MXGP of Asia 2019 Digelar di Semarang, Dua Juara Dunia Turut Melumpur

Ikut disumbang APBD Kota Semarang

Semarang, IDN Times - Kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) 2019 akan digelar di Indonesia, di dua kota. Yaitu di Palembang untuk MXGP of Indonesia dan di Semarang untuk MXGP of Asia.

MXGP of Asia 2019 di Semarang akan berlangsung 12 hingga 14 Juli 2019, dengan trek sirkuit di kawasan Bukit Semarang Baru (BSB) City, Mijen.

1. Pembalap dari 18 negara bersaing

MXGP of Asia 2019 Digelar di Semarang, Dua Juara Dunia Turut Melumpurmxgp.com

Sebanyak 41 pembalap dari 18 negara akan bersaing menjadi yang terbaik pada ajang yang berlangsung selama tiga hari itu. Dua pembalap dunia akan ikut melumpur, di antaranya Jorge Prado Garcia dan Jeffrey Herlings.

Mereka akan bersaing menaklukkan trek BSB City Mijen yang terkenal angker bagi para pembalap.

"Hanya ada di trek Semarang (BSB City Mijen, red) pembalap bisa jumping miring. Karena mempunyai handicap tersendiri. Tahun sebelumnya banyak pembalap yang jatuh," kata Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Sadikin Aksa, usai launching event MXGP 2019 di Balaikota Semarang, Kamis (4/7).

Baca Juga: Dua Hari Jelang MXGP 2019, PKL Disepanjang Jakabaring Ditertibkan

2. Transfer pengetahuan pembalap Indonesia

MXGP of Asia 2019 Digelar di Semarang, Dua Juara Dunia Turut Melumpurmxgp.com

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyatakan kesiapannya untuk menggelar kejuaraan tersebut. Ratusan ribu penonton diperkirakan akan memadati sirkuit BSB Mijen saat berlangsungnya kegiatan. Baik dari dalam maupun luar kota Semarang, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Dengan kondisi tersebut, perekonomian dan pariwisata di Semarang semakin tumbuh dan berkembang.

"Dengan kapasitas sirkuit BSB Mijen mencapai 50 ribu orang. Diperkirakan lebih dari 100 ribu orang akan menonton kejuaraan itu," ujar Hendi, sapaan Hendrar Prihadi.

Adanya kejuaraan ini, imbuh Hendi, bisa dimanfaatkan bagi para atlet muda untuk transfer pengetahuan dari para pembalap dunia yang sedang berlaga.

3. Disumbang ABPD Kota Semarang

MXGP of Asia 2019 Digelar di Semarang, Dua Juara Dunia Turut MelumpurIDN Times/Dhana Kencana

Kota Semarang mengucurkan anggaran Rp26 miliar untuk MXGP 2019. Biaya tersebut berasal dari APBD tahun 2019. Namun, kali ini semua dari hasil sponsor dan tiket akan masuk ke kas daerah.

"Perkiraan untuk tiket sampai Rp5-6 miliar. Untuk sponsor Rp3-4 miliar. Jadi ada sekitar Rp10 miliar akan kembali ke kasda (red: kas daerah)," aku Hendi.

Sementara itu, pada gelaran MXGP 2018, Semarang dinobatkan sebagai kota promosi terbaik di dunia selama penyelenggaraan. Semarang juga menjadi kota dengan trek yang diminati oleh para pembalap dunia.

Baca Juga: Perdana Tampil di MXGP, One Six Eight Inginkan Target Juara

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya