Banjir Bandang Rendam Ratusan Rumah dan Lahan Pertanian di Dukuhseti

Sungai meluap karena curah hujan deras

Pati, IDN Times - Terjadi banjir bandang di Desa Puncel Kecamatan Dukuhseti, Pati, Jumat (10/1) siang. Ratusan rumah warga dan lahan pertanian terendam air dengan ketinggain 50 cm.

Baca Juga: 33.820 Korban Banjir di Grobogan dan Pati Dapat Bantuan Tabung Gas

1. Banjir disebabkan karena curah hujan tinggi

Banjir Bandang Rendam Ratusan Rumah dan Lahan Pertanian di DukuhsetiTerjadi banjir bandang di Desa Puncel Kecamatan Dukuhseti, Pati, Jumat (10/1). Dok IDN Times

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Lutfi menjelaskan bahwa telah terjadi banjir bandang di Desa Puncel Kecamatan Dukuhseti. Banjir ini disebabkan karena curah hujan tinggi yang menyebabkan sungai di desa setempat meluap.

"Daerah aliran sungai tidak mampu menampung debit air sehingga air meluap," kata dia saat dihubungi, Jumat (10/1).

2. Ratusan rumah dan lahan pertanian warga terendam banjir

Banjir Bandang Rendam Ratusan Rumah dan Lahan Pertanian di DukuhsetiIDN Times/Istimewa

Dampak dari kejadian itu jalan raya Tayu turut Desa Puncel terendam banjir dengan ketinggian 50 cm. Selain itu juga sebanyak 10 hektar lahan pertanian juga terendam banjir.

"Kondisinya terkini ada sebagian yang sudah surut," ungkapnya.

Adapun dampak secara keseluruhan dari terjadinya banjir di wilayah itu berdampak pada ratusan rumah warga yang tergenang. Di antaranya, di Banyutowo RT 2/1 jumlah 52 rumah yang terendam. Berikutnya di Dukuh Porbo RT 7/3 sebanyak 35 rumah warga terendam.

3. Tidak ada korban jiwa

Banjir Bandang Rendam Ratusan Rumah dan Lahan Pertanian di DukuhsetiIlustrasi bencana banjir. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

"Lalu di Dukuhseti Barat RT 2/1 sebanyak 34 rumah terendam dan di Dukuh Ngarengan RT 1/7 & RT2/7 sebanyak 11 rumah terendam," terangnya.

Dari BPBD bersama dengan TNI-Polri bersama masyarakat melakukan pemantauan banjir. Hal bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tidak ada korban jiwa," tandasnya.

Baca Juga: Wilayah Kecamatan Kayen Pati Diterjang Banjir Bandang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya