Comscore Tracker

Pornas Korpri 2023, Jateng Siapkan Venue hingga Kenalkan Sport Tourism

Ada 10 cabang olahraga yang dipertandingkan 

Semarang, IDN Times - Provinsi Jawa Tengah menjadi tuan rumah perhelatan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri XVI 2023 pada 13–23 Juli mendatang. Sejumlah persiapan dilakukan panitia mulai dari venue pertandingan hingga mengenalkan sport tourism kepada para kontingen.

1. 10 venue pertandingan disiapkan

Pornas Korpri 2023, Jateng Siapkan Venue hingga Kenalkan Sport TourismChief de Meeting (CdM) Meeting Pornas Korpri 2023 di Hotel Ibis Semarang, Senin (15/5/2023). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Pesta olahraga bagi aparatur sipil negara (ASN) dari seluruh di Indonesia itu akan diikuti 38 provinsi serta 86 kementerian dan lembaga.

Pada Pornas Korpri XVI ini sebanyak 10 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan. Adapun, jenis cabor tersebut antara lain, futsal, gate ball, senam korpri, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, basket, bola voli, balap sepeda dan catur.

Cabor yang diperlombakan itu akan digelar di 10 lokasi atau venue antara lain, Gor Jatidiri Semarang, Stadion Tri Lomba Juang, Gedung Gradhika Bhakti Praja, GSG UIN Walisongo, Gor Universitas USM, Gor Satria, Gor Undip, Gor Manunggal Jati, Velodrome Diponegoro IV, dan Gor Sahabat.

Baca Juga: Jokowi Beri Kelonggaran, Para ASN Jateng Minta Perpanjangan Cuti

2. Junjung sportivitas saat pertandingan

Pornas Korpri 2023, Jateng Siapkan Venue hingga Kenalkan Sport TourismAntara Foto/Puspa Perwitasari

Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan ajang Pornas Korpri XVI 2023 di Jateng mulai venue hingga menyambut kontingen. Pihaknya berharap melalui event ini persaudaraan anggota Korpri se-Indonesia semakin meningkat.

"Pornas Korpri ini tidak masalah siapa yang juara, tapi bagaimana persaudaraan teman-teman ASN menjadi kesatuan. Selain itu, bagaimana agar peserta meraih prestasi ini lebih sportif dan jujur," ungkapnya usai membuka Chief de Meeting (CdM) Meeting Pornas Korpri 2023 di Hotel Ibis Semarang, Senin (15/5/2023).

Kali ini sebagai tuan rumah pada Pornas Korpri XVI 2023, Jateng juga akan memperkenalkan sport tourism. Sebab, di provinsi tersebut banyak lokasi sport tourism yang bisa menjadi unggulan.

3. Kenalkan sport tourism di Jateng

Pornas Korpri 2023, Jateng Siapkan Venue hingga Kenalkan Sport TourismPara pelari mengikuti gelaran Borobudur Marathon 2022 di Kabupaten Magelang, Minggu (13/11/2022). (dok. Borobudur Marathon)

"Kami juga akan perkenalkan sport tourism. Jateng banyak lokasinya seperti jika bersepeda dari Semarang ke Kopeng banyak pemandangan bagus. Kalau ke Timur Jepara pemandangan pantai bagus bagus," jelasnya.

Terkait informasi Pornas Korpri XVI 2023, peserta bisa mengakses portal www.pornaskorprijtg2023.com.

Sementara, Ketua DP Korpri Nasional, Asrorun Ni’am Sholeh menyampaikan, pihaknya tinggal membahas persiapan teknis dari perhelatan olahraga tersebut. Ia juga mengapresiasi persiapan yang dilakukan Provinsi Jateng sebagai tuan rumah Pornas Korpri XVI 2023.

"Kita tinggal mematangkan aturan main yang harus dipatuhi oleh seluruh kontingen. Dari 10 cabang olahraga ada ketentuan-ketentuan spesifik yang menjadi pedoman kontingen nanti," tandasnya.

Baca Juga: 4.552 Pelari Pesta di Borobudur Marathon, Bangkitkan Wisata Olahraga

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya