Gravenberch Datang! Cek 4 Pemain Terbaik Liverpool asal Belanda

Siapa saja pemain Belanda paling berkesan di Liverpool?

Setelah merekrut Cody Gakpo pada bursa transfer musim dingin 2022 lalu, pada bursa transfer kali ini, Liverpool kembali menggaet pemain asal negara kincir angin lainnya. Dengan ini, Ryan Gravenberch yang didatangkan dari Bayern Munchen adalah pemain asal Belanda ke-12 yang berseragam Liverpool.

Pemain-pemain asal Belanda yang berkarir di Liverpool memiliki berbagai torehan. Ada yang berhasil hingga layak disebut sebagai legenda, ada juga yang kurang mampu untuk memberikan kontribusi terbaiknya untuk The Reds. Siapa saja mereka yang memiliki perjalanan sukses bersama Liverpool? Ini dia empat terbaik di antaranya.

1. Virgil van Dijk, Kapten Baru Liverpool di Tahun 2023

Gravenberch Datang! Cek 4 Pemain Terbaik Liverpool asal Belandatwitter.com/VirgilvDijk

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa Virgil pantas dinobatkan sebagai salah satu punggawa The Reds terbaik sepanjang masa. Sejak kedatangannya dari Southampton pada Januari 2018 lalu, ia telah membantu Liverpool meraih trofi Liga Inggris pertama mereka dan juga trofi Champions League yang ke-6 pada tahun 2019.

Hingga saat ini, Virgil telah menjadi dinding pertahanan kokoh Liverpool dalam lebih dari 230 laganya. Dalam perjalanan karirnya bersama dengan Si Merah di liga Inggris, Virgil memiliki persentase keberhasilan tekel 67% dan 5,9 rata-rata duel yang ia menangkan tiap laganya.

Pada musim 2023/2024, Virgil dipilih untuk menjadi kapten baru Liverpool setelah kapten sebelumnya Jordan Henderson berlabuh ke Arab Saudi bersama Al-Ettifaq.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Andalan Arsene Wenger saat Melatih Arsenal

3. Georginio Wijnaldum

Gravenberch Datang! Cek 4 Pemain Terbaik Liverpool asal Belandatwitter.com/GWijnaldum

Satu angkatan dengan Virgil van Dijk, Georginio Wijnaldum berlabuh di Merseyside pada tahun 2016 dari Newcastle. Gelandang pekerja keras ini juga menjadi pasukan lini tengah andalan Liverpool dalam menjuarai berbagai kompetisi di bawah naungan Jurgen Klopp.

Dari 237 laga yang dimainkan, Wijnaldum mencatatkan torenhan 22 gol dan 16 assist. Dari semua itu, salah satu momen yang paling dikenang oleh para suporter adalah saat brace-nya bersama dengan Divock Origi saat comeback di leg ke-2 melawan Barcelona. Berkatnya, The Reds berhasil melaju ke final Liga Champion 2019 hingga akhirnya menjadi juara.

3. Dirk Kuyt

Gravenberch Datang! Cek 4 Pemain Terbaik Liverpool asal Belandatwitter.com/LFC

Dirk Kuyt yang didatangkan oleh Liverpool pada tahun 2006 dari Feyenoord langsung menjadi pemain penting pada saat itu. Di musim yang sama, ia berhasil meraih Community Shield bagi Liverpool dan mencetak 12 buah gol. Selain itu, ia juga menjuarai Piala FA pada musim 2011/2012.

Dalam 6 musim karirnya bersama dengan The Reds, Dirk Kuyt telah tampil dalam 285 pertandingan dan mengantongi 71 gol dan 43 assist. Kuyt adalah pemain yang menjadi favorit banyak penggemar Liverpool berkat dedikasi dan kerja kerasnya.

4. Sander Westerveld

Gravenberch Datang! Cek 4 Pemain Terbaik Liverpool asal Belandatwitter.com/LFC

Penjaga gawang Sander Westerveld menjadi andalan Liverpool setelah didatangkan dari Vitesse pada tahun 1999. Dalam 103 penampilannya di semua kompetisi, Westerveld mampu menjaga gawangnya 42 di antaranya nirbobol dan membantu mengukir sejarah bersama Liverpool dengan raihan 5 buah trofi.

Namun, sayang ketika pencapaiannya yang gemilang itu harus usai dalam waktu singkat setelah blunder fatalnya saat melawan Bolton pada Liga Inggris musim 2001/02. Laga tersebut menjadi penampilan terakhirnya bagi Liverpool yang akhirnya mendatangkan dua penjaga gawang sekaligus untuk menggantikannya, Jerzy Dudek dan Chris Kirkland. Meski demikian, kejadian itu tidak menutup fakta tentang perannya di Liverpool yang begitu cemerlang dalam karir sepak bolanya.

Itu dia 4 pemain sepak bola terbaik asal negeri tulip yang pernah berseragam Liverpool. Di antara seluruh 12 pemain tersebut, memang ada naik-turunnya, tapi secara keseluruhan bisa dibilang merekalah yang terbaik. Dari sejarah beberapa pemain lain yang satu negara dengannya di klub ini, kira-kira bagaimana kontribusi Cody Gakpo dan Ryan Gravenberch di masa mendatang?

Baca Juga: 5 Bek Tengah Prancis Terakhir yang Membela RB Leipzig

Muhammad Ridwan Photo Community Writer Muhammad Ridwan

Menulis hanya untuk mengisi waktu kosong

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya