Hujan Lebat, Rumah Warga di Purbalingga Tertimpa Pohon Tumbang

Jalan Protokol tertutup batang pohon

Purbalingga, IDN Times - Hujan lebat disertai angin kencang kembali menerjang Purbalingga, Kamis sore (30/1). Sejumlah pohon tumbang menimpa rumah warga dan melintang di jalan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga memastikan tidak ada korban pada musibah ini. Namun kerugian materi tak bisa dibendung.

 

Baca Juga: Petani di Purbalingga Tertimpa Pohon saat Hujan Deras Angin Kencang

1. Batang pohon tumbang menutup jalan protokol

Hujan Lebat, Rumah Warga di Purbalingga Tertimpa Pohon TumbangIstimewa

Kepala Pelaksanaan BPBD Kabupaten Purbalingga, Muhammad Umar Faozi mengatakan, hujan deras dan angin kencang terjadi pukul 14.30 WIB. Hujan turun sekitar satu jam merata di sejumlah kecamatan.

Di wilayah kota, pohon peneduh jalan di Jalan Ahmad Yani tumbang. Akibatnya pohon menutup akses jalan. Arus lalu lintas sempat tersendat. Petugas BPBD dan relawan kemudian datang ke lokasi dan memotong batang pohon lalu memindahkan ke tepi jalan.

"Sekitar pukul 16.30 WIB, batang pohon berhasil disingkirkan dari jalan. Arus lalu lintas kembali normal,” kata dia.

2. Dahan pohon peneduh di alun-alun pupus

Hujan Lebat, Rumah Warga di Purbalingga Tertimpa Pohon TumbangIstimewa

Sedangkan di Alun-alun Purbalingga, sejumlah dahan pohon peneduh patah. Petugas memotong dahan yang patah agar tidak membahayakan warga.

Di Kecamatan Kaligondang, pohon tumbang juga menutup akses jalan kabupaten di ruas Jalan Raya Gembrungan, Kaligondang dan Jalan Raya Selakambang, Desa Selakambang.

"Petugas kami beserta relawan mengevakuasi pohon di kedua ruas jalan. Sekitar sejam, batang pohon sudah bisa dipindahkan dan akses lalu lintas bisa dilewati," katanya.

3. Dua rumah di Kaligondang rusak

Hujan Lebat, Rumah Warga di Purbalingga Tertimpa Pohon TumbangDok.IDN Times/Istimewa

Pohon tumbang juga menimpa rumah Karjono (40), warga Desa Selakambang RT 1 RW 8 Kecamatan Kaligondang. Rumah yang dihuni empat orang itu rusak setelah pohon sengon menimpa bagian dapur.

“Kejadiannya pukul 16.00. Korban mengalami kerugian Rp500 ribu,” kata dia.

Selain Karjono, rumah Mad Suheri (60) warga Desa Selakambang Rt 1 Rw 8 juga rusak tertimpa pohon. Kerusakan membuat Suheri mengalami kerugian sebesar Rp300 ribu.

“Rumah korban tertimpa pohon randu pada bagian lung-lungan rumah. Korban jiwa nihil,” ujar Umar.

Baca Juga: Angin Kencang, Satu Rumah Tertimpa Pohon Tumbang di Kebumen

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya