Kembalikan Ekosistem Kritis Pegunungan Patiayam, Ini Ajakan Ganjar

Lahan di Pegunungan Patiayam sudah kritis

Kudus, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak masyarakat untuk kembali menanam pohon di Pegunungan Patiayam di Kabupaten Kudus, Rabu (15/1). Hal ini bertujuan untuk mengembalikan ekosistem di pegunungan Patiayam. Terlebih ada sejumlah lahan yang kondisinya memang sudah kritis. 

Baca Juga: Tanggul Desa Sinoman Jebol, Banjir Kembali Terjang Pati

1. Warga diajak gemar menanam jaga ekosistem lingkungan

Kembalikan Ekosistem Kritis Pegunungan Patiayam, Ini Ajakan GanjarIDN Times/Istimewa

Orang nomor satu di Jateng itu meminta tidak muluk-muluk. Dia mengusulkan supaya masyarakat menjadi bapak asuh untuk setiap pohon yang ditanam. Bagi masyarakat yang menebang satu pohon, maka harus diberi sanksi sosial berupa wajib menanam 1000 pohon.

"Nugel siji nandur sewu (memotong satu pohon, harus menanam seribu pohon). Kalau kesepakatan itu dilakukan, maka semua masyarakat akan menjaga ekosistem di wilayah hulu seperti ini dari penggundulan hutan," kata Ganjar, Rabu (15/1).

Bukan itu saja. Ganjar mengajak seluruh elemen masyarakat untuk gemar menanam. Sebanyak 1000 pohon ditanam di lokasi pegunungan Patiayam yang memang gundul itu.

"Hari ini semuanya kami ajak menanam. Ada pak Doni dari BNPB, pak Bupati, masyarakat, petani dan pelajar semuanya menanam. Ini waktu yang tepat bagi kita menanam untuk menghijaukan kembali lahan-lahan yang kritis," ajak dia.

2. Cara ampuh tangani banjir

Kembalikan Ekosistem Kritis Pegunungan Patiayam, Ini Ajakan GanjarIDN Times/Istimewa

Dengan adanya kegiatan semacam itu, ia yakin dapat mengembalikan ekosistem di kawasan hulu. Hal ini tentunya mencari cara ampuh untuk menanggulangi bencana. Terutama bencana banjir.

"Darimana sedimentasi itu, ya dari kawasan hulu ini. Karena gundul, maka tanah dari perbukitan lari ke sungai sehingga menimbulkan sedimentasi. Hasilnya, sungai penuh sedimentasi dan air pasti meluap," tegasnya.

Kepala BNPB Doni Monardo mengapresiasi langkah cepat Ganjar mengembalikan fungsi lahan di kawasan hulu. Menurutnya, ini tindakan kongkret sebaga upaya penanggulangan bencana di kawasan hilir.

"Saya senang diajak ke sini untuk menanam bersama masyarakat. Ini kegiatan mulia, karena dengan menanam maka kita menyelamatkan masa depan masyarakat dari bencana," kata dia.

3. Kawasan Pegunungan Patiayam gundul

Kembalikan Ekosistem Kritis Pegunungan Patiayam, Ini Ajakan GanjarIDN Times/Dok

Dia mengatakan, kerusakan hutan di wilayah hulu menjadi penyebab utama terjadinya bencana banjir. Untuk itu, reboisasi adalah upaya satu-satunya untuk mencegah terjadinya bencana.

"Karena lahan di bagian hulu sungai gundul, maka bencana selalu terjadi. Saat kemarau kita kekeringan, musim hujan kita kebanjiran. Jadi, ayo kita menanam," pungkasnya.

Salah satu petani yang menggarap lahan di pegunungan Patiayam, Huda mengatakan, sudah berpuluh tahun menggarap lahan di lokasi itu. Diakuinya, lahan di kawasan itu memang sudah gundul.

Sementara itu penanaman juga dilakukan di pegunungan Kendeng yang terletak di Pati.

Baca Juga: Hujan Sebentar Kaligawe Banjir, Ganjar Langsung Turun Pantau Lokasi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya