Muchammad Haikal

Akibat peristiwa tersebut, para petani diperkirakan mengalami kerugian Rp 19 juta. Adapun tambak yang tercemar yakni milik Aris (45) dan Cahya (63) warga Kelurahan Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana serta Susi (35) warga Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat.

Sementara itu, tanggul utara dan selatan milik TPAS Kota Tegal yang jebol, kini dalam penanganan perbaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Baca Juga: Banjir di Tegal, Duh! Data Verifikasi Warga Miskin Ikut Terendam

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya