4 Wonderkid Brasil yang Digaet Klub Top Eropa pada Musim Dingin 2024

Dua di antaranya ke PSG

Negara Brasil merupakan gudangnya pesepak bola berbakat. Ungkapan tersebut sudah tak diragukan lagi.

Pemain Brasil selalu menjadi buruan klub-klub top Eropa setiap bursa transfer dibuka. Bukan hanya pemain bintang, tetapi juga pemain yang masih muda atau sering disebut wonderkid.

Pada bursa transfer musim dingin 2024, ada empat wonderkid Brasil yang direkrut oleh klub top Eropa. Dua di antaranya bahkan bergabung ke klub yang sama. Lantas, siapa sajakah keempat wonderkid itu?

Baca Juga: 10 Fakta Rico Lewis, Wonderkid Manchester City yang 'Mendepak' Cancelo

1. Marcos Leonardo langsung tampil tajam meski baru direkrut Benfica

4 Wonderkid Brasil yang Digaet Klub Top Eropa pada Musim Dingin 2024Marcos Leonardo saat diperkenalkan Benfica. (slbenfica.pt)

Marcos Leonardo memiliki nasib yang cukup beruntung. Setelah timnya, Santos, turun kasta dari Serie A Brasil, Leonardo justru mengalami peningkatan karier.

Ia diboyong oleh klub top Portugal, Benfica, pada musim dingin 2024. Pemain yang bertugas sebagai striker itu dibeli dengan biaya 18 juta euro atau sekitar Rp309 miliar.

Leonardo salah satu dari sekian banyak pemain Brasil dengan prospek menjanjikan. Usianya baru 20 tahun, tetapi punya naluri mencetak gol yang tinggi.

Hal itu bukanlah isapan jempol belaka. Meski baru bergabung dengan Benfica, Leonardo sudah mencetak 2 gol dari 3 pertandingan yang dilakoni. Dirinya seakan menolak adaptasi. 

2. Barcelona rela merogoh kocek dalam demi dapatkan Vitor Roque

4 Wonderkid Brasil yang Digaet Klub Top Eropa pada Musim Dingin 2024Vitor Roque (tengah) saat diperkenalkan Barcelona. (fcbarcelona.com)

Kali ini juga wonderkid Brasil yang berposisi sebagai seorang striker. Namanya adalah Vitor Roque. Pada musim dingin 2024, Roque bergabung ke salah satu klub terbaik Spanyol, bahkan dunia, Barcelona.

Tak tanggung-tanggung, Blaugrana rela merogoh kocek sebesar 45 juta euro atau sekitar Rp772 miliar demi menebusnya dari Athletico Paranaense.

Biaya transfernya sangat fantastis untuk pemain yang baru berusia 18 tahun. Namun, hal itu dinilai sebanding dengan potensi besar yang dimiliki. Roque bisa berkembang menjadi pemain bintang asalkan bisa mengasah kemampuannya dengan baik.

Meski begitu, Roque masih kesulitan semenjak berseragam Barcelona. Ia belum mencetak gol dari empat pertandingan yang dijalani sebagai pemain pengganti.

Kondisi itu diperparah lantaran Roque harus bersaing dengan salah satu striker terbaik di dunia, Robert Lewandowski. Roque perlu bekerja lebih keras agar mendapat kesempatan tampil lebih banyak dan bisa segera mencetak gol.

3. Lucas Beraldo menambah opsi bagi lini belakang PSG

4 Wonderkid Brasil yang Digaet Klub Top Eropa pada Musim Dingin 2024Lucas Beraldo saat diperkenalkan PSG. (instagram.com/lberaldo_)

Lucas Beraldo merupakan wonderkid Brasil yang bermain sebagai bek tengah. Usia sang pemain baru genap 20 tahun.

Tampil impresif bersama Sao Paulo di Serie A Brasil, Beraldo berhasil memikat klub kaya raya Prancis, Paris Saint-Germain. Tanpa pikir panjang, PSG langsung merekrutnya pada musim dingin 2024 dengan biaya 20 juta euro atau sekitar Rp343 miliar. 

Adaptasi Beraldo diprediksi bakal berjalan lebih mudah. Sebab, ada bek senior Brasil, Marquinhos, yang juga membela PSG.

Marquinhos tentu bisa berbagi pengalaman kepada Beraldo. Sejauh ini, Beraldo belum terlalu dipercaya untuk tampil.

Ia baru mencatat tiga laga, itu pun bukan di kompetisi Ligue 1. Kondisi tersebut terbilang wajar mengingat jantung pertahanan Les Parisiens diisi oleh bek berkualitas dengan jam terbang tinggi.

4. Gabriel Moscardo dipinjamkan lebih dulu ke Corinthians usai direkrut PSG

4 Wonderkid Brasil yang Digaet Klub Top Eropa pada Musim Dingin 2024Gabriel Moscardo saat diperkenalkan PSG. (en.psg.fr)

Lucas Beraldo bukan satu-satunya wonderkid Brasil yang direkrut Paris Saint-Germain pada musim dingin 2024. Les Parisiens juga merekrut gelandang berbakat Corinthians, Gabriel Moscardo.

Biaya transfernya menyentuh angka 20 juta euro atau sekitar Rp343 miliar. Akan tetapi, pemain 18 tahun itu masih akan berseragam Corinthians selama setengah musim lantaran dipinjamkan PSG.

Langkah tersebut diambil PSG agar Moscardo mendapat menit bermain yang cukup sehingga kemampuannya semakin matang. Ia dinilai akan kesulitan apabila langsung bergabung dengan PSG. Sebab, lini tengah Les Parisiens sudah cukup komplet dan punya persaingan yang ketat.

Para wonderkid Brasil memang punya daya tarik tersendiri. Bahkan, sejumlah klub top Eropa rela merekrut mereka meski harus mengeluarkan uang yang tak sedikit.

Baca Juga: 6 Wonderkid yang Siap Curi Perhatian di Piala Dunia Qatar 2022

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Community Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Berusaha menjadi lebih baik, tanpa merasa lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya