5 Hewan Endemik Kepulauan Kanari, Keajaiban Hayati di Lautan Atlantik

Memiliki berbagai spesies burung yang sangat unik

Kepulauan Kanari adalah sebuah jajaran pulau yang terletak di Lautan Atlantik, sekitar 100 kilometer lepas pantai barat Maroko. Terdiri dari tujuh pulau utama, yaitu Tenerife, Gran Canaria, Fuerteventura, Lanzarote, La Palma, La Gomera, dan El Hierro, serta beberapa pulau kecil dan batu karang, kepulauan ini merupakan salah satu bagian dari Spanyol.

Kepulauan Kanari menjadi rumah bagi berbagai keajaiban alam, termasuk keanekaragaman hayatinya. Di antara beberapa spesies yang hidup di Kepulauan Kanari, terdapat berbagai hewan endemik yang hanya dapat ditemukan di kepulauan ini. Penasaran, apa saja hewan endemiknya? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

1. Giant Lizard

5 Hewan Endemik Kepulauan Kanari, Keajaiban Hayati di Lautan AtlantikGiant Lizard (wikimedia.org/Juan Emilio)

Kadal raksasa Gran Canaria (Gallotia stehlini) adalah spesies kadal dari keluarga Lacertidae yang ditemukan di Kepulauan Canary. Hewan ini merupakan hewan yang mendiami pulau Gran Canaria, salah satu pulau di Kepulauan Kanari, tetapi telah diperkenalkan hingga ke pulau Fuerteventura.

Melansir dari animalia.bio, kadal raksasa ini tumbuh dengan panjang total (termasuk ekor) hingga 80 sentimeter. Dengan tubuhnya yang panjang, kadal ini menjadi salah satu reptil terbesar dalam keluarga Lacertidae. Spesies kadal ini memiliki warna tubuh yang bervariasi dari cokelat hingga abu-abu.

2. Canary Islands chiffchaff

5 Hewan Endemik Kepulauan Kanari, Keajaiban Hayati di Lautan AtlantikCanary Islands chiffchaff (wikimedia.org/Juan Emilio)

Canary Islands chiffchaff (Phylloscopus canariensis) merupakan spesies burung pengicau endemik dari Kepulauan Canary, Spanyol. Burung ini merupakan spesies lengkap dengan suara, morfologi, dan biologi molekulernya sendiri.

Melansir dari laman animalia.bio, Canary Islands chiffchaff mirip dengan chiffchaff biasa dan chiffchaff iberia, tetapi jika dibandingkan dengan chiffchaff biasa, burung ini memiliki paruh yang lebih panjang, sayap lebih pendek, dan ekor yang lebih panjang. Burung ini memiliki warna kuning kecoklatan pada bagian bawahnya dan berwarna coklat yang lebih gelap di bagian atasnya.