Pantau Lalu Lintas Nataru Dishub Pasang 26 CCTV dan Pengeras Suara

Lalu lintas diprediksi padat saat Natal dan Tahun Baru

Kudus, IDN Times - Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus akan memasang sebanyak 26 kamera CCTV di sejumlah jalan di Kudus. Hal ini dilakukan untuk pemantauan arus lalu lintas selama Natal dan Tahun Baru 2020.

 

Baca Juga: Nataru, Penumpang Terminal Tirtonadi Solo Diprediksi Naik 50 Persen

1. Sebanyak 26 CCTV akan dipasang di perempatan jalan

Pantau Lalu Lintas Nataru Dishub Pasang 26 CCTV dan Pengeras SuaraIDN Times/AJi

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil mengatakan, pihaknya akan memasang sebanyak 26 CCTV untuk memantau arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Kudus. CCTV itu akan dipasang di sejumlah perempatan jalan ditambah dengan pengeras suara.

“Setidaknya ada sebanyak 26 CCTV yang kami siapkan untuk pantauan arus Nataru tahun ini,” kata dia.

2. Arus lalu lintas di Kudus diprediksi arus padat saat momen libur Natal dan Tahun Baru

Pantau Lalu Lintas Nataru Dishub Pasang 26 CCTV dan Pengeras SuaraIlustrasi kemacetan. IDN Times/Paulus Risang

Menurutnya, pemasangan CCTV ini sangat penting saat arus Nataru nanti. Sebab alat tersebut sebagai pengawasan di jalan.“Kami juga menjalin kerja sama dengan pihak kepolisian. Tentunya ini sebagai bentuk sinergitas,” katanya.

Pada CCTV itu nanti bisa memantau kejadian apapun saat di lapangan. Selain itu, dari petugas Dishub juga memantau dan berjaga di depan layar yang tersambung pada CCTV itu. “Ada petugas yang berjaga dihadapan layar nanti,” ungkap dia.

Halil memprediksi arus lalu lintas saat Nataru akan cenderung meningkat padat. Hal itu karena banyaknya pemudik dan masyarakat liburan saat akhir tahun.

“Ini berpotensi terjadi kepadatan arus lalu lintas karena banyak warga yang ingin merayakan di pusat keramaian,” ungkapnya.

3. Membuat pengendara lebih tertib berlalu lintas

Pantau Lalu Lintas Nataru Dishub Pasang 26 CCTV dan Pengeras SuaraANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Dengan adanya pemasangan CCTV dan pengeras suara ini diharapkan, selain memantau arus lalu lintas juga dapat menekan ketertiban pengendara saat berlalu lintas. Begitu, ketika ada pengendara yang melanggar lalu lintas, petugas dari Dishub bisa mengingatkan dan mengkontrol dari CCTV yang terpasang.

“Begitu diharapkan agar para pengendara lebih tertib dalam berlalu lintas. Tentunya dapat menekan angka kecelakaan,” pungkasnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Persiapan Natal dan Tahun Baru 2020, Sopir Bus di Tegal Tes Urine

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya