Comscore Tracker

Yang Unik di Pilkades Kudus, Bapak Anak Hingga Belasan Pasutri Nyalon 

Bapak anak nyalon kepala desa

Kudus, IDN Times - Pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Kudus berlangsung hari ini, Selasa (19/11). Ada sebanyak 285 cakades yang bertarung di 115 desa di sembilan kecamatan di wilayah Kabupaten Kudus.

Baca Juga: 3 TPS Rawan, Polisi Siagakan 969 Personel Untuk Amankan Pilkades Tegal

1. Bapak dan anak bertarung perebutkan kepala desa

Yang Unik di Pilkades Kudus, Bapak Anak Hingga Belasan Pasutri Nyalon IDN Times/Aji

Di Desa Tenggeles Kecamatan Mejobo ada bapak dan anak yang merebutkan kursi kepala desa. Diketahui Bapak bernama Amin Santoso (51) dengan nomor urut 1 dan anaknya bernama Sheila Zara Zakia (26) dengan nomor urut 2.

"Ini sebagai regenasi pemimpin saja. Karena saja juga menginjak usia muda. Biar generasi muda tampil di depan," kata dia saat ditemui di TPS Lapangan Desa Tenggeles, Selasa (19/11).

Amin menceritkan, bahwa pencalonan dengan anaknya selain regenerasi juga sebagai syarat untuk maju di pilkades. Karena minimal syarat terdapat dua cakades.

"Karena memang aturannya begitu. Minimal dua cakades. Hingga akhir pendaftaran saya dengan anak saya yang maju," ungkapnya.

Dari hasil pemilihan itu, Amin menyatakan siap. Baik menang ataupun kalah. Jika terpilih dirinya, ia pun siap membawa amanah masyarakat Tenggeles. Namun jika anaknya, itu sebagai bentuk regenerasi pemimpin muda di Desa Tenggeles.

"Siap menerima hasilnya. Jika kembali terpilih akan akan mensejahterakan masyarakat. Namun jika anak, itu sebagai regenasi pemimpin muda," terangnya.

2. Belasan pasangan suami istri jadi kontestan di pilkades Kudus tahun 2019

Yang Unik di Pilkades Kudus, Bapak Anak Hingga Belasan Pasutri Nyalon IDN Times/Aji

Kabid Pemerintah Desa (Pemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Arif Suwanto menyebutkan ada sebanyak 19 pasangan suami istri yang berajang di Pilkades di Kudus.

Sedangkan untuk jumlah cakades ada sebanyak 285 cakades. Jumlah itu bertarung di 115 desa yang tersebar di sembilan kecamatan di Kudus.

3. Penghayat kepercayaan sedulur sikep ikut menyalurkan hak pilihnya

Yang Unik di Pilkades Kudus, Bapak Anak Hingga Belasan Pasutri Nyalon IDNTimes/Aji

Sementara itu, di Desa Larikrejo Kecamatan Undaan, Kudus penghayat kepercayaan sedulur sikep juga ikut menggunakan hak pilihnya. Yakni mereka datang ke TPS untuk mencoblos cakades Larikrejo.

"Bukan hanya pilkades saja. Pil pil yang lain antusias sekali," ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut sebagai bentuk untuk menepis anggapan selama ini sedulur sikep tidak proaktif dengan pemerintah. Justru, inu bukti sedukur sikep proaktif dengan pemerintah. Yakni dengan ikut berpartisipasi menggunakan hak pilih.

"Sering kali menepis pandangan tidak proaktif. Ini bukti proaktif, sedulur sikep dengan pemerintah," tuturnya.

Dengan begitu, ia berharap pada cakades yang nantinya terpilih harus jujur. Selain itu juga memberikan pelayanan kepada masyarakat jangan ada tebang pilih. Semua masyarakat di Desa Larikrejo dipimpin oleh kepala desa.

"Harapanya kami siapa yang terpilih nanti, pertama kejujuran yang diutamakan. Masyarakat secara adil. Jangan ada tebang pilih, semua warganya," harapanya.

Baca Juga: 500 Personel Polres Kudus Diturunkan Untuk Amankan Pilkades

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya