Fakta Menarik Neptunus, Ternyata Bukan Planet Terdingin di Tata Surya

1 tahun di Neptunus = 60.190 hari di Bumi

• Neptunus adalah planet terjauh dari Matahari, dengan suhu ekstrem minus 214 derajat Celcius.
  • Uranus, bukan Neptunus, merupakan planet terdingin di tata surya karena tabrakan besar yang menyebabkan panas terlempar ke luar angkasa.
  • Neptunus memiliki tarikan gravitasi mirip Bumi dan satu tahunnya setara dengan 60.190 hari Bumi.

Neptunus adalah planet kedelapan di tata surya yang juga menjadikannya sebagai planet terjauh dari matahari. Dengan jaraknya yang sangat jauh tersebut, tentunya cahaya matahari tidak dapat sampai ke Neptunus secepat waktunya ke Bumi. Oleh karena itu, banyak orang berpikir kalau Neptunus adalah planet terdingin di tata surya.

Namun, benarkah Neptunus menjadi planet terdingin di tata surya? Simak penjelasannya di fakta menarik Neptunus berikut ini.

1. Planet pertama yang ditemukan dengan hitungan matematika

Fakta Menarik Neptunus, Ternyata Bukan Planet Terdingin di Tata Suryailustrasi Dewa Neptunus (pixabay.com/GDJ)

Fakta menarik Neptunus yang pertama adalah planet ini merupakan yang pertama ditemukan dengan memanfaatkan perhitungan matematika. Dilansir NASA, dengan menggunakan prediksi yang dibuat oleh Urbain Le Verrier, Johann Galle berhasil menemukan planet biru ini pada tahun 1846.

Selain penemuannya yang unik, penamaan dari planet ini juga tidak kalah menarik. Mirip dengan Mars dan Jupiter, nama Neptunus juga diambil dari nama dewa. Nama dari planet biru ini diambil dari nama dewa laut Romawi, yakni Neptunus.

2. Luasnya 4 kali luas Bumi

Fakta Menarik Neptunus, Ternyata Bukan Planet Terdingin di Tata Suryailustrasi Neptunus (pixabay.com/WikiImages)

Neptunus memiliki diameter sebesar 30.775 mil (49.528 kilometer). Jika dibandingkan dengan Bumi, maka luas Neptunus adalah 4 kali luas Bumi.

Sebagai planet terjauh di sistem tata surya, jarak antara Matahari dan Neptunus adalah sekitar 2,8 miliar mil (4,5 miliar kilometer). Dengan jarak yang begitu jauh tersebut, dibutuhkan setidaknya 4 jam bagi sinar matahari untuk sampai di Neptunus. Oleh karena itu, tidak jarang orang-orang menganggap Neptunus sebagai planet terdingin di tata surya.

3. Sebelum Pluto menghilang, Neptunus kadang menjadi planet ke-9

Fakta Menarik Neptunus, Ternyata Bukan Planet Terdingin di Tata Suryailustrasi tata surya (pixabay.com/WikiImages)

Hal ini mungkin tidak banyak diketahui oleh kebanyakan orang. Sebelum Pluto dihapus dari daftar planet di tata surya, Pluto sering disebut sebagai planet terkecil dan terjauh sebagai planet kesembilan. Namun, tahukah kamu kalau Pluto kadang berada lebih dekat dengan Matahari dibanding Neptunus?

Selama periode 20 tahun setiap 248 tahun Bumi, Pluto masuk ke orbit Neptunus dan berada lebih dekat dengan Matahari dibanding Neptunus. Kejadian ini tercatat pernah terjadi pada tahun 1979 hingga 1999.

Namun, meski masuk ke orbit Neptunus, Pluto tidak pernah sekalipun menabrak Neptunus. Hal ini karena pola orbit keduanya berbeda yang menyebabkan mereka tidak akan pernah saling bertabrakan.

Baca Juga: 4 Penyebab Bulu Burung Peliharaan Mudah Rontok, Salah Perawatan!

4. Bukan planet terdingin di tata surya

Fakta Menarik Neptunus, Ternyata Bukan Planet Terdingin di Tata Suryailustrasi Uranus (pixabay.com/95C)

Meski menjadi planet dengan jarak terjauh, sayangnya Neptunus bukanlah planet terdingin di tata surya. Hingga saat ini, Neptunus dikenal sebagai salah satu planet dengan suhu dingin yang ekstrem. Suhu di planet biru ini bisa mencapai minus 214 derajat Celcius.

Akan tetapi, predikat planet terdingin di tata surya masih dipegang oleh tetangganya, yakni Uranus. Suhu di Uranus bisa mencapai minus 224 derajat Celcius.

Adapun alasan kenapa Uranus menjadi planet terdingin di tata surya bukanlah karena jaraknya yang jauh dengan Matahari, melainkan karena miliaran tahun yang lalu, objek yang sangat besar menabrak Uranus dan menyebabkan sebagian panas yang terperangkap di planet ini terlempar ke luar angkasa.

5. Memiliki kemiripan dengan Bumi

Salah satu kemiripan yang dimiliki Neptunus dan Bumi adalah tarikan gravitasi di kedua planet ini. Meski sebagian bagian dari planet inni adalah gas dan es, tarikan gravitasi di Neptunus sangatlah mirip dengan gaya gravitasi di Bumi.

Gaya gravitasi di Neptunus memiliki kekuatan 17% lebih besar dari gravitasi Bumi. Namun, dengan ukurannya yang hampir empat kali lipat Bumi, tarikan gravitasi dari planet ini menjadi tidak jauh berbeda dengan yang ada di Bumi.

6. 1 tahun di Neptunus sama dengan 60.000 hari di Bumi

Fakta Menarik Neptunus, Ternyata Bukan Planet Terdingin di Tata Suryailustrasi Neptunus (pixabay.com/95C)

Fakta menarik lainnya adalah perbedaan waktu. Satu hari di Neptunus hanya berlangsung selama 16 jam. Sedangkan, satu tahun di Neptunus sama dengan 60.190 hari Bumi.

Selain itu, Neptunus memiliki sumbu rotasi dengan kemiringan 28 derajat terhadap bidang orbitnya. Kemiringan sumbu orbit ini sama dengan kemiringan sumbu orbit Mars dan Bumi. Oleh karena itu, Neptunus juga memiliki musim seperti di Bumi.

Akan tetapi, karena hitungan hari dalam satu tahunnya sangat panjang, maka, musim di Neptunus juga berlangsung sangat lama. Satu musim di Neptunus bisa berlangsung selama kurang lebih 40 tahun.

7. Hanya pernah dikunjungi pesawat ruang angkasa sekali

Fakta Menarik Neptunus, Ternyata Bukan Planet Terdingin di Tata Suryapesawat ruang angkasa (pixabay.com/SpaceX-Imagery)

Meski sudah ditemukan sejak tahun 1846, nyatanya Neptunus hanya pernah dikunjungi oleh pesawat ruang angkasa satu kali. Adapun pesawat ruang angkasa yang berhasil mengunjungi Neptunus adalah Voyager 2 pada tahun 1989.

Lalu, kenapa hanya ada satu pesawat ruang angkasa yang berhasil mengunjungi Neptunus? Padahal sudah banyak pesawat ruang angkasa yang berkunjung ke Mars. Jawabannya adalah karena jaraknya yang sangat jauh dari Bumi. Untuk dapat mencapai Neptunus, Voyager 2 harus menempuh perjalanan sejauh 4.800 kilometer (2.983 mil).

Itulah dia fakta-fakta menarik dari Neptunus yang tidak banyak diketahui oleh kebanyakan orang. Meski menjadi planet terjauh dari Matahari, Neptunus ternyata bukanlah planet terdingin di tata surya. Sebaliknya, tetangganya, Uranus adalah planet terdingin di tata surya.