Ada 10.554 Lowongan Kerja di Job Fair Banyumas, Termasuk untuk Difabel

Digelar di GOR Satria Purwokerto

Banyumas, IDN Times - Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinnakerkop UKM) Kabupaten Banyumas menggelar Job Fair 2020, Jumat-Sabtu (21–22/2) di Gor Satria Purwokerto. Kegiatan yang bertajuk Banyumas Career Expo 2020 bertujuan menekan angka pengangguran di Kabupaten Banyumas

 

Baca Juga: Passing Grade CPNS Tiap Formasi, Nilai Tinggi Belum Tentu Lolos ke SKB

1. Pertemukan pencari kerja dan perusahaan

Ada 10.554 Lowongan Kerja di Job Fair Banyumas, Termasuk untuk DifabelIstimewa

Kepala Dinnakerkop UKM Banyumas, Joko Wiyono mengatakan, job fair ini mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Ada 23 perusahaan yang mengikuti job fair di Banyumas.

“Kami memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan pengetahuan, ketrampilan, bakat dan minat dan membantu perusahaan mendapatkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

2. Diikuti oleh sebanyak 23 perusahaan yang sedang melakukan rekrutmen

Ada 10.554 Lowongan Kerja di Job Fair Banyumas, Termasuk untuk DifabelIstimewa

Joko juga memanfaatkan job fair sebagai bahan perencanaan pelatihan dan mengurangi angka pengangguran.

Ia mengatakan perencanaan pelatihan lebih akurat menjawab kebutuhan pasar kerja jika didukung data riil. Data yang dibutuhkan antara lain kecenderungan tingkat pendidikan, jenis kelamin, kelompok umur pencari kerja dan jenis pekerjaan serta lowongan pekerjaan yang tersedia.

Job fair diselenggarakan di kompleks GOR Satria Purwokerto tepatnya di Gedung Futsal dan Gedung Serbaguna mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB.

Event ini diikuti 23 perusahaan yang menyediakan 10.554 lowongan kerja dengan rincian 5.232 lowongan untuk laki-laki dan 5.322 lowongan untuk perempuan.

"Pencari kerja bisa mendaftar secara online melalui website e-bursakerja.kemnaker@go.id atau bisa langsung ke lokasi job fair,” ujar dia.

3. Tersedia lowongan kerja untuk penyandang difabel

Ada 10.554 Lowongan Kerja di Job Fair Banyumas, Termasuk untuk DifabelIDN Times/Haikal Adithya

Joko Wiyono mengatakan, ada beberapa perusahaan yang menerima lowongan untuk difabel seperti perusahaan garmen (PT Libra Permana), perusahaan kabel (PT SAMI) dan juga Alfamart.

Persyaratan bagi pencari kerja yang berniat mengikuti job fair secara umum di antaranya Warga Negara Indonesia (WNI), mempunyai kartu pencari kerja, ijasah, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Kartu Keluarga, dan KTP.

"Tidak menutup kemungkinan beberapa perusahaan akan meminta persyaratan lain sebagai tambahan sesuai jenis pekerjaan yang dituju," kata dia.

Baca Juga: Jangan Tertipu, Ini 7 Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Harus Kamu Tahu!

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya