TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadi Tuan Rumah Peparnas 2024, Solo Siap Tak Ada Kendala

Berpengalaman gelar ajang olahraga internasional

Rapat koordinasi persiapan Peparnas 2024 di Balaikota Solo. (Dok/Humas Pemkot Solo)

Intinya Sih...

  • Kota Solo menjadi venue penganti penyelenggara Peparnas 2024, menggantikan Sumatera Utara.
  • Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) diadakan di Solo pada 6-13 Oktober 2024.
  • Sebanyak 14 venue akan digunakan di Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, dan Karanganyar untuk Peparnas 2024.

Surakarta, IDN TImes - Kota Solo ditunjuk sebagai venue penganti penyelenggara Pekan Paralimpiade Nasional atau Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) 2024. Penunjukan Kota Solo sendiri dipilih lantaran sebelumnya Provinsi Sumatera Utara menyatakan diri untuk mundur sebagai tuan rumah karena masalah kesiapan sarana dan prasarana.

Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas), yang sebelumnya dijadwalkan di Medan Provinsi Sumatera Utara, diputuskan untuk pindah ke Solo Jawa Tengah pada tanggal 6 -13 Oktober 2024.

1. Menpora gelar rapat persiapan dengan Gibran

Menpora RI, Dito Ariotedjo. (IDN Times/Larasati Rey)

Menpora RI Dito Ariotedjo mengaku usai mengelar rapat koordinasi dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam rangka persiapan penyelenggarakan Peparnas 2024.

"Alhamdulillah setelah seminggu hasil rapat terbatas bersama bapak presiden di mana awalnya ada permohonan dari Sumatera Utara untuk mundur dari penyelenggaraan Peparnas dan juga sesuai dengan aspirasi dari Rakernas NPC Indonesia yang memohon pemindahan dilakukan di Jawa Tengah," ujarnya usai rapat koordinasi di Balaikota, Jumat (21/6/2024).

Lanjut Dito, pihaknya sudah memutuskan gelaran Perpanas dipindahkan ke Jawa Tengah khususnya Kota Solo yang memiliki fasilitas memadai untuk para penyandang disabilitas.

"Terbanyak venuenya di Surakarta, Boyolali, Sukoharjo dan Karanganyar. Hari ini kita melakukan rapat perdana untuk mempersiapkan semua," ungkapnya.

Baca Juga: Polda Jateng Terjunkan 1.068 Personel Amankan Piala AFF U-16 di Solo 

2. Ada 14 venue olaharaga yang disiapkan

Lebih lanjut, Dito mengatakan dalam perlombaan kali ini akan menggunakan 14 venue yang tersebar di Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, dan Karanganyar. Dito mengatakan jika Kota Solo sudah terbukti sukses menyelenggarakan ASEAN Para Games 2022 dan kegiatan disabilitas lainnya. Sehingga pihaknya yakin Kota Solo juga akan sukses menyelenggarakan Perpanas.

"Alhamdulillah Solo ini sejak 2022 menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Persiapan venue, baik itu dari tempat pertandingan sampai akomodasi hotel sudah siap. Dan ini bisa menyelamatkan Perpanas 2024," jelasnya.

Lebih lanjut, berharap ajang Perpanas ini bisa menjadi event nasional untuk olahraga paling di nikmati yang ke depan ini makin maju.

Berita Terkini Lainnya