Attina Nur Pecahkan Rekornas, Raih Emas Lempar Lembing Putri PON 2024

Atlet Jateng ini berhasil pertahankan juara

Intinya Sih...

  • Atlet Jateng, Atinna Nur Kamila memecahkan rekornas lempar lembing putri dengan jarak 52,56 meter di PON XXI Aceh-Sumut 2024.
  • Medali perak diraih atlet DKI Jakarta Siti Nazirah (50,69m) dan medali perunggu oleh Jesika Pristianti dari Sulawesi Utara (49,28m).
  • Prestasi Atinna mempertahankan gelar lempar lembing putri yang juga diraih pada PON XX 2021 di Papua. Afriyanto Firmansyah juga meraih medali perunggu lompat jauh putra.

Semarang, IDN Times – Atlet Jawa Tengah (Jateng), Atinna Nur Kamila meraih medali emas untuk cabang olahraga atletik di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Jumat (13/9/2024). Prestasi yang diraih Atinna ini sekaligus memecahkan rekor nasional (rekornas) untuk nomor lempar lembing putri.

1. Attina berhasil lempar sejauh 52,55 meter

Attina Nur Pecahkan Rekornas, Raih Emas Lempar Lembing Putri PON 2024Para atlet putri berlaga dalam nomor lomba lari 200 meter di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh - Sumatra Utara, Jumat (13/9/20240. (PB PON Sumut/Hendra 'Broetal' Syamhari)

Attina berhasil melempar sejauh 52,56 meter pada pertandingan cabang olahraga atletik PON XXI 2024 yang diselenggarakan di Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Lemparan atlet putri Jateng tersebut sekaligus memecahkan rekornas lempar lembing atas namanya sendiri sejauh 51,47 meter dan rekor PON sejauh 51,26 meter.

Sedangkan, medali perak untuk nomor lempar lembing PON XXI 2024 diraih atlet DKI Jakarta Siti Nazirah dengan lemparan sejauh 50,69 meter. Kemudian, medali perunggu diraih Jesika Pristianti dari Sulawesi Utara dengan lemparan sejauh 49,28 meter.

Dengan raihan medali emas ini, Attina berhasil mempertahan gelar lempar lembing putri yang juga diraih pada PON XX 2021 di Papua.

Baca Juga: Kontingen PON Jateng Jalu Aji Sabet Emas dari Cabor Muaythai 

2. Cabor atletik juga raih medali perunggu

Attina Nur Pecahkan Rekornas, Raih Emas Lempar Lembing Putri PON 2024Tim Para Atletik Indonesia, berlatih untuk Paralimpiade 2024 Paris (dok.Bidang Media dan Humas NPC Indonesia)

Nomor lempar lembing putri diikuti sebanyak 13 atlet dari 11 provinsi, yakni Sumatera Utara, Jawa Barat, Bengkulu, Papua Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Aceh, Jakarta, Papua Barat Daya, Papua Tengah, dan Bangka Belitung.

Selain meraih medali emas di nomor lempar lembing putri, atlet Jateng lainnya, yakni Afriyanto Firmansyah meraih medali perunggu pada nomor lompat jauh putra.

Afriyanto melompat sejauh 7,43 meter, medali emas diraih atlet Nusa Tenggara Barat (NTB), Sapwaturrahman dengan lompatan sejauh 7,69 meter.

3. Awal baik untuk tim Jateng

Attina Nur Pecahkan Rekornas, Raih Emas Lempar Lembing Putri PON 2024Atlet cabor atletik Indonesia, Saptoyogo Purnomo di Paralimliade Paris 2024. (Dok/ Bidang Media dan Humas NPC Indonesia)

Ketua Pengprov PASI Jateng, Dr Rumini mengatakan, hasil medali emas yang diraih Attina dan medali perunggu oleh Afriyanto adalah awal yang baik untuk tim Jateng.

“Medali emas yang diraih Attina sudah sesuai target. Ini awal yang bagus. Masih ada harapan untuk menambah medali emas pada cabang olahraga atletik,” katanya.

Menurut mantan atlet nasional ini, penambahan medali diharapkan dari nomor lempar cakram putra dan putri, serta tolak peluru putra.

Baca Juga: Perolehan Medali Kontingen Jateng di PON Aceh-Sumut, Sabet 25 Emas

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya