Siapkan 60 Hektar Lahan Untuk Perluas Pengembangan Kopi Muria

Sudah punya 600 ha lahan

Kudus, IDN Times - Kopi Muria cukup dikenal di kawasan Kabupaten Kudus. Apalagi, kopi muria memiliki rasa dan aroma khas tersendiri.

Sadar akan potensi yang dimiliki, pemerintah Kabupaten Kudus berupaya untuk mengembangkan potensi Kopi Muria. Pemerintah daerah pun berencana untuk memperluas pengembangan kopi muria.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Kopi yang Cocok Menurut Zodiak, Ada Kesukaanmu?

1. Perluas wilayah pengembangan Kopi Muria

Siapkan 60 Hektar Lahan Untuk Perluas Pengembangan Kopi MuriaIDN Times/Oetoro Aji

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto mengungkapkan, dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus berencana untuk mengembangan potensi Kopi Muria. Pemkab berencana untuk memperluas wilayah pengembangan Kopi Muria.

“Selama ini Kopi Muria hanya blok daerah Colo kecamatan Dawe saja. Namun ternyata seperti di Desa Rahtawu Kecamatan Gebog ternyata juga memiliki potensi yang sama. Oleh karena itu, akan dikembangkan ke sana,” ucapnya, Senin (30/9).

2. Ratusan hektar di Kota Kretek berpotensi jadi lahan kopi muria

Siapkan 60 Hektar Lahan Untuk Perluas Pengembangan Kopi MuriaIDN Times/Indiana Malia

Menurut Catur Sulistiyanto, untuk lahan di Kudus yang berpotensi untuk dikembangkan Kopi Muria sangat banyak.

Sebelumnya di wilayah desa Colo Kecamatan Dawe saja, ada sebanyak 600 hektar lahan kopi. Belum lagi, jika nanti ditambah di wilayah Rahtawu.

“Kalau di Rahtawau nantinya ada sebanyak 60 hektar lahan yang bisa dikembangkan untuk Kopi Muria,” jelasnya.

Sehingga apabila lahan itu ditanami kopi, maka perkembangan Kopi Muria di Kabupaten Kudus semakin banyak.

Dengan demikian, ditargetkan untuk memenuhi permintaan Kopi Muria dari Kudus. Apalagi, kata dia sebelumnya banyak permintaan dari luar daerah untuk Kopi Muria itu sendiri.

“Kalau kita perkuat diproduksi. Maka nanti Kopi Muria akan cepat dikenal. Selama ini sudah dipromosikan kemana-mana, Namun dari sektor pengembangan di pertanian masih kurang. Maka ini kita perkuat,” ungkapnya.

3.Pemerintah bantu 10 ribu bibit kopi tahun depan

Siapkan 60 Hektar Lahan Untuk Perluas Pengembangan Kopi MuriaIDN Times/Oetoro Aji

Catur menjelaskan, untuk pengembangan potensi Kopi Muria. Pemkab bekerja sama dengan Kementerian Pertanian, akan membantu 10 ribu bibit kopi. Rencananya bantuan itu akan terealisasikan pada tahun 2020 mendatang.

“Kita juga dari pemerintah pusat akan membantu 10 ribu bibit kopi kepada teman teman petani di Rahtawu. Realisasinya tahun depan,” jelasnya.

Bantuan itu, rencananya akan disalurkan kepada kelompok-kelompok tani kopi yang ada di Rahtawu.Tak hanya itu, pihaknya nanti juga akan memberikan pendampingan kepada para petani kopi muria.

“Dengan demikian produksi kopi semakin banyak. Dengan begitu, kopi muria dapat dikenal di nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Baca Juga: Gadis di Kudus Ini Sukses di Usia Muda Berkat Tekuni Usaha Kopi Muria

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya