Harga Bawang Putih Impor di Kudus Naik Jadi Rp50 Ribu Perkilo

Diduga dampak virus corona

Kudus, IDN Times - Harga bawang putih impor di Pasar Bitingan Kabupaten Kudus naik sepekan belakangan. Kenaikan tersebut disebabkan karena dampak adanya virus Corona yang berasal dari Tiongkok. 

Kenaikan harga bawang putih mencapai Rp50 ribu perkilonya. Padahal harga biasanya bawang putih diangka Rp28 ribu perkilo.

Baca Juga: Imbas Virus Corona, Waspada Lonjakan Harga Bawang Putih Impor

1. Importir belum berani ambil bawang putih dari China

Harga Bawang Putih Impor di Kudus Naik Jadi Rp50 Ribu PerkiloIDN Times/Aji

Salah satu pedagang Tono, mengatakan, sudah sepekan belakangan harga bawang putih mengalami kenaikan bawang putih saat ini diharga Rp 50 ribu.

"Untuk faktornya memang karena virus Corona atau tidak belum tahu pasti. Karena itu pemerintah yang tahu. Tapi semenjak ada kabar itu, harganya naik," kata dia, Senin (3/2).

Ia mengatakan, diakuinya belakangan terakhir ada kabar informasi importir yang belum berani mendatangkan bawang putih dari asalnya, dari China. Terlebih semenjak ada kabar virus Corona. Namun demikian, untuk stok bawang putih masih aman.

"Stok barang yang tersedia masih tetap saya jual dengan mengikuti perkembangan harga terbaru," kata dia.

2. Pasokan bawang putih di Kudus berasal dari Surabaya

Harga Bawang Putih Impor di Kudus Naik Jadi Rp50 Ribu PerkiloIDN Times/Larasati Rey

Untuk pasokan bawang putih, dia mengaku kulakan dari Surabaya. Setiap kali pembelian mencapai delapan ton. Jumlah itu habis dalam waktu sepekan.

Senada juga diungkapkan oleh, Asiyani. Harga bawang putih sepekan terakhir mengalami kenaikan. Kenaikan menjadi Rp 50 ribu.

Meskipun demikian, permintaan pembeli bawang putih masih ramai. "Biasanya dari pembeli pemilik warung. Kalau ibu rumah tangga, kalau naik permintaan juga menurun," jelasnya.

3. Harga komoditas dapur lain terbilang stabil

Harga Bawang Putih Impor di Kudus Naik Jadi Rp50 Ribu Perkilopinterest.com/

Adapun untuk harga komoditas lainnya masih diangka stabil. Seperti cabai merah keriting dijual Rp50 ribu, cabai rawit putih Rp25 ribu dan cabai setan Rp75 ribu.
Sedangkan, harga jual bawang merah dijual Rp35 ribu , wortel dijual Rp14 ribu, dan harga kentang dijual Rp17 ribu.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Tunggal, Bagus buat Kesehatan!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya