6 Pemain Belanda yang Direkrut Tottenham Hotspurs sebelum Van de Ven

Termasuk pemain legendaris Edgar Davids dan Van der Vaart

Tottenham Hotspurs resmi membeli Micky Van de dari Vfl Wolfsburg. Kabarnya, Van de Ven dibeli dengan harga 43 juta pound sterling atau sekitar Rp831 miliar. Nantinya Van de Ven akan mengenakan nomor punggung 37.

Bek muda tersebut tampil menjanjikan bersama Wolfsburg dengan 41 penampilan di semua ajang. Sang pemain juga tampil 11 kali di Euro U21 bersama Timnas Belanda U21. Dia dikenal lugas dan cepat. 

Van de Ven diharapkan mampu melanjutkan rekam jejak pemain Belanda di Tottenham Hotspurs. Sebelumnya, Tottenham Hotspurs pernah merekrut banyak pemain dari Belanda. Beberapa berhasil dan ada juga yang gagal. 

Berikut ini adalah enam pemain Belanda terakhir yang bermain untuk Tottenham Hotspurs.

1. Edgar Davids

6 Pemain Belanda yang Direkrut Tottenham Hotspurs sebelum Van de VenEdgar Davids (twitter.com/SpursOfficial)

Edgar Davids adalah legenda Timnas Belanda yang identik dengan kacamata hitamnya. Davids memulai kariernya yang sukses bersama Ajax Amsterdam dengan menjuarai Eredivisie, UEFA Champions League (UCL), UEFA Super Cup (USC), KNBC Cup, UEFA Cup, dan Intercontinental Cup. Walaupun demikian, sang pemain lebih dikenal sebagai legenda Juventus. Davids bermain sebanyak delapan musim bersama Juventus dengan meraih tiga gelar Serie-A.

Malang melintang di banyak klub Eropa, Davids juga sempat bergabung dengan Tottenham Hotspurs. Itu terjadi pada 2005 saat ia dibeli dari Inter Milan. Davids tampil sebanyak 44 laga untuk The Lilywhites serta mencetak 1 gol dan 2 assist.

Bersama Timnas Belanda, Edgar Davids bermain sebanyak 74 kali dengan torehan 6 gol dan 6 assist. Salah satu penampilan terbaiknya adalah saat Piala Dunia Prancis 1998.

2. Rafael Van der Vaart

6 Pemain Belanda yang Direkrut Tottenham Hotspurs sebelum Van de VenRafael Van der Vaart (tottenhamhotspur.com)

Rafael Van der Vaart menjadi gelandang serang andalan Timnas Belanda pada awal 2000-an. Sama seperti Edgar Davids, Van der Vaart memulai kariernya bersama Ajax Amsterdam. Dia tampil sebanyak 156 kali dengan mengemas 61 gol dan 28 assist. Sang pemain kemudian melanjutkan kariernya bersama Hamburger SV. Dia mencetak 66 gol dan 55 assist dari 199 penampilan.

Van der Vaart bergabung dengan Tottenham Hotspurs pada tahun 2010. Van der Vaart bermain 77 kali untuk The Lilywhites. Sang pemain mencetak 28 gol dan 18 assist. Kala itu, Tottenham Hotspurs masih dihuni pemain sekelas Gareth Bale, Luca Modric, dan Adebayor. 

Van der Vaart juga berjasa besar untuk Timnas Belanda. Dia tampil sebanyak 109 kali dan mengemas 25 gol serta 29 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Andalan Arsene Wenger saat Melatih Arsenal

3. Michel Vorm

6 Pemain Belanda yang Direkrut Tottenham Hotspurs sebelum Van de VenMichel Vorm (tottenhamhotspur.com)

Michel Vorm adalah kiper yang cukup lama bermain di EPL. Vorm merintis karier sepakbolanya bersama dengan FC Utrecht. Dia juga pernah membela Swansea City.

Michel Vorm bergabung dengan Tottenham Hotspurs pada tahun 2014. Bermain hingga 2020, Vorm hanya mengemas 48 penampilan. Vorm jarang dimainkan karena Tottenham Hotspurs masih memiliki Hugo Lloris sebagai penjaga gawang utama.

Kariernya bersama Timnas Belanda juga tidak terlalu menjanjikan. Vorm hanya tampil sebanyak 15 kali untuk Timnas Belanda.

4. Vincent Janssen

6 Pemain Belanda yang Direkrut Tottenham Hotspurs sebelum Van de VenVincent Janssen (tottenhamhotspur.com)

Vincent Janssen mulai dikenal publik saat bermain untuk AZ Alkmaar pada 2015/2016. Kala itu, Janssen menjadi debutan tersukses dengan mencetak 27 gol dan 5 assist dari 34 laga. Itu sekaligus membuatnya menjadi top skorer. Ketajaman Janssen menarik minat dari Tottenham Hotspurs.

The Lilywhites merekrut Janssen pada 2016/2017. Namun, performa Janssen tidak sesuai harapan setelah hanya mencetak 2 gol dan 2 assist di EPL. Janssen kalah saing dengan Harry Kane yang saat itu mencetak 29 gol dan 7 assist.

Bersama Timnas Belanda, Janssen bermain sebanyak 22 kali. Dia menorehkan 7 gol dan 7 assist untuk Timnas Belanda.

5. Steven Bergwijn

6 Pemain Belanda yang Direkrut Tottenham Hotspurs sebelum Van de VenSteven Bergwijn (premierleague.com)

Ajax nampaknya memang jadi tempat yang bagus untuk merintis karier sepakbola. Steven Bergwijn adalah salah satu contohnya. Dia merupakan jebolan akademi Ajax Amsterdam yang kemudian bergabung ke PSV Eindhoven pada 2014. Mengemas 149 penampilan, Bergwijn mencetak 31 gol dan 41 assist.

Bergwijn pindah ke Tottenham Hotspurs pada 2019/2020. Selama kariernya untuk Tottenham Hotspurs, Bergwijn mencetak 8 gol dan 10 assist dari 83 laga. Performa tersebut tidak cukup untuk membuatnya bertahan bersama The Lilywhites. Bergwijn akhirnya kembali ke klub masa kecil, Ajax Amsterdam pada 2022/2023.

Bersama Timnas Belanda, Bergwijn tampil sebanyak 30 kali dengan torehan 8 gol dan 2 assist. Dia juga pernah berpartisipasi di Piala Dunia Qatar 2022. 

6. Arnaut Danjuma

6 Pemain Belanda yang Direkrut Tottenham Hotspurs sebelum Van de VenArnaut Danjuma (tottenhamhotspur.com)

Nama terakhir adalah Arnaut Danjuma. Pemain ini telah malang melintang di Belanda, Belgia, Inggris, dan Spanyol. Danjuma mulai dikenal namanya saat membela NEC Nijmegen di Eredivisie. Namanya makin melambung saat dia bermain untuk AFC Bournemouth hingga Villareal.

Danjuma dipinjam Tottenham Hotspurs dari Villareal pada paruh musim 2022/2023. Namun, penampilan Danjuma tidak mengesankan. Sang pemain hanya mencetak 2 gol dari 12 laga. Itu membuatnya harus rela kembali dipinjamkan, yaitu ke Everton.

Danjuma juga tidak terlalu mengesankan bersama Timnas Belanda. Dia hanya tampil sebanyak 6 kali dengan mencetak 2 gol dan 1 assist.

Nah, itu tadi adalah para pemain Belanda yang pernah direkrut Tottenham Hotspurs. Menurut kamu, mampukah Van de Ven mengikuti jejak pendahulunya?

Baca Juga: 5 Pemain yang Meninggalkan Leicester City Musim 2023/2024

Ridwan Saputra Photo Community Writer Ridwan Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya