Banjir Hingga Longsor, Deretan Bencana yang Melanda Cilacap Pekan Ini

Menyebabkan sejumlah kerusakan 

Cilacap, IDN Times - Berbagai kejadian bencana melanda Cilacap dalam sepekan terakhir. Kejadian itu meliputi banjir, tanah longsor, dan angin kencang yang menyebabkan kerusakan rumah warga. Berikut beberapa kejadian bencana yang terjadi di Cilacap dalam sepekan:

Baca Juga: Sungai Cijalu Meluap, Ratusan Rumah Warga di Cilacap Kebanjiran 

1. Banjir

Banjir Hingga Longsor, Deretan Bencana yang Melanda Cilacap Pekan IniIstimewa

Ratusan warga di Desa Mulyadadi, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap kebanjiran akibat luapan Sungai Cijalu, Rabu (8/1) pukul 18.30. Sungai Cijalu meluap setelah hujan deras mengguyur wilayah setempat dari pukul 16.30 hingga 18.00 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy, mengatakan, hujan merendam permukiman setinggi 40 Cm. Tidak ada korban jiwa pada musibah ini, namun air sempat masuk ke beberapa rumah warga.

Dari data BPBD Cilacap, ada enam RT dari dua RW yang terendam banjir. Di antara yang terendam yaitu wilayah RT 4 dan 5 RW 4 dengan jumlah warga 60 KK serta RT 1, 2, 3, 4 RW 4 dengan jumlah 150 KK.

Sejumlah rumah warga di Dusun Cigulingharjo RT 03 RW 07 Desa Padangjaya Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap tergenang, Minggu (5/1). Genangan muncul setelah hujan deras turun dari pukul 14.00 hingga 15.00 WIB.

Sebanyak 8 rumah tergenang air dengan ketinggian 60 Cm. UPT BPBD Majenang mengecek lokasi bersama perangkat desa untuk mendata kerusakan dan kerugian.

2. Tanah ambles

Banjir Hingga Longsor, Deretan Bencana yang Melanda Cilacap Pekan IniIstimewa

Tanah amblas di jalan nasional Jeruklegi-Wangon Km 43+450 Senin (6/1) pukul 17.30 WIB. Tanah amblas terjadi usai hujan deras mengguyur Dusun Pengasinan Desa Jeruklegi Kulon Kecamatan Jeruklegi.

Tanah amblas dengan ukuran luas 4x3 meter dan kedalaman 5 meter. UPT BPBD Cilacap bersama Forkopimcam Jeruklegi juga perangkat desa setempat mengecek lokasi untuk pendataan dan assessment.

2. Tanah Longsor

Banjir Hingga Longsor, Deretan Bencana yang Melanda Cilacap Pekan IniIstimewa

Tanah longsor terjadi di Dusun Dawuan RT 01 RW 06 Desa Bener Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap, Rabu (8/1) pukul 22.15 WIB. Longsor dipicu hujan dengan intensitas deras pukul 14.00 wib hingga 18.00 WIB.


Tebing setinggi 15 meter dan lebar 15 meter menimpa dua rumah milik Usman (50) dengan tiga penghuni dan rumah milik Supriyadi (43) dengan penghuni lima jiwa. Bagian belakang dan bagian kamar tidur belakang rumah jebol diterjang tanah longsor.

UPT BPBD Majenang bersama perangkat desa datang mengecek lokasi dan mendata kerusakan. Mereka mengimbau korban agar tetap waspada longsor susulan dan mengajak warga kerja bakti membersihkan matrial keesokan harinya.

Tanah longsor juga menerjang Dusun Sawangan RT 04 RW 06 Desa Keleng Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Selasa (7/1) pukul 01.00 WIB. Longsor terjadi setelah hujan intensitas sedang hingga deras mengguyur wilayah setempat.

Tebing setinggi 10 meter dan lebar 9 meter longsor dan material longsor menimpa rumah semi permanen milik Sugeng. Akibatnya dinding ruang tengah ambrol.

Kamis (9/1) sejumlah elemen relawan bersama warga kerja bakti membersihkan material longsor. Kerja bakti yang dimulai pukul 09.00 WIB mulai membersihkan sisa-sisa tanah baik yang di dalam rumah maupun tanah yang di luar rumah. Personil yang ikut dalam kegiatan kerja bakti antara lain Koramil 06 Kesugihan, Polsek Kesugihan, Baznas Wilayah Kesugihan, dan BPBD Kabupaten Cilacap (UPT BPBD Cilacap).

Tanah longsor terjadi di Dusun Matenggeng I RT 02 RW 05 Desa Matenggeng Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap, Senin (6/1) pukul 17.30 WIB. Longsor terjadi setelah hujan dengan intensitas sedang hingga deras dari pukul 13.30 hingga 16.00 WIB.

Tebing setinggi 15 meter dan lebar 6 m longsor menimpa rumah permanen bagian belakang milik Tarim. Akibatnya dinding bagian dapur dan kamar mandi ambrol. Reruntuhan genteng juga menimpa Santi yang saat kejadian berada di dapur sehingga mengalami luka ringan pada kaki.

3. Angin kencang

Banjir Hingga Longsor, Deretan Bencana yang Melanda Cilacap Pekan IniIstimewa

Angin kencang menerjang Dusun Majingklak Desa Majingklak Kecamatan Wanareja, Minggu (5/1) pukul 14.00 WIB. Angin kencang menumbangkan pohon yang kemudian menimpa rumah warga desa setempat.

Pohon yang tumbang menimpa rumah milik Darsim, warga RT 02 RW 02 Dusun Majingklak Desa Majingklak Kecamatan Wanareja. UPT BPBD Majenang datang mengecek lokasi dan bersama warga mengevakuasi pohon yang tumbang secara swadaya.

4. Pohon tumbang

Banjir Hingga Longsor, Deretan Bencana yang Melanda Cilacap Pekan IniPetugas menyingkirkan pohon yang tumbang, Senin (6/1). IDN Times/Dok.Command Center 112

Pohon tumbang menimpa rumah warga, Minggu (5/1) pukul 14.15 WIB di Dusun Cimanggeng 2 RT 01 RW 02 Desa Panulisan Barat Kecamatan Dayeuhluhur. Pohon jati tumbang menimpa rumah konstruksi kayu milik Daryo yang berakibat kerusakan pada atap rumah. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini.

Di hari yang sama, pohon jati juga tumbang menimpa rumah warga di Dusun Manggasari RT 01/08 Desa Panulisan Kecamatan Dayeuhluhur pukul 15.35 WIB. Pohon tumbang disebabkan hujan disertai angin kencang.

Pohon tumbang menimpa rumah Tugia Saparudin (30), Perangkat Desa Panulisan Kecamatan Dayeuhluhur. Rangka atap rumah permanen ukuran 6 x 9 meter ini ambrol sebagian.

Baca Juga: Jalan Tertimbun Longsor, Mobil Pikap L300 Tergelincir di Cilacap

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya