11 Ribu Pohon Pinus dan Buah-Buahan Ditanam di Pegunungan Muria

Cegah terjadi bencana alam

Kudus, IDN Times - Belasan ribu tanaman pinus dan buah-buahan ditanam puluhan Mahasiswa UMK Kudus di pegunungan Muria Desa Ternadi Kecamatan Dawe, Kudus, Kamis (28/11).

Baca Juga: Siapkan 60 Hektar Lahan Untuk Perluas Pengembangan Kopi Muria

1. Puluhan mahasiswa UMK antusias tanam pohon

11 Ribu Pohon Pinus dan Buah-Buahan Ditanam di Pegunungan MuriaIDN Times/Aji

Dari pantauan di lapangan, puluhan mahasiswa dari Fakultas Pertanian UMK antusias mengikuti tanam pohon. Terlihat satu persatu pohon yang terdiri dari pohon pinus dan buah-buahan.

Salah satu mahasiswa Ika mengaku antusias mengikuti tanam pohon tersebut. Karena kegiatan ini sangat positif. Apalagi bisa mengikuti program tanam pohon di pegunungan lereng Muria.

“Saya senang bisa ikut berpartisipasi menanam pohon,” kata mahasiswa semester lima ini.  

2. Belasan ribu tanaman meliputi tanaman pinus dan buah-buahan

11 Ribu Pohon Pinus dan Buah-Buahan Ditanam di Pegunungan MuriaIDN Times/Aji

Ketua Panitia tanam pohon Surya Bagus Pangestu mengatakan hutan ini perlu untuk tetap dijaga. Menurutnya, pada kegiatan ini ada sebanyak 11 ribu penanaman.

“Tujuannya memang untuk mencegah bencana alam yang tidak diinginkan. Seperti adanya tanah longsor hingga bencana banjir,” ungkapnya.

3. Program penghijaun dari UMK

11 Ribu Pohon Pinus dan Buah-Buahan Ditanam di Pegunungan MuriaIDN Times/Aji

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian UMK Z. Nahdi mengungkapkan, kegiatan ini sebagai program untuk program penghijaun di Pegunungan Muria.

Ke depan, pihaknya berharap agar tanaman yang sudah ditanam untuk tetap dijaga. Karena tantangan terberat adalah ketika sudah ditanam. Yakni untuk bersama-sama melestarikan hutan di wilayah Gunung Muria.

Administratur KPH Pati mengungkapkan, memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh kampus UMK. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pihak-pihak terkait untuk melestasikan dan menjaga konidis hutan.

Baca Juga: Gadis di Kudus Ini Sukses di Usia Muda Berkat Tekuni Usaha Kopi Muria

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya