Solo Dipilih Jadi Lokasi Balap Sepeda Jalan Raya, Tempuh Jarak 123 KM

Digelar untuk kedua kalinya

Surakarta, IDN Times - Lomba balap sepeda jalan raya yakni Jelajah Cycling Series (JCS) tahun 2023 kembali digelar yang kedua kalinya. Tahun ini lomba Jelajah Sport dipusatkan di Kota Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Jadwal KRL Solo-Jogja Terbaru Dari Solo Balapan ke Stasiun Tugu

1. Balap sepeda berhadiah ratusan juta rupiah

Solo Dipilih Jadi Lokasi Balap Sepeda Jalan Raya, Tempuh Jarak 123 KMJumpa pers Jelajah Cycling Series di Solo. (Dok/Istimewa)

Ketua Panitia, Jannes Eudes Wawa mengatakan lomba balap sepeda tersebut akan digelar pada Sabtu (9/9/2023). Dan akan menempuh jarak sekitar 123,5 kilometer dengan diikuti sedikitnya 290 pembalap dari 129 komunitas atau klub sepeda.

"Rute yang akan dilalui nantinya akan dimulai dari Colomadu, dan finis di Sakura Hills, Comoro Kandang, kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar dengan Rute lomba melewati Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Karanganyar," katanya Jumat (8/9/2023).

Sebelumnya, JCS digelar pada Maret lalu di Minangkabau dengan jarak tempuh mencapai 126 kilometer dengan diikuti 228 pembalap dari 81 komunitas dan klub dengan 8 kategori yang diperlombakan. Total hadiah Rp 512 juta.

2. Kategori lomba untuk para pesepeda elit

Solo Dipilih Jadi Lokasi Balap Sepeda Jalan Raya, Tempuh Jarak 123 KMIlustrasi lomba balap sepeda 2020. Dok IDN Times

Jannes mengatakan dalam lomba JCS ini, ada 10 kategori yang dilombahkan yakni Men Elite 19 tahun ke atas, Junior (17-18 tahun), Men Open (19-29 tahun), Men Youth (15-16 tahun), Master A (30-39 tahun), Master B (40-49 tahun), Master C (50-59 tahun), Master D (60 tahun ke atas), Women Elite (19 tahun) dan Women Master (30 tahun ke atas).

"Kategori elit dikhususkan bagi atlet profesional. Sedangkan, master untuk penggila sepeda balap dan mantan atlet balap sepeda," jelasnya.

"Para peserta nantinya akan memperebutkan total hadiah senilai Rp616 juta dari 10 kategori yang dilombakan tersebut," imbuhnya.

3. Alasan pemilihan Kota Solo

Solo Dipilih Jadi Lokasi Balap Sepeda Jalan Raya, Tempuh Jarak 123 KMwebsite

Kota Solo sengaja dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan, lantaran Solo merupakan salah satu pusat kebudayaan Jawa.

"Ada Keraton Surakarta Hadiningrat dan Pura Mangkunegaraan Surakarta sebagai simbol kebudayaan sekaligus pusat pengembangan seni dan budaya Jawa. Tradisi-tradisi Jawa itu tetap hidup, terjaga dan lestari," kata Jannes.

Selain itu, di wilayah Kota Solo terdapat juga wilayah di sekitarnya seperti Karanganyar, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, dan Kabupaten Boyolali memiliki begitu banyak obyek wisata diantaranya yakni kampung batik, pabrik gula Tjolomadu, dan panorama alam serta kesejukan Gunung Lawu.

"Itu sebabnya, Solo dipilih sebagai tempat penyelenggaraan JCS seri kedua tahun 2023 ini sebagai bagian dari memadukan olahraga dan pariwisata sekaligus sebagai ajang mencari bibit yang terbaik dalam melahirkan atlet yang kelak mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Aksesoris Sepeda Terbaik di Tahun 2023, Multifungsi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya