Wabup Pati Ingatkan Warga di Bantaran Sungai Agar Siaga Bencana

Selalu waspada bencana alam

Pati, IDN Times - Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran sungai agar selalu waspada terhadap bencana alam. Terlebih, saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Ungkapkan tersebut diungkapkan Safin sapaan akrabnya disela-sela membantu warga Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso yang terdampak banjir bandang, Minggu (5/1).

Baca Juga: Tak Kuat Tahan Air, Tanggul Sungai Cibolek di Pati Jebol

1. Masyarakat di bantaran sungai agar selalu siaga

Wabup Pati Ingatkan Warga di Bantaran Sungai Agar Siaga BencanaIDN Times/Aji

Safin meminta agar masyarakat yang tinggal di bantaran sungai atau kali agar selalu siaga. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap kejadian bencana alam.

"Kita harus siaga. Terutama masyarakat yang tinggal di bantaran sungai. Masyarakat harus siaga," kata dia saat ditemui, Minggu (5/1).

2. Safin turun langsung perbaiki tanggul sungai Cibolek yang terletak di Desa Tunjungrejo Pari

Wabup Pati Ingatkan Warga di Bantaran Sungai Agar Siaga BencanaIDN Times/Aji

Safin terlihat mengikuti langsung memperbaiki tanggul sungai Cibolek yang terletak di Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso. Safin bersama masyarakat bahu-membahu memperbaiki tanggul yang jebol tersebut. 

"Memang kondisi seperti ini harus dijaga. Bahu - membahu kita semua. Kita harus melakukan antisipasi banjir. Karena di Pati rawan banjir," kata dia.

Dirinya berharap agar kejadian ini tidak terulang lagi di Pati. "Kami harapkan agar kejadian ini tidak terjadi yang kedua kalinya," harap Safin.

3. BPBD Pati juga imbau masyarakat agar selalu waspada bencana alam

Wabup Pati Ingatkan Warga di Bantaran Sungai Agar Siaga BencanaIDN Times/Aji

Senada diungkapkan oleh, Plt kelala BPBD Kabupaten Pati Hadi Santoso. Menurutnya, masyarakat diimbau agar selalu waspada terhadap bencana alam. Terutama juga masyarakat yang ada di bantaran sungai.

"Masyarakat diimbau agar selalu waspada. Dan melakukan antisipasi bencana alam," tambah dia.

Sebelumnya diketahui, tanggul sungai Cibolek yang terletak di Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso Pati jebol, Minggu (5/1). Jebolnya tanggul itu karena tidak kuat menahan air hujan deras yang terjadi di Pati.

Tidak ada korban jiwa, kerusakan ratusan rumah warga dan lahan pertanian yang terendam banjir bandang tersebut.

Baca Juga: Puluhan Personel TNI-Polri Bersihkan Sungai di Sugiharjo Pati

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya