5 Rekomendasi Sepatu Lari Berkualitas, Brand Lokal Indonesia Gak Kalah

Rekomendasi sepatu kuat, nyaman, dan ringan

Apakah kamu gemar berlari? Lari merupakan olahraga pilihan banyak orang. Selain karena mudah, lari juga memerlukan banyak peralatan khusus.

Seperti hal nya dalam memilih perlengkapan yang sangat esensial yaitu sepatu, memilih sepatu yang terbaik dan berkualitas menjadi hal yang sangat penting.

Namun, kamu tak bolah asal dalam memilih sepatu yang tepat untuk lari. Dengan sepatu yang tepat, maka aktivitas lari mu akan jauh lebih menyenangkan.

Pastikan dirimu memilih brand sepatu yang terpercaya dan berkualitas, agar ketika kita berlari kaki merasa lebih nyaman tanpa harus khawatir terjadi lecet. Sebelum mengetahui brand sepatu terbaik dan berkualitas, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Ketahui  warna kegemaranmu, ini akan membantu kamu memilih brand mana yang cocok denganmu.
  • Perhatikan kamu termasuk kelompok yang mana, apakah pelari jarak jauh atau hanya menyukai
  • olahraga lari.
  • Jangan memaksakan budgetmu untuk membeli sepatu yang mahal, tetapi apa kelebihan apa yang ada dalam sepatu tersebut.
  • Lihat jumlah peminat brand sepatu tersebut, apakah banyak atau sedikit.
  • Usahakan pilih sepatu yang nyaman dan ramah dikantongmu.

Bila beberapa hal di atas ini kamu sudah ketahui, maka dalam memilih rekomendasi brand sepatu lari yang terbaik dan berkualitas dapat kamu lakukan dengan mudah. 

Berikut 5 rekomendasi brand sepatu lari yang terbaik dan berkualitas.

Baca Juga: 5 Tips Berlari Malam Hari Buat Pemula, Jangan Asal Lari Doang!

1. Nike

5 Rekomendasi Sepatu Lari Berkualitas, Brand Lokal Indonesia Gak KalahAlltricks

Nike menjadi salah satu sepatu running yang terbaik dikalangan para runners, banyak pelari top dunia memakai sepatu Nike seperti Eliud Kipchoge yang baru kemarin memenangi Berlin Marathon 2022.

Selain itu, sepatu Nike diklaim sebagai sepatu yang friendly bagi semua usia, baik pria atau wanita punya kesempatan untuk mencoba memakainya. Sepatu Nike juga memanjakan mata semua orang karena inovasinya yang setiap tahun selalu menghadirkan sentuhan baru.

Hal ini dibuktikan dengan beragamnya pilihan model sepatu serta teknologi buatan Nike. Ada pula sepatu running model terbaru dengan beragam teknologi canggih.Teknologi pada sepatu lari Nike ini terletak di bantalan dan upper-nya.

Dari sisi bantalan, ada berbagai teknologi yang digunakan Nike, seperti Air Max, Zoom Air, Free, dan lainnya. Untuk upper-nya, ada teknologi Flyknit, Flymesh, dan Flywire.

Rekomendasi jenis sepatu Nike yang cocok buat kamu sebagai pelari pemula atau menengah yaitu Nike Pagasus 39 yang memiliki berat 254 gram dan sudah menggunakan engineering mesh pada sepatu nya.

Nike Pagasus 39 memiliki tekstur lapisan sepatu lumayan tebal dan uppernya nyaman. Pada sepatu ini juga terdapat teknologi Flywire yang berguna untuk mencegah kaki agar tidak tergelincir saat pemakai sedang berjalan karena penguncian yang tepat dan menahan kaki supaya tetap pada tempat yang seharusnya.

Sepatu Nike Pagasus 39 memiliki banyak varian warna, namun warna merah paling disukai para runnners. Sepatu ini juga memiliki outsolenya desain baru dengan traksi yang lebih bagus. Sepatu Nike Pagasus 39 dapat digunakan untuk semua kegiatan, jadi sangat recommended sekali buat kamu yang suka dengan olahraga lari. 
 

2. Adidas

5 Rekomendasi Sepatu Lari Berkualitas, Brand Lokal Indonesia Gak Kalahnews.adidas,com

Rekomendasi selanjutnya jatuh pada sepatu lari dari brand Adidas. Adidas menjadi salah satu brand sepatu yang paling laris dipasaran, karena pada desainnya yang mengutamakan kenyamanan pengguna.

Tak ayal Adidas sudah memiliki tempat di hati para runners, mereka selalu punya ide untuk memperbaiki desain agar tetap memiliki kesan yang original. Teknologi yang ada pada sepatu ini seperti 'BOOST' sangat menjadi ciri khas asli dari brand Adidas, Inovasi ‘BOOST’ kini semakin dicari, karena memiliki beberapa keunggulan dibanding EVA (teknologi yang digunakan oleh mayoritas sepatu olahraga khususnya lari).

EVA memang fleksibel dan ringan, tapi ‘BOOST’ dibuat lebih fleksibel, lebih ringan, dan memiliki bantalan lebih besar serta daya tahan lebih tinggi. Selain itu, ‘BOOST’ juga dibuat lebih responsif.

Jadi rekomendasi sepatu lari dari brand Adidas yang pas buat kamu yaitu sepatu yang di rilis pada tahun 2021, sebab banyak pelari yang puas dengan kualitas dari sepatu ini. Terutama dari bahan bantalan sepatu yang kuat, ringan, dan nyaman.

Adidas Ultraboost 2021 yang memiliki berat 342 gram ini bisa digunakan dalam semua aktivitas lari, mulai dari lari jarak pendek hingga lari jarak panjang. Sepatu ini mempunyai kesan nyaman, rebound powerful dari cushionnya, dibalut dengan gaya yang estetik dan kekinian.

Bahkan untuk dikenakan saat kamu nggak lagi berolahraga pun Ultraboost 21 bakal tetap kece. Sistem Boost yang dihadirkan menjadikan tipe ini sebagai salah satu sepatu Adidas yang paling empuk. Kesan warna putih yang ditawarkan membuat sepatu ini terkesan mewah dan elegan bagi para runners.

3. 910 Haze Vision

5 Rekomendasi Sepatu Lari Berkualitas, Brand Lokal Indonesia Gak KalahIlustrasi sepatu jogging (instagram/arfsport.id)

Brand asal Bandung ini memang sudah cukup populer di kalangan runners. Brand lokal yang langsung didesain oleh anak muda dari Indonesia ini patut di apresiasi, sebab di dalamnya terdapat dua pengabungan mulai dari kesan modern dan lokal ada pada sepatu ini.

Haze Vision merupakan salah satu sepatu daily runners yang menggunakan teknologi upper baru dimana pada sepatu ini mencoba menggabungkan 3 teknologi 910 dalam satu upper namun dengan jahitan yang sangat minim.

3 Teknologi ini adalah HyperWeb, Teknologi Atas Pelindung & Seamlock. Ini dapat membuat sepatu lebih nyaman dan lebih ringan. Sepatu lari 910 Haze Vision cocok untuk kamu yang suka lari jarak jauh karena desainnya dibuat untuk pelari marathon. Brand ini bahkan telah bekerjasama dengan beberapa sosialita, termasuk Menparekraf Sandiaga Uno.

Rekomendasi model terlaris dari sepatu 910 Haze Vision yaitu berwarna Abu Muda/Biru/Kuning. Sol luar terbuat dari karet padat untuk memaksimalkan kenyamanan.

Bahan sol EVA yang sangat lembut dan ringan dengan kompon karet juga lebih tahan lama dan menawarkan pengalaman berjalan yang lebih nyaman. Material utama uppernya terbuat dari kain polyester mesh yang dibuat dengan berbagai corak, memiliki karakter ringan dan kuat, tingkat kekenyalan dapat diatur, sehingga sepatu memiliki sirkulasi udara yang baik saat digunakan.

Sepatu dari Haze Vision dibandrol dengan harga yang cukup relatif murah. Jadi cocok buat kamu yang lagi mencari sepatu dengan harga murah tapi tetap mengutamakan kualitas.

4. Hoka 

5 Rekomendasi Sepatu Lari Berkualitas, Brand Lokal Indonesia Gak Kalahwww.hokaoneone.com

Hoka One One adalah perusahaan manufaktur Prancis yang mendesain sepatu untuk pelari jarak jauh. Didirikan pada tahun 2010, Hoka One One berakar di pegunungan. Dan itulah mengapa sepatu ini dirancang untuk atlet agar dapat berlari lebih cepat, lebih aman, dan lebih jauh naik turun bukit.

Hasilnya adalah rangkaian sepatu lari lintas alam dan jalanan yang membuat kaki Anda terasa ringan saat berlari. Hoka One One sendiri berasal dari istilah Maori yang berarti "terbang di atas bumi".

Hoka One One saat ini dimiliki oleh perusahaan sepatu Amerika Deckers Outdoor. Hoka One One sering dikreditkan sebagai pelopor alas kaki maksimalis. Dari segi istilah, bentuknya “maksimal”, alias kental. 

Rekomendasi dari sepatu Hoka One One yang cocok buat kamu yang baru mulai kebiasaan lari yaitu Hoka Clifton 8, karena menawarkan kinerja yang sangat serbaguna dan kenyamanan tanpa batas.

Midsole Seri Clifton 8 ringan, empuk, dan responsif di setiap langkah. Sensasi lembut yang Anda rasakan setiap kali berlari memanjakan kaki Anda lebih lama dari sebelumnya. Sepatu Hoka Clifton 8 sangat direkomendasikan untuk kaki lebar.

Sepatu lari ini memiliki bantalan yang nyaman untuk berlari. Selain itu, Hoka Clifton 8 tersedia dalam beberapa pilihan warna yang menarik. Bagian atas sepatu ini memiliki bahan mesh yang dapat bernapas agar kaki Anda tetap sejuk dan kering saat berlari.

5. Specs

5 Rekomendasi Sepatu Lari Berkualitas, Brand Lokal Indonesia Gak KalahBukalapak

Specs secara bertahap berkembang menjadi merek olahraga lokal dengan kualitas global. Merek ini sering dipuji karena produk sepak bola dan larinya. Pada tahun 2004, Specs berani mensponsori tim profesional Persikota Tangerang.

Di tahun yang sama, Specs membuka toko pertamanya di Pasar Raya Grande dan toko andalannya di Mal Blok M. Tidak lama kemudian Specs menjadi perbincangan di kalangan anak muda yang lebih menyukai olahraga yang paling menyita perhatian, yakni sepak bola, berkat aksi heroik Persipura Jayapura pada 2005 saat menjuarai Piala Liga Indonesia.

Di sisi lain, Specs juga memperluas distribusinya ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura di tahun yang sama.

Suatu kebangaan produk asli Indonesia dapat bersaing dengan produk dari negara lain, hal ini patut kita dukung agar produk-produk lokal hasil karya anak bangsa terus maju dan memiliki daya saing dipasar global.

Rekomendasi dari brand sepatu lari Specs sendiri yang cocok buat kamu yaitu Dawnbreaker Specs 2021 dengan varian warna blue navy. Memiliki berat 261 gram membuat sepatu ini terasa ringan saat digunakan lari santai, kemudian pada sisi uppernya sangat nyaman dan kuat.

Bahan yang digunakan berbeda daripada sepatu lari pada umumnya yaitu lebih lembut, heel counter cukup keras dan mencengkram cukup baik.

Namun pada mitsolnya cukup pendek (tipis) dibanding sepatu lari lainnya, kurang cocok untuk kamu bila dipakai  long run. Tapi tenang saja, sepatu ini sangat recommended buat kamu sebagai pelari pemula.

Baca Juga: 10 Harga Sepatu Brand Hermes ala Artis Indonesia, Ada Idola Kamu Nih

Wayan Putra Irawan Photo Community Writer Wayan Putra Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya