Dapil Jateng: Sudirman Said dan Anak Amien Rais Gagal Menuju Senayan

Tidak ada wakil PAN dari Jateng

Semarang, IDN Times - Popularitas dan nama besar, termasuk selebritis, bukan jaminan bisa mendulang banyak suara dalam Pemilu. Dari rapat pleno KPU Jateng, Rabu (15/5), belasan tokoh gagal melenggang ke Senayan dari Jateng.

Beberapa nama besar yang tidak lolos itu, antara lain mantan Cagub Jateng Sudirman Said, dua Waketum Gerindra, Sugiono dan Ferry Juliantono, hingga Ahmad Mumtaz Rais yang merupakan anak Amien Rais.

Baca Juga: Artis-Artis Caleg di Dapil Jateng Gagal Melenggang ke Senayan

1. Dua Waketum Gerindra gagal lolos

Dapil Jateng: Sudirman Said dan Anak Amien Rais Gagal Menuju SenayanDok. IDN Times

Waketum Gerindra Sugiono yang berada di dapil Jateng I gagal karena perolehan suaranya hanya 31.259, kalah dengan sesama caleg Gerindra lain di dapil yang sama, Sigit Ibnugroho Sarasprono, yang meraih 38.869 suara. Di dapil ini, mantan atlet tenis Yayuk Basuki sebagai caleg petahana juga gagal terpilih kembali. Nasib yang sama dialami oleh Waketum Perindo, Syafril Nasution.

Di dapil II Jateng, mantan pebulu tangkis Haryanto Arbi yang maju lewat PSI juga gagal. Termasuk Bowo Sidik Pangarso, caleg dari Golkar yang saat ini ditahan KPK. Selain Waketum Gerindra Ferry Juliantono yang tumbang di dapil IV Jateng, perolehan suara Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Rinto Subekti, juga tidak mencukupi untuk membawanya ke Senayan.

 

2. Mumtaz Rais harus mengubur impiannya menjadi anggota DPR

Dapil Jateng: Sudirman Said dan Anak Amien Rais Gagal Menuju Senayaninstangram.com/mumtaz rais

Sementara di dapil V Jateng, Mustofa Nahrawardaya yang nyaleg dari PAN juga kandas. Di wilayah Jateng, PAN tidak berhasil mengirimkan satu wakil pun ke DPR RI karena perolehan suaranya jeblok. Alhasil, Ahmad Mumtaz Rais yang merupakan anak Ketua Dewan Kehormatan PAN pun harus mengubur mimpinya menjadi anggota DPR. Mumtaz maju dari dapil VI Jateng.

Tokoh PAN lainnya yang belum beruntung adalah Taufik Kurniawan yang maju dari dapil VII Jateng. Taufik yang juga wakil ketua DPR saat ini merupakan terdakwa dalam kasus suap yang ditangani KPK. Bambang Hermanto dari PPP juga tumbang di dapil VII ini.

3. Gagalnya nama besar Sudirman Said

Dapil Jateng: Sudirman Said dan Anak Amien Rais Gagal Menuju SenayanDok. IDN Times

Sudirman Said pun akhirnya kandas di dapil IX Jateng yang meliputi Kabupaten Brebes, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. Di dapil ini, Sudirman hanya meraup 81.787 suara. Padahal nama Sudirman cukup mentereng sebagai mantan menteri ESDM dan direktur debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

Waketum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Saadi juga gagal terpilih kembali  menjadi anggota DPR melalui PPP di dapil ini. Petahana lain yang gagal adalah Teguh Juwarno yang maju dari PAN.

4. Tumbangnya deretan artis dan mantan atlet

Dapil Jateng: Sudirman Said dan Anak Amien Rais Gagal Menuju SenayanDok. IDN Times

Sementara sejumlah artis yang kandas di dapil Jateng adalah Tamara Geraldine (PDIP) dan Jamal Mirdad (Gerindra). Deretan artis dari Nasdem, yaitu Cut Meyriska, Adly Fairuz, Bertrand Antolin, Nafa Urbach, Annisa Bahar, Kristina Iswandari, dan Jonathan Frizzy juga harus gigit jari. Mantan petinju Cris John yang maju lewat Nasdem juga tumbang.

Dapil Jateng memiliki lebih dari 20 juta pemilih dengan 1.046 caleg yang memperebutkan 77 kursi di Senayan. Dari 77 kursi yang diperebutkan, PDIP mengusai 26 kursi disusul PKB dengan 13 kursi,  Partai Golkar 11 kursi, Partai Gerindra 8 kursi, PKS dan Partai Nasdem 5 kursi, dan PPP mendapat 4 kursi.

Baca Juga: Paramitha Widya Kusuma, Caleg Millennial yang Lolos ke Senayan 

Topik:

Berita Terkini Lainnya