Banyak Sampah Plastik, Ratusan Warga Kudus Bersihkan Hulu Sungai Gelis

Mahasiswa sosialisasi kepada masyarakat

Kudus, IDN Times - Ratusan masyarakat Desa Rahtawu Kecamatan Gebog dan Mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) melakukan gerakan pungut sampah di Sungai Gelis turut Desa Rahtawu, Jumat (4/10).

Kegiatan yang digelar oleh Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Dua Provinsi Jawa Tengah itu sebagai langkah untuk menyelamatkan sungai dari sampah plastik.

Terlihat baik masyarakat dan mahasiswa saling bersama-sama membersihkan sungai dari sampah. Terlihat juga sampah plastik dan sampah kayu di sungai tersebut. 

Baca Juga: Sampah Plastik Disulap Para Ibu Rumah Tangga Jadi Pakaian Karnaval 

1. Bersihkan hulu sungai dari sampah plastik

Banyak Sampah Plastik, Ratusan Warga Kudus Bersihkan Hulu Sungai GelisIDN Times/Oetoro Aji

Selepas membersihkan sungai, para mahasiswa juga tampak memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar. Mereka tampak memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai.

Dosen dari Universitas Muria Kudus (UMK) Hendy Hendro yang kebetulan hadir dalam kegiatan ini sangat memberikan apresisasi. Terlebih, kegiatan ini sebagai solusi untuk membersihkan sungai. Terutama dari sampah, baik sampah plastik dan juga sampah yang lain.

“Ini juga masih kemaru sehingga perlu untuk dilakukan bersih sampah. Sehingga tidak tersumbat. Jika musim hujan nanti biar tidak terjadi banjir,” kata dia, Jumat (4/10).

2. Antisipasi bencana banjir saat musim penghujan

Banyak Sampah Plastik, Ratusan Warga Kudus Bersihkan Hulu Sungai GelisIDN Times/Oetoro Aji

Menurut Hendy Hendro gerakan pungut sampah ini dinilai tepat. Apalagi, gerakan ini dilakukan dari hulu sungai. Sehingga jika hujan nantinya di hilir sungai tidak terjadi bencana terutama bencana banjir bandang.

“Oleh karenanya hulu ini harus dibersihkan. Ini sangat penting sekali,” katanya.

3. Gerakan pungut sampah anjuran Gubernur Jawa Tengah

Banyak Sampah Plastik, Ratusan Warga Kudus Bersihkan Hulu Sungai GelisIDN Times/Larasati Rey

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Dua Provinsi Jawa Tengah Puji Harini mengatakan kegiatan pungut sampah ini merupakan kegiatan yang keempat kalinya digelar. Kegiatan ini setiap bulannya, kata Dia, kegiatan ini juga merupakan anjuran dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Kemarin di Demak. Kemudian ini kami melakukan gerakan pungut sampah di Rahtawu,” paparnya.

Melalui kegiatan ini, Puji berharap ke depannya dapat menyelamatkan aliran sungai dari sampah, terutama dari sampah plastik.

4. Tak hanya GPS, Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Dua Provinsi Jawa Tengah juga lakukan rehabilitasi lahan hutan

Banyak Sampah Plastik, Ratusan Warga Kudus Bersihkan Hulu Sungai Gelisnews.abs-cbn.com

Menurutnya, aliran Sungai Gelis ini banyak sampak plastik. Karena banyak wisata religi di Kudus membuat sungai dipenuhi dengan sampah plastik. Sehingga gerakan tersebut dirasa tepat.

“Dengan demikian aliran sungai ini tidak dipenuhi dengan sampah plastik. Aliran sungai biar lancar,” jelasnya.

Tak hanya gerakan pungut sampah, pihaknya juga melakukan rehabilitasi lahan di luar hutan negara. Caranya melakukan pendampingan penyuluhan kehutanan kepada masyarakat.

Baca Juga: Wajib Ditanggulangi, Ini 7 Bahaya Fatal Sampah Plastik di Laut

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya