5 Pembelian Termahal Liverpool di Bursa Transfer Musim Dingin EPL

Terbaru, ada nama Cody Gakpo

Liverpool sering melakukan transfer pemain pada jeda paruh musim. Bursa transfer musim dingin seakan jadi angin segar bagi The Reds dalam mencari pemain baru untuk memperkuat skuad mereka.

Beberapa pemain ada yang sukses berkarier di Liverpool ketika dibeli pada bursa transfer musim dingin. Selain itu, mereka juga berani mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan pemain incarannya. Terbaru, mereka baru saja merekrut Cody Gakpo dari PSV Eindhoven.

Lalu, siapa saja pemain yang pernah dibeli Liverpool pada bursa transfer musim dingin? Berikut daftar lima pembelian termahal Liverpool pada bursa transfer musim dingin Liga Inggris (English Premier League/ EPL).

1. Virgil van Dijk (84,65 juta euro)

5 Pembelian Termahal Liverpool di Bursa Transfer Musim Dingin EPLVirgil van Dijk (twitter.com/LFC)

Virgil van Dijk didatangkan Liverpool pada bursa transfer musim dingin 2017/2018. The Reds harus mengeluarkan dana sebesar 84,65 juta euro (Rp1,4 triliun) untuk mendatangkan pemain asal Belanda itu dari Southampton ke hadapan publik Anfield.

Transfer van Dijk tersebut masih menjadi rekor pembelian termahal yang pernah dilakukan liverpool hingga saat ini. Kehadiran dirinya sukses menjadi andalan di lini pertahanan dan membantu Liverpool meraih beberapa trofi seperti Premier League dan Liga Champions.

2. Luis Diaz (47 juta euro)

5 Pembelian Termahal Liverpool di Bursa Transfer Musim Dingin EPLLuiz Diaz (twitter.com/LFC)

Penampilan impresif Luis Diaz bersama FC Porto membuat pelatih Jurgen Klopp tertarik untuk mendatangkan pemain asal Kolombia itu. The Reds akhirnya merekrutnya pada bursa transfer musim dingin 2021/2022 dengan harga sebesar 47 juta euro (Rp778 miliar).

Diaz diberi tugas untuk mengisi posisi yang telah ditinggalkan Sadio Mane ke Bayern Munchen. Bersama skuad Liverpool, ia mampu langsung beradaptasi dengan mencetak 10 gol dan 8 assist dari 38 pertandingan yang telah dimainkannya di semua kompetisi.

Baca Juga: 11 Pemain Chelsea yang Main di Piala Dunia 2022 Qatar, Ada Idola Kamu?

3. Cody Gakpo (42 juta euro)

5 Pembelian Termahal Liverpool di Bursa Transfer Musim Dingin EPLCody Gakpo (twitter.com/LFC)

Cody Gakpo baru saja direkrut oleh Liverpool pada bursa transfer musim dingin ini. Gakpo didatangkan dari PSV Eindhoven dengan harga mencapai 42 juta euro (Rp696 miliar). Penampilan apiknya selama di PSV Eindhoven dan Piala Dunia 2022 tentunya menjadi pertimbangan pelatih Jurgen Klopp untuk mendatangkannya.

Transfer Gakpo ke klub yang bermarkas di Anfield Stadium ini agak mengejutkan. Pasalnya, pemain asal Belanda itu sebelumnya lebih sering dikaitkan dengan Manchester United. Kehadiran Gakpo ini tentu akan memperkuat lini serang Liverpool di paruh kedua musim ini.

4. Andy Carroll (41 juta euro)

5 Pembelian Termahal Liverpool di Bursa Transfer Musim Dingin EPLAndy Carroll (uefa.com)

Liverpool mendatangkan Andy Carroll dari Newcastle United pada bursa transfer musim dingin 2010/2011. The Reds menebus Carroll dengan harga cukup tinggi senilai 41 juta euro (Rp679 miliar).

Penampilan Carroll bersama Newcastle di paruh pertama musim itu menjadi salah satu alasan Liverpool merekrutnya. Striker asal Inggris itu mampu mencetak 11 gol dari 19 pertandingan di Premier League.

Namun, Carroll dapat dikatakan gagal ketika berseragam Liverpool. Dirinya kalah bersaing dengan Luis Suarez yang sama-sama didatangkan pada bursa transfer musim itu. Selama di Liverpool, dirinya hanya mampu mencetak 8 gol saja dari 58 pertandingan.

5. Luis Suarez (26,5 juta euro)

5 Pembelian Termahal Liverpool di Bursa Transfer Musim Dingin EPLLuis Suarez (twitter.com/LFC)

Luis Suarez dibeli oleh Liverpool dari Ajax pada bursa transfer musim dingin 2010/2011. Liverpool membeli pemain berkebangsaan Uruguay tersebut dengan harga 26,5 juta euro (Rp439 miliar).

Harga Suarez ini lebih murah jika dibandingkan dengan Andy Carroll yang sama-sama baru didatangkan waktu itu. Kendati demikian, justru Suarez yang mampu menjadi andalan di lini serang Liverpool.

Selama membela The Reds, Suarez telah mencetak 82 gol dan 46 assist dari 133 penampilan di semua kompetisi. Selain itu, ia juga meraih gelar top skor Premier League musim 2013/2014 dengan mencetak 31 gol.

Itu dia lima pembelian pemain termahal Liverpool yang dilakukan saat musim dingin. Semoga, dengan tambahan pemain baru pada musim 2022/2023 penampilan The Reds bisa makin cemerlang.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Cuma Main Sebentar di Old Trafford

Maulidi Photo Community Writer Maulidi

Suka makan yang manis-manis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya