Fakta Diego Bardanca, Bek Persis Solo Naturalisasi Berdarah Eropa

Bek yang punya tinggi badan mencapai 1,9 meter

Persis Solo mempunyai enam pemain asing yang mumpuni saat menyongsong Liga 1 Indonesia 2023/2024. Salah satu di antaranya ada Diego Bardanca. Pemain asing asal Spanyol yang memilih pindah kewarganegaraan Filipina melalui proses naturalisasi.

Diego Bardanca memperkuat Timnas Filipina ketika mentas di ajang internasional sejauh ini. Pemain berusia 30 tahun itu sendiri dikenal sebagai pemain yang terampil di lini pertahanan. Ia biasa bermain di posisi stopper alias bek tengah. Lantas, inilah profil Diego Bardanca selengkapnya.

1. Diego Bardanca lama meretas karier di Spanyol

Fakta Diego Bardanca, Bek Persis Solo Naturalisasi Berdarah EropaDiego Bardanca saat memperkuat klub Spanyol, UD Ibiza, pada 2017/2018. (instagram.com/dbardanca)

Diego Bardanca mengawali karier profesional di Spanyol pada 2011. Ia kala itu memperkuat Real Valladolid B hingga 2013. Selanjutnya, sang pemain malang melintang membela klub lainnya di sana, seperti Atletico Onubense, Eldense, Atletico Levante, Real Jaen, Ibiza, dan Gimnastica Torrelavega.

Diego Bardanca bertahan selama 6 tahun di Spanyol medio 2013—2018. Di sela-sela itu, ia sempat mencicipi atmosfer kompetisi sepak bola di negara lain. Diego pernah menjadi salah satu bagian dari klub Finlandia, SJK Seinajoki, selama semusim pada 2016/2017.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal Persis Solo di Liga 1 Musim 2023/2024, Skuad Kuat

2. Sempat berkiprah di kompetisi top Eropa lainnya

Fakta Diego Bardanca, Bek Persis Solo Naturalisasi Berdarah EropaDiego Bardanca saat memperkuat klub Polandia, Puszcza Niepolomice, pada 2021/2022. (instagram.com/dbardanca)

Diego Bardanca kembali melanjutkan karier di Eropa setelah lama berkiprah di Spanyol. Bahkan, ia pernah menapakkan kaki di tiga negara yang berbeda, seperti Polandia, Serbia, dan Slovenia. Diego melakukannya selama 2 tahun pada 2018—2019. Hanya saja, ia dominan mentas di kasta bawah.

perjalanan baru Diego Bardanca pun dimulai setelah itu. Ia rupanya tertarik untuk melanjutkan hidupnya di Benua Asia. Itu terbukti setelah sang pemain memilih bergabung dengan klub kasta kedua Liga Uzbekistan, Lokomotiv Tashkent, pada 2020/2021. Diego sayangnya menetap sebentar di negara Asia Tengah itu.

Selanjutnya, Diego Bardanca balik ke Eropa lagi dengan membela Puszcza Niepolomice pada 2021/2022. Kali ini kariernya menanjak. Sebab, Diego memperkuat tim yang berkompetisi di kasta teratas Liga Polandia. Namun, lagi-lagi kiprahnya cuman seumur jagung. Jasa Diego dipakai selama setengah musim pada 2021/2022. Ia pun sempat tak memiliki klub kala itu.

3. Pernah juara Liga Thailand 2022/2023

Fakta Diego Bardanca, Bek Persis Solo Naturalisasi Berdarah EropaDiego Bardanca saat menjuarai Liga Thailand 2022/2023 bersama Buriram United. (instagram.com/dbardanca)

Sempat menganggur, Diego Bardanca untungnya masih diminati klub lain. Ia dilirik klub asal Thailand, Buriram United. Mereka pun akhirnya menjalin kontrak kerja pada putaran kedua kompetisi 2021/2022.

Diego Bardanca sepertinya gagal mendapatkan tempat utama pada musim debutnya di Buriram United. Sebab, klub meminjamkannya ke klub lain pada awal musim 2022/2023. Diego dipinjamkan ke Chonburi FC selama setengah musim.

Sang pemain pun berseragam Buriram United lagi pada putaran kedua kompetisi 2022/2023. Menariknya, Diego Bardanca balik saat klubnya berada dalam performa terbaik. Dikatakan seperti itu karena mereka sukses meraih trofi Liga Thailand dan Piala Thailand pada 2022/2023.

4. Direkrut Persis, adaptasinya lumayan cepat di Indonesia

Fakta Diego Bardanca, Bek Persis Solo Naturalisasi Berdarah EropaDiego Bardanca (instagram.com/dbardanca)

Karier Diego Bardanca di Thailand juga tak berlangsung lama. Ia berpisah dengan Buriram United pada akhir musim 2022/2023. Diego selanjutnya memilih berkiprah di Liga Indonesia pada musim baru 2023/2024.

Diego Bardanca resmi dipinang Persis Solo. Ia bekerja bareng klub asal Jawa Tengah itu untuk mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Sejauh ini, adaptasi sang pemain lumayan apik di sini. Itu terbukti usai Diego membukukan 9 laga (610 menit) dengan 1 gol dari 11 laga keseluruhan bareng Persis.

Diego Bardanca tampil lumayan solid bersama Persis Solo sejauh ini. Ia baru absen sebanyak dua laga saja di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mampukah penampilan Diego terus konsisten untuk Laskar Sumbernyawa sampai akhir musim nanti?

Baca Juga: 5 Fakta Stadion Sriwedari, Homebase Kedua Persis Solo

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya