Lalu Lintas Jalur Pantura Kudus-Pati Tersendat Luapan Banjir Bandang

Sungai Patiayam Kudus meluap

Kudus, IDN Times - Banjir bandang yang terjadi di Kudus, Senin (30/12) mengakibatkan Jalan raya Kudus-Pati sempat tersendat. Ini dikarenakan genangan lumpur yang melimpah dan menutup sebagian ruas jalan. Kejadian itu disebabkan karena turun hujan deras dan menyebabkan sungai Patiayam meluap.

Baca Juga: Delapan Kelurahan di Kota Tegal ini Rawan Banjir

1. Jalan pantura sempat tersendat karena genangan lumpur

Lalu Lintas Jalur Pantura Kudus-Pati Tersendat Luapan Banjir BandangIDN Times/Istimewa

Kepala BPBD Kabupaten Kudus Bergas Catur Penanggungan mengatakan, lokasi yang terdampak genangan air adalah di depan Polsek Jekulo sampai dengan jembatan sungai Patiayam. Luas yang terdampak sekitar kurang lebih 200 meter.

Kronologi kejadian, kata dia disebabkan karena sungai Patiayam. Akibatnya sungai itu, meluap air beserta lumpur melimpas ke jalan raya

“Ini menganggu ruas jalan dan lumpur menutup akses masuk ke pangkalan truck, serta menutup akses jalan 2 warung makan di sekitar,” terang dia seperti keterangan tertulis.

 

2. Rumah warga terendam air dan lumpur dengan ketinggian 30-50cm

Lalu Lintas Jalur Pantura Kudus-Pati Tersendat Luapan Banjir BandangIDN Times/Istimewa

Kejadian limpasan air juga terjadi di Desa Pladen Kecamatan Jekulo Kudus. Sejumlah rumah warga pun terendam lumpur dan air yang tebalnya 30-50 cm.  

“Terjadi limpasan air dari sungai yang mengakibatkan air dan lumpur masuk ke pemukiman warga dan jalan pada pukul 13.30,” jelasnya.

Wilayah, rumah dan jalan yang berada di Rt 02 Rw 04, Rt 01 dan Rt 02 Rw 05 dengan ketinggian berkisar 30-50cm. Di Rt 01 Rw 05 yang terdampak melputi, jalan desa tertutup lumpur setebal ± 3cm.Terdampak sbanyak tiga rumah warga.

 

3. Petugas dan warga bergotong royong bersihkan jalan dan rumah terdampak

Lalu Lintas Jalur Pantura Kudus-Pati Tersendat Luapan Banjir BandangIDN Times/Istimewa

Di RT 02, RT 03, dan RT 04 RW 04. Rumah yang terdampak ada satu rumah. Sedangkan jalan desa tertutup lumpur setebal 3cm.  

Untuk saat ini, pihak BPBD dan dibantu petugas bersama dengan warga membersihkan lumpur. Untuk kondisi jalan sudah dibersihkan, sehingga kondisi jalan sudah kembali normal.

“Sedangkan rumah warga, juga sudah dibersihkan warga,” pungkasnya.

Baca Juga: Pati Rentan Terjadi Bencana, Wabup Ingatkan Warga Lebih Waspada

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya