Haru! Pemakaman Relawan Nakes Wisma Atlet di Cilacap Tinggalkan 2 Anak

Berjuang selama tiga pekan melawan COVID-19

Cilacap, IDNTimes - Liza Putri Noviana (33), Relawan Tenaga Kesehatan Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet asal Cilacap, Jawa Tengah meninggal dunia usai berjuang melawan COVID-19 pada Kamis (24/6/2021). Jenazah Liza dimakamkan di kampung halamannya di RT 04 RW 03 Desa Gandrungmanis, Kecamatan Gandrungmangu, Jumat (25/6/2021).

Baca Juga: 7 Potret Haru Penghormatan Nakes Pertama yang Wafat di RS Wisma Atlet 

1. Jenazah Liza dimakamkan dengan penuh penghormatan

Haru! Pemakaman Relawan Nakes Wisma Atlet di Cilacap Tinggalkan 2 AnakSejumlah tenaga kesehatan membawa lilin untuk memberi penghormatan terakhir kepada mendiang Liza Putri Noviana di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Kamis, 24 Juni 2021 (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Ambulans yang membawa jenazah Liza tiba di rumah duka pukul 07.20 WIB. Suasana haru seketika menyelimuti rumah duka pagi itu.

Jenazah Liza disambut Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, Kadinkes Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griana Dewi, dan perwakilan Forkopimda dan Forkopimcam setempat.

Setelah disalatkan, jenazah dimakamkan di TPU Astana Laya Desa Gandrungmanis. Wakil Bupati secara simbolis menyerahkan bendera merah putih kepada suami almarhumah, Daryanto, sebagai bentuk penghormatan Pemkab Cilacap atas jasa almarhumah. Demikian pula Dandim 0703/Cilacap yang turut memberikan santunan.

“Kami mewakili Bupati Cilacap, Dandim, dan Forkopimda menyampaikan apresiasi dan terima kasih, terutama kepada almarhumah yang telah suka rela membantu pemerintah menjadi relawan medis dalam penanganan COVID-19,” kata Syamsul.

2. Tiga pekan berjuang melawan infeksi COVID-19

Haru! Pemakaman Relawan Nakes Wisma Atlet di Cilacap Tinggalkan 2 AnakIlustrasi tenaa kesehatan (ANTARA FOTO/Fauzan)

Liza sempat dirawat di IGD RSDC Wisma Atlet pada 3 Juni 2021 setelah dinyatakan positif COVID-19. Pada 8 Juni 2021 Liza dirujuk ke RSU Persahabatan. Namun keadaanya terus memburuk hingga akhirnya meninggal dunia pada 24 Juni 2021 pukul 17.30 WIB.

Almarhumah meninggalkan seorang suami dan dua orang anak. Sebagai pejuang kesehatan, jenazah Liza dilepas oleh Pangdam Jaya, Mayor Jenderal TNI Mulyo Aji melalui upacara pelepasan jenazah.

3. Kasus COVID-19 terus merangkak naik

Haru! Pemakaman Relawan Nakes Wisma Atlet di Cilacap Tinggalkan 2 AnakData perkembangan COVID-19 di Kabupaten Cilacap per Sabtu (26/6/2021). Sumber: Dinas Kominfo Cilacap

Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap per Sabtu (26/6/2021) pukul 13.00 WIB, ada 1.917 kasus positif aktif di Cilacap. Sementara dari 346 kapasitas tempat tidur rumah sakit rujukan untuk isolasi pasien COVID-19, 280 di antaranya telah terisi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Griana Dewi menyampaikan, lonjakan kasus COVID-19 yang juga dirasakan di Kabupaten Cilacap semestinya menjadi perhatian bersama.

“Kita harus bergerak bersama menanggulangi di hulunya. Tidak bisa kalau hanya menunggu di hilirnya karena tenaga kesehatan kita terbatas, sehingga harus berjuang bersama mencegah meningkatnya kasus COVID-19,” kata Pramesti.

Baca Juga: Rawat ABK Varian Baru India, 47 Nakes Karyawan Cilacap Kena COVID-19

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya