Comscore Tracker

Water Canon dan Damkar Dikerahkan Semprot Disinfektan ke Jalanan Kudus

Waspada Corona

Kudus, IDN Times – Personel gabungan Polres, TNI, Satpol PP, dan BPBD Kabupaten Kudus melakukan sterilisasi sejumlah jalan dan fasilitas umum di Kota Kretek dengan menyemprotkan cairan disinfektan, Kamis (26/3). Kendaraan water canon dan kendaraan mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan.

Baca Juga: 7 PDP Corona di Kudus Dinyatakan Negatif COVID-19

1. Sejumlah jalan dan fasilitas umum disemprot disinfektan

Water Canon dan Damkar Dikerahkan Semprot Disinfektan ke Jalanan KudusIDN Times/Aji

Dari pantauan IDN Times di lapangan, forkompinda Kudus besama-sama melakukan sterilisasi. Sejumlah kendaraan water canon dan damkar pun dikerahkan. Mereka menyemprot jalan umum di Kudus.

Penyemprotan ini dimulai dari kawasan alun-alun Simpang Tujuh Kudus kemudian, kawasan Jalan Jendral Sudirman, Pasar Kliwon, kawasan Balai Jagong, dan kembali ke kawasan alun-alun Kudus.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, sterilisasi penyemprotran di jalan dan fasilitas umum ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Apalagi, kata Hartopo penyebaran virus tersebut semakin hari kian mengkhawatirkan.

2. Masyarakat diimbau selalu jaga kebersihan selalu cuci tangan dan mandi

Water Canon dan Damkar Dikerahkan Semprot Disinfektan ke Jalanan KudusIDN Times/Aji

Dia menjelaskan, pada kesempatan itu juga mengimbau kepada masyarakat di Kudus agar tidak berada dikerumunan. Hal ini tentunya untuk mengantisipasi dan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.

“Kita semua harus mewaspadai terhadap penyebaran virus Corona ini. Jangan sampai penyebaran virus ini malahan semakin meluas. Maka dari itu kita harus mewaspadai hal tersebut,” ujar dia saat memberikan imbau kepada warga yang ada di Pasa Kliwon Kudus.

Tidak hanya itu, Hartopo juga mengajak seluruh warga di Kudus untuk tetap menjaga kesehatan. Selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan tubuh. Dengan begitu, dia berharap di Kudus tidak ada warga yang terpapar dengan virus corona itu.

“Kita semua harus menjaga kebersihan. Selalu mencuci tangan pakai sabun. Kalau perlu setiap hari harus mandi. Baru kemudian pegang anak dan lainnya,” harap dia.

3. Polisi tegaskan warga yang berada dikerumunan akan dibubarkan

Water Canon dan Damkar Dikerahkan Semprot Disinfektan ke Jalanan KudusIDN Times/Aji

Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi mengungkapkan untuk mengantisipasi maraknya virus Corona pihaknya mengimbau kepada warga untuk sementara waktu tidak berada dikerumunan. Kepada masyarakat diminta untuk tetap menjaga kesehatan.

“Karena penyebaran virus ini sangat cepat sekali. Kalau kita berkerumun terus ini dikhawatirkan virus akan mempermudah masuk ditubuh,” kata dia saat memberikan imbauan kepada warga.

Oleh karena itu, Catur menuturkan untuk memutus rantai penularan itu agar berkumpul atau berkelompok ini sementara waktu ditunda. Jika masyarakat masih berkumpul atau ditempat kerumunan, tidak segan untuk dibubarkan oleh pihak kepolisian.

“Tapi tentunya kita mengimbau kepada masyarakat,” tandas dia.

Sementara itu, pada kegiatan itu juga pihak kepolisian menempelkan maklumat Kapolri kepada masyarakat. Di antaranya tidak berada dikerumunan.

Baca Juga: Tamu Undangan Kecele, Acara Resepsi Pernikahan di Kudus Dibubarkan

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya