5 Pemain Top yang Dilepas Manchester City Secara Gratis ke Klub Lain

Pemain top kok dilepas gratisan

Manchester City merupakan salah satu klub top yang berkompetisi di kasta teratas Liga Inggris. Klub berjuluk The Citizens ini mulai mendominasi di Liga Domestik dalam sedekade terakhir. Tak heran jika banyak pemain bintang yang memperkuat Manchester City.

Walau kerap mendatangkan sejumlah pemain top setiap tahunnya. Ternyata, tak sedikit juga yang pernah dilepas The Citizens ke klub lain secara gratis. Berikut 5 pemain top yang dilepas Manchester City secara gratis ke klub lain.

Baca Juga: 5 Pemain Muslim di Manchester United dan Manchester City

1. Vincent Kompany

5 Pemain Top yang Dilepas Manchester City Secara Gratis ke Klub LainVincent Kompany (skysports.com)

Vincent Kompany bisa dikatakan sebagai salah satu pemain yang memiliki peran penting atas peningkatan performa City dalam sedekade terakhir. Pemain asal Belgia ini telah memperkuat Manchester City sejak 2008 silam. Ia diboyong dari klub Jerman, Hamburger.

Kompany menghabiskan waktu selama 11 musim lamanya bersama Manchester City (2008-2019). Ia juga menjabat sebagai kapten tim Manchester City.

Selama membela Man City, ia banyak merengkuh sejumlah titel bergengsi. Pada 2019, Kompany dilepas ke klub Belgia, Anderlecht, secara gratis.

2. Claudio Bravo

5 Pemain Top yang Dilepas Manchester City Secara Gratis ke Klub LainClaudio Bravo (sportingnews.com)

Claudio Bravo merupakan penjaga gawang asal Chile yang pernah memperkuat Manchester City sejak 2016 lalu. Sang pemain didatangkan ke Etihad Stadium dari klub Spanyol, Barcelona.

Selama berseragam Manchester City, Bravo mencatatkan 61 penampilan dan menorehkan 20 clean sheet. Pada 2020, Wiily hengkang ke Real Betis dengan status bebas transfer. The Citizens tidak memperpanjang kontraknya lantaran usianya yang makin menua.

3. Pablo Zabaleta

5 Pemain Top yang Dilepas Manchester City Secara Gratis ke Klub LainPablo Zabaleta (skysports.com)

Pablo Zabaleta didatangkan Manchester City pada musim yang sama dengan Vincent Kompany, yakni musim panas 2008.

Sang pemain direkrut dengan harga 9 juta euro atau senilai dengan Rp151 miliar. Berposisi sebagai bek kanan, ia mampu menjadi andalan The Citizens.

Zabaleta bersinar bersama Manchester City. Ia sukses mencatatkan 12 gol dan 27 assist serta meraih sejumlah gelar bergengsi. Namun, kebersamaannya bersama Manchester City berakhir pada 2017 lalu. Ia dilepas secara gratis ke West Ham.

4. David Silva

5 Pemain Top yang Dilepas Manchester City Secara Gratis ke Klub LainDavid Silva (skysports.com)

David Silva merupakan pemain tengah andalan Manchester City selama 2010 hingga 2020. Pemain asal Spanyol ini diboyong Manchester City dengan mahar 30 juta euro atau setara dengan Rp459 miliar. Bersama City, SIlva berhasil mencetak 77 gol dan 140 assist dalam 436 pertandingan.

Silva berhasil tampil konsisten bersama Manchester City. Ia juga meraih benyak trofi bersama Manchester City termasuk 4 gelar Premier League.

Sayang, kontrak Silva bersama Manchester City berakhir dan dilepas secara gratis pada 2020 ke Real Sociedad. 

5. Sergio Aguero

5 Pemain Top yang Dilepas Manchester City Secara Gratis ke Klub LainSergio Aguero (skysports.com)

Sergio Aguero bak seorang legenda di Manchester City. Pemain asal Argentina ini memiliki kontribusi besar terhadap The Citizens.

Namanya selalu masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak City setiap tahunnya. Bahkan, Aguero menjadi top sepanjang masa City dengan torehan 260 gol dalam 390 laga.

Namun, pada bursa transfer musim panas lalu, Aguero dilepas secara gratis ke Barcelona. Aguero memutusukan untuk tidak memperpanjang kontraknya bersama Manchester City. Kini, ia telah memutuskan untuk pensiun pada November 2021 lalu karena masalah kesehatan yang ia alami.

Kelima pemain diatas bisa dikatakan memiliki peran besar atas keberhasilan Manchester City meraih trofi. Banyak yang menyayangkan mereka harus dilepas Manchester City secara gratis.

Baca Juga: 5 Kemenangan Terbesar Manchester City di Derbi Manchester pada Abad 21

Ainur Rizki Photo Community Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya