Tak ada Riwayat Perjalanan dan Kontak Pasien, 5 Orang Positif COVID-19

Sebelumnya dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif

Kudus, IDN Times - Jumlah kasus terkonfirmasi positif virus corona atau COVID-19 di Kudus bertambah enam orang. Lima kasus diantaranya tidak memiliki riwayat perjalanan ataupun kontak dengan orang positif corona.

Baca Juga: Sudah Empat Korban COVID-19 Meninggal, Jalan di Kudus Diblokade

1. Tambah enam kasus positif corona

Tak ada Riwayat Perjalanan dan Kontak Pasien, 5 Orang Positif COVID-19Seorang warga melihat perkembangan kasus corona di seluruh dunia via laman daring (IDN Times/Prayugo Utomo)

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kudus dr. Andini Aridewi mengatakan, ada tambahan kasus positif di Kudus per hari Sabtu (2/5). Tambahan kasus sebanyak enam orang terkonfirmasi positif virus corona.

"Tambahan 6 kasus positif," kata dia, Sabtu (2/5) malam.

Pertama, adalah seorang pasien laki-laki berusia 53 tahun. Pasien ini masuk di RS Mardi Rahayu Kudus pada 22 April 2020. Riwayat perjalanan ke daerah terjangkit maupun kontak dengan penderita COVID-19 tidak berdasar.

2. Lima kasus tak miliki riwayat kontak dan perjalanan

Tak ada Riwayat Perjalanan dan Kontak Pasien, 5 Orang Positif COVID-19Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim lakukan rapid test on the spot. Dok. Humas Pemprov Jatim

Berikutnya seorang perempuan berusia 42 tahun. Pasien ini berdomisili Kecamatan Jati. Masuk di RS Mardi Rahayu pada 2 Mei 2020. Riwayat perjalanan maupun kontak tidak ada.

"Kasus ketiga ada seorang laki-laki berusia 51 tahun. Tingal di Kecamatan Kota. Masuk di RS Mardi Rahayu pada tanggal 2 Mei 2020. riwayat perjalanan dan kontak tidak ada," ujar dia.

Kasus keempat merupakan seorang perempuan berusia 52 tahun. Domisili Kecamatan. Masuk di RS Mardi Rahayu pada 2 Mei 2020. Riwayat perjalanan dan kontak tidak ada.

Kasus kelima seorang laki-laki berusia 67 tahun asal Kecamatan Jati. Masuk di RSUD Kudus pada 27 April 2020 dengan penyakit penyerta. Rujukan dari RS Aisyah. Riwayat perjalanan maupun kontak tidak ada.

3. Satu pasien miliki riwayat dari Bali

Tak ada Riwayat Perjalanan dan Kontak Pasien, 5 Orang Positif COVID-19Ilustrasi Cara Menangani Wabah Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

"Kasus keenam seorang laki-laki berusia 30 tahun Kecamatan Undaan. Masuk di RSUD Kudus pada 25 April 2020. Riwayat pulang dari Bali," jelasnya.

Andini menuturkan, sebelumnya keenam orang ini dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif. Saat terdeteksi rapid reaktif kemudian diswab.

"Hasil PCR terkonfirmasi positif diterima tadi pagi dan tadi siang," tandasnya.

Dengan demikian, total kasus terkonfirmasi positif corona di Kudus hingga Sabtu (2/5) ada sebanyak 19 kasus. Sebelumnya ada sebanyak 13 kasus terkonfirmasi positif corona di Kudus.

Baca Juga: Bertahan 40 Hari, Bayi yang Dilahirkan PDP COVID-19 di Kudus Meninggal

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya