Pesepeda Tour de Borobudur Sambangi Pesona Wisata Blora

Gali potensi wisata lewat sport tourism

Semarang, IDN Times - Jelajah wisata dengan bersepeda Tour de Borobudur 2023 mengakhiri etape di Kabupaten Blora. Seperti etape sebelumnya, ratusan pesepeda juga singgah di sejumlah objek wisata dan UMKM hingga mengunjungi Bandara Ngloram Blora. 

1. Kampanyekan keselamatan penerbangan di Bandara Ngloram

Pesepeda Tour de Borobudur Sambangi Pesona Wisata BloraBandara Ngloram Blora. IDN Times/Dok. Pemkab Blora

Pada etape terakhir di Blora, Bank Jateng Tour de Borobudur ini bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada tanggal 17 September. Maka, kali ini Tour de Borobudur turut mengkampanyekan keselamatan penerbangan di Bandara Ngloram yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.

Ketua Pelaksana Bank Jateng Tour de Borobudur 2023, Hendra Dharmanto mengatakan, Trilogy Bank Jateng Tour de Borobudur 2023 diawali dari Tour de Telomoyo yang telah diselenggarakan pada bulan Juli. Selanjutnya, Tour de Borobudur pada bulan Agustus.

"Dan ini berakhir di Blora yang diselenggarakan pada 16-17 September 2023," ujarnya di sela acara, Sabtu (16/7/2023).

Sejak 2016, Tour de Borobudur selalu menyuguhkan cerita menarik. Pada rute yang dilintasi tersebut peserta bisa menikmati sport tourism di berbagai kota di Jateng.

Baca Juga: Libatkan Gen Z, Pesepeda Tour de Borobudur Pakai Jersey Bergambar Topeng

2. Eksplorasi potensi wisata dan UMKM

Pesepeda Tour de Borobudur Sambangi Pesona Wisata BloraPara pesepeda mengikuti ajang sport tourism Tour de Borobudur 2023. (dok. Tour de Borobudur)

"Selalu ada potensi wisata dan UMKM lokal yang bisa di eksplorasi di setiap gelaran," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala UP Bandara Dewadaru, Ariadi menjelaskan, penutupan Trilogy Tour de Borobudur 2023 sekaligus peringatan Hari Perhubungan Nasional ini pihaknya bekerjasama sama dengan SAMBA dan Pemkab Blora untuk menunjang UMKM dan promosi wisata serta Bandara Ngloram.

‘’Kami pilih Bandara Ngloram karena bandara ini sempat mangkrak selama 37 tahun. Kemudian, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaktifkan kembali untuk komersial, serta diresmikan Presiden Jokowi pada akhir 2021,’’ katanya.

Selain itu, pada rangkaian akhir Tour de Borobudur 2023, juga digelar joy flight dari Jogja Flying Club untuk kampanye keselamatan penerbangan di Bandara Ngloram.

3. Dorong pariwisata Jateng tumbuh

Pesepeda Tour de Borobudur Sambangi Pesona Wisata BloraPara pesepeda mengikuti ajang sport tourism Tour de Borobudur 2023. (dok. Tour de Borobudur)

"Setelah momen ini kami menargetkan Bandara Ngloram bisa melayani penerbangan feeder umrah dan mengundang sekolah penerbangan Bali International Flying Academy untuk ke Bandara Ngloram," terang Ariadi.

Sementara itu, ajang sport tourism Bank Jateng Tour de Borobudur ini bisa menjadi ajang promosi potensi wisata dan UMKM di Jateng.

“Ini merupakan salah satu cara kami agar pariwisata Jateng tumbuh. Atlet berbakat juga kami berikan ruang untuk berkompetisi dan Bank Jateng Tour de Borobudur selalu menjadi kesempatan besar bagi Jateng untuk memperkenalkan potensi pariwisata ke dunia dengan konsep sport tourism," kata Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat di etape Tour de Borobudur, Agustus lalu.

Baca Juga: Pornas Korpri 2023, Jateng Siapkan Venue hingga Kenalkan Sport Tourism

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya