Wilayah Kecamatan Kayen Pati Diterjang Banjir Bandang

Ketinggian air mencapai 50 cm

Pati, IDN Times -  Banjir bandang terjadi di wilayah Kayen, Pati dan sekitarnya, Senin (6/1) malam. Permukiman warga dan jalan raya terendam banjir hingga ketinggian 50 cm hingga satu meter. 

Baca Juga: Tak Kuat Tahan Air, Tanggul Sungai Cibolek di Pati Jebol

1. Banjir karena luapan di lima sungai

Wilayah Kecamatan Kayen Pati Diterjang Banjir BandangBanjir terjadi di wilayah Kecamatan Kayen, Senin (6/1). Dok IDN Times

Salah satu warga Krisno mengatakan, telah terjadi banjir bandang di wilayah Kecamatan Kayen dan sekitarnya. Kejadian tersebut saat di wilayah Kayen terjadi hujan deras pada Senin (6/1).

"Ini rumah saya terdampak banjir bandang Kayen. Diperkirakan ini ketinggian sampai 1 meter," kata dia saat dihubungi IDN Times.

Menurutnya banjir tersebut sering terjadi setiap tahunnya. Banjir terjadi di wilayah Kayen disebabkan karena aliran lima sungai di wilayah tersebut.

Pertama karena Sungai Bangsal, Sungai Mangin, Sungai Kedung Buyut, Sungai Panggang, dan Sungai Retek Merah.

2. Banjir hanya berlangsung dua jam

Wilayah Kecamatan Kayen Pati Diterjang Banjir BandangBanjir terjadi di wilayah Kecamatan Kayen, Senin (6/1). Dok IDN Times

Banjir tersebut berlangsung hanya sekitar dua jam. Pada Selasa (7/1) pagi banjir di wilayahnya sudah surut.

"Kalau pagi ini sudah surut. Banjir hanya berlangsung dua jam saja," terangnya.

Dari informasinya yang dihimpun, banjir bandang tidak hanya di Kecamatan Kayen saja. Banjir bandang juga terjadi di wilayah kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. 

3. Banjir di Kayen hanya bersifat sementara

Wilayah Kecamatan Kayen Pati Diterjang Banjir BandangIlustrasi banjir. (Tagar)

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Pati Lutfi mengatakan, untuk kejadian banjir di wilayah kecamatan Kayen dan Kecamatan Sukolilo karena limpasan air saja. Banjir tersebut hanya bersifat sementara.

Baca Juga: Tanggul Jebol, Lahan 40 Hektare di Juwana Pati Terendam Banjir

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya