5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Olahraga Lari, Pemula Wajib Tahu! 

Biar lari aman, nyaman, dan tentram

Olahraga lari makin digemari oleh banyak orang, tak terkecuali artis, influencer, gubernur, hingga menteri. Bahkan, event lari pun sering diadakan di berbagai kota. Ada yang diadakan oleh perusahaan swasta, pemerintah, hingga universitas.

Tetapi terkadang, beberapa hal penting sering diabaikan sebelum mulai berlari. Akibatnya, performa saat berlari menurun dan cepat lelah, bahkan cedera. Agar dapat optimal dalam berlari, diperlukan beberapa langkah persiapan ini.

1. Melakukan pemanasan

5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Olahraga Lari, Pemula Wajib Tahu! ilustrasi jumping jacks (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Apakah kamu sering melewatkan pemanasan sebelum olahraga? Kalau iya, mulai sekarang coba deh untuk melakukannya. Pemanasan dapat meningkatkan peredaran darah dan fleksibilitas tubuh. Meskipun awalnya sulit bergerak, kalau dilakukan dapat meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas gerakan saat lari.

Alih-alih static stretching, sebaiknya lakukan dynamic stretching untuk mengurangi kemungkinan cedera. Kamu bisa melakukan squat, lunges, butt kicks, jumping jacks, high knees, dan ABC drill. Luangkan 10 menit aja untuk pemanasan.

2. Tidak makan terlalu banyak

5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Olahraga Lari, Pemula Wajib Tahu! ilustrasi cemilan sehat (pexels.com/Foodie Factor)

Makan sebelum olahraga lari sebenarnya tidak terlalu fatal kalau tidak dilakukan. Malahan kalau jarak larimu pendek dan pace-nya pelan, makan tidak terlalu menimbulkan efek yang begitu berarti. Beda halnya kalau kamu lari dengan jarak yang cukup jauh, seperti 5 kilometer lebih, disarankan untuk makan cemilan atau buah dulu biar kuat.

Baiknya makan 1,5—2 jam sebelum lari agar makanan punya waktu untuk dicerna dan diubah jadi energi. Pilih makanan ringan dengan kisaran 200—300 kalori, misalnya roti, yogurt, pisang, atau kurma. Untuk jaga-jaga, kamu bisa bawa energy gel.

Energi didapat dari karbohidrat dan lemak. Namun sangat sulit untuk mengubah energi dari lemak, sehingga dibutuhkan energi tambahan. Untuk itu, mengonsumsi energy gel akan membantumu menambah energi yang hilang.

 

3. Hidrasi tercukupi sebelum mulai lari

5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Olahraga Lari, Pemula Wajib Tahu! ilustrasi wanita minum air putih (unsplash.com/engin akyurt)

Dehidrasi adalah hal yang sering terjadi saat berolahraga. Apalagi kalau kamu olahraga kardio yang membutuhkan oksigen yang cukup banyak untuk memperlancar pembuluh darah. Untuk itu, disarankan agar minum air putih sebelum lari sebanyak 500 mililiter.

Karena tubuh perlu waktu untuk membersihkan kotoran dalam tubuh, disarankan untuk minum air putih 2 jam sebelum lari. Kamu pun tidak perlu menahan buang air yang bikin olahraga terganggu, apalagi kalau di luar ruangan. Jadi lebih nyaman, kan? Untuk jaga-jaga, kamu bisa bawa atau beli air minum saat melewati supermarket.

4. Tidur cukup, hindari begadang

5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Olahraga Lari, Pemula Wajib Tahu! ilustrasi wanita tidur (unsplash.com/Kinga Howard)

Terkadang, kita sering memaksakan diri untuk tetap olahraga meskipun malamnya begadang. Gak jarang, kualitas tidurnya juga kurang berkualitas, alias gak nyenyak. Padahal, tidur yang cukup sangat penting untuk memastikan performa lari maksimal dan menjaga detak jantung tetap stabil.

Sebelum kamu berencana lari keesokan harinya, pastikan kamu menyelesaikan pekerjaanmu sesegera mungkin. Tidur yang berkualitas akan membantu tubuhmu jadi lebih segar dan bertenaga saat lari.

5. Pilih outfit dan aksesoris yang nyaman dan bantu performa lari lebih baik

5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Olahraga Lari, Pemula Wajib Tahu! ilustrasi outfit lari (pexels.com/MART PRODUCTION)

Kalau sudah mendengar outfit, biasanya akan dikorelasikan dengan suka gaya dan kebutuhan konten. Siapa sih yang gak pengen kelihatan bagus kalau difoto? Apalagi barang yang dipakai adalah barand bermerek semua. Gak jarang banyak yang boncos untuk beli outfit lari.

Padahal, kamu gak perlu barang bermerek untuk meningkatkan performa larimu. Yang penting bisa bikin kamu aman dari cedera dan tentunya bikin larimu makin nyaman. Kamu bisa pakai celana legging atau training atau yang menurutmu nyaman, sepatu khusus lari, dan baju yang menyerap keringat dengan baik.

Selain itu,aksesoris juga diperlukan, meskipun itu tidak wajib. Kacamata, topi, running belt, dan earphone membuatmu makin enjoy dan tidak terganggu saat berlari . Apalagi kalau kamu berlari di ruangan terbuka seperti alun-alun dan pinggir jalan, aksesoris tersebut akan membantumu jadi lebih enjoy, fokus, dan gak cepat bosan.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mulai lari, ya, guys. Jangan lupa setelah berlari lakukan pendinginan agar otot tidak tegang dan sakit. Semangat!

Baca Juga: 10 Potret Liburan Marc Marquez yang Seru Abis, Pikiran Rileks

alifiah larasati Photo Community Writer alifiah larasati

find me on Instagram @fiaalarasati_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya