Timnas U-23 Lolos AFC Qatar, Canda Jokowi Hadiah Ulang Tahun Pak Erick

Timnas Indonesia mencetak sejarah baru.

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo disampingi Ibu Negara Iriana menyaksikan langsung laga Timnas U-23 Indonesia vs Timnas U-23 Turkmenistan di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023) malam.

Presiden Jokowi juga mengajak cucunya Jan Ethes Srinarendra dan Kaesang Pangarep. Mereka duduk di tribun VVIP Stadion Manahan.

Baca Juga: STY Latih Timnas U-23, Indra Sjafri Pindah ke Timnas U-20

1. Canda Jokowi ke Erick Thohir.

Timnas U-23 Lolos AFC Qatar, Canda Jokowi Hadiah Ulang Tahun Pak ErickPresiden Jokowi usai melihat kualifikasi AFC U-23 di Stadion Manahan, Solo. (IDN Times)

Selama pertandingan Jokowi tampak antusias menyaksikan laga penentu tersebut. Usai pertandingan Jokowi sempat melontarkan candaan jika kemenangan 0-2 Timnas U-23 Indonesia atas Turkmenistan sebagai hadiah ulang tahun Ketum PSSI Erick Thohir. Namun, sebenarnya Menteri BUMN itu memiliki tanggal lahir pada 30 Mei 1970.

"Saya kira ini hadiah ulang tahunnya pak Erick," ucap Jokowi disambut tawa Erick dan sejumlah pengurus PSSI lainnya," canda Jokowi usai menonton laga Kualifikasi Piala Asia di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023) malam.

Jokowi besrrta Ibu Negara menyaksikan laga secara keseluruhan selama 2x45 menit. Jokowi menilai permainan timnas U-23 asuhan Shin Tae-Yong sangat baik.

"Saya kira tadi kita melihat semua lini saling mendukung dengan baik. Depan baik, tengahnya baik, belakang baik. Ya itu yang saya lihat kerjasama sudah saling mengerti," jelasnya.

2. Mencetak sejarah baru.

Timnas U-23 Lolos AFC Qatar, Canda Jokowi Hadiah Ulang Tahun Pak ErickTimnas Indonesia vs Turkmenistan di kualifikasi AFC U-23 di Stadion Manahan. (Dok/AFC U-23)

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan kemenangan 0-2 atas Turkmenistan merupakan kebanggaan bagi rakyat Indonesia.

Terlebih sejak tahun 2012 timnas belum pernah mengalahkan Turkmenistan, manurutnya dengan kemenangan ini, Indonesia lolos untuk pertama kalinya ke putaran final Piala Asia 2024 di Qatar.

"Laganya saya lihat sangat keras, saling menyerang. Dan sudah kita ketahui hasilnya 2-0. Ini sejarah. Karena sejak 2012 kita tidak pernah menang melawan Turkmenistan," ungkapnya.

3. Jokowi kaget gol pertama Timnas dianulir wasit.

Timnas U-23 Lolos AFC Qatar, Canda Jokowi Hadiah Ulang Tahun Pak ErickTimnas Indonesia vs Turkmenistan di kualifikasi AFC U-23 di Stadion Manahan. (IDN Times/Larasati Rey))

Meski pertandingan berlangsung sengit, Jokowi mengaku sempat kaget dengan gol pertama timnas yang dianulir wasit asal Korea Selatan, Kim Daeyong. Kendati demikian, ia bersyukur skuat Garuda Muda tersebut bisa meraih kemenangan dengan dua gol yang diciptakan oleh Ivan Jenner dan Pratama Arhan.

"Ya biasalah dalam bola. Kaget juga ternyata endak (gol) ya. Nggak papa, akhirnya 2-0 dan kita bisa masuk ke Qatar," jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap timnas U-23 akan jauh lebih siap pada putaran final di Qatar, April 2024. Apalagi waktu persiapan masih cukup panjang. Ia juga menilai semua pemain timnas U-23 hari ini bermain baik. Ia pun berpesan agar para pemain bisa menjaga kerjasama yang semakin baik.

"Ini masih panjang sampai April. Harus terus menjaga agar kerjasama semakin baik dan passingnya tidak ada yang salah," pinta Jokowi.

Pertandingan malam ini merupakan lanjutan babak kualifikasi Piala Asia U-23 setelah Sabtu lalu timnas U-23 berhasil mencetak 9 gol tanpa balas saat menjamu Chinese Taipei di Stadion Manahan Solo. Dengan hasil 0-2 ini Indonesia menjadi juara grup K dan secara otomatis lolos ke putaran final di Qatar tahun 2024.

Baca Juga: Ukir Sejarah, Timnas U-23 Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya