Lucas Cardoso, Pemain Persekat Tegal Jebolan Liga Brasil U-20

Ia direkrut Persekat dalam usia masih produktif

Persekat tegal sudah melangsungkan beberapa pertandingan di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Dari 5 laga yang dilakoni, mereka meraup hasil 1 kali menang, 1 kali seri, 3 kali kalah. Statistik itu menandakan bilamana Persekat belum tampil optimal sejauh ini.

Kendati begitu, Persekat masih berkesempatan untuk bangkit di Liga 2 musim ini. Mereka harus meracik komposisi pemain terbaik di dalam lapangan. Sehingga, skuad yang solid pun akan terbentuk. Itu harus diupayakan dengan memanfaatkan dua pemain asing bermutu yang mereka miliki.

Salah satu nama penggawa asing yang diandalkan Persekat sendiri adalah Lucas Cardoso. Ia merupakan pemain asal Brasil berusia 29 tahun. Sang pemain biasa tampil di posisi flank ketika bertanding. Inilah uraian profil singkat Lucas Cardoso, salah satu juru gedor serangan Persekat.

Baca Juga: 5 Eks Pemain Liga 1 yang Direkrut Persekat Tegal Musim 2023

1. Pemain lulusan CBF Brasileiro U-20

Lucas Cardoso, Pemain Persekat Tegal Jebolan Liga Brasil U-20Lucas Cardoso (instagram.com/persekat.tegal)

Lucas Cardoso dikenal sebagai pemain multi-posisi di lini serang sebuah klub. Ia bisa bermain di pos penyerang tengah dan di kedua sisi sayap lapangan. Namun, posisi utama Cardoso adalah sebagai winger kiri.

Diketahui, Cardoso mulai mengawali karier sepak bola profesional di Brasil. Ia memulainya bersama Itumbiara Esporte Clube pada 2012. Setahun kemudian, Cardoso mencoba peruntungan di CBF Brasileiro U-20 alias Liga Pemuda Brasil pada 2013. Ia bermain untuk Atletico Goianiense U-20 ketika itu.

Kiprah Cardoso lagi-lagi tak bertahan lama. Selanjutnya, ia melanglang buana membela klub Brasil lagi, seperti Nacional Atletico Clube, Clube Atletico Taguatinga, dan Rio Branco FC. Ia menghabiskan waktu 3 tahun selama di sana. Cardoso sendiri menjalani periode kisaran 5 tahun berkiprah di Brasil hingga tahun 2016 silam.

2. Pernah main di Eropa dan di benua lainnya

Lucas Cardoso, Pemain Persekat Tegal Jebolan Liga Brasil U-20Lucas Cardoso (instagram.com/persekat.tegal)

Setelah berkiprah di Brasil, Lucas Cardoso lalu melanjutkan karier di dua benua berbeda. Ia pernah merasakan atmosfer sepak bola di Benua Eropa dan Asia. Bahkan, kariernya berkembang selama di Benua Biru.

Di Eropa, Cardoso mengawalinya dengan membela Pelister Bitola di Liga Makedonia Utara pada 2016. Lalu bergabung bersama klub raksasa Albania, FK Partizani, pada 2018. Debutnya berjalan tak ciamik di sana. Cardoso pun dipinjamkan ke klub top Liga Kosovo, FC Drita Gjilan, pada 2019.

Setelah semusim berlalu, Cardoso kembali pulang ke Partizani pada 2020. Namun, lagi-lagi, ia dipinjamkan ke klub divisi kedua Liga Albania, KS Besa, pada tahun yang sama. Kiprahnya pun seumur jagung di sana dan memilih kembali pulang ke Partizani. Itu jadi periode terakhir Cardoso di Liga Albania hingga 2021.

Berikutnya, ia memulai petualangan baru bersama Qyzyljar Petropavlovsk di Asia. Cardoso bermain di liga divisi teratas Kazakhstan pada 2022. Usai bertahan 1 musim di sana, ia lalu kembali ke Kosovo dengan membela FC Ballkani pada putaran pertama kompetisi 2022/2023. Kemudian, Cardozo merantau ke Liga Irak bersama Al-Naft SC pada putaran kedua kompetisi 2022/2023. 

3. Berhasil menjuarai Liga Albania 2018/2019

Lucas Cardoso, Pemain Persekat Tegal Jebolan Liga Brasil U-20Lucas Cardoso (instagram.com/persekat.tegal)

Lucas Cardoso mengalami peningkatan karier yang hebat selama di Eropa, terutama di Albania. Itu disebabkan karena ia berhasil menorehkan statistik terbaiknya bersama FK Partizani di sana. Tercatat, ia sudah membukukan 64 penampilan (3.155 menit bermain) dengan 10 gol dan 3 assists di Liga Albania.

Bahkan, Cardoso turut menyabet prestasi pertama dalam kariernya di sana. Ia sukses mengantarkan Partizani juara Liga Albania 2018/2019. Hanya saja, Cardoso tak terlalu berkontribusi besar kala itu. Ia diketahui hanya membukukan statistik 12 penampilan dengan 361 menit tampil. Cardoso tanpa sekalipun mengemas gol dan assist di Liga Albania 2018/2019.

4. Diboyong Persekat, pertama kali berkarier di Asia Tenggara

Lucas Cardoso, Pemain Persekat Tegal Jebolan Liga Brasil U-20Lucas Cardoso (instagram.com/persekat.tegal)

Lucas Cardoso terakhir kali berkiprah bareng Al-Naft SC di Liga Irak putaran kedua 2022/2023. Itu menjadi periode terakhirnya bekarier di sana. Selanjutnya, Cardoso lagi-lagi mencari tantangan baru. Ia resmi menerima pinangan klub Indonesia, Persekat Tegal. Hal ini jadi cerita pertamanya menginjakkan kaki di Asia Tenggara.

Cardoso pun menjadi salah satu pemain asing andalan Persekat saat berkompetisi di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Bahkan, ia sudah mengoleksi statistik 1 gol dari 3 penampilan (106 menit bermain) di sini. Hanya saja, Cardoso belum memberikan yang terbaik usai Persekat baru mengemas 1 kali menang, 1 kali imbang, 3 kali kalah dalam 5 laga terakhir di Liga 2 musim ini. Persekat masih tercecer di peringkat ke-6 klasemen sementara Grup 3 dengan torehan 4 poin.

Lucas Cardoso bisa dibilang tampil belum memuaskan untuk Persekat Tegal di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Dikatakan demikian karena ia pernah tidak masuk dalam starting line up sebanyak 2 kali dari 5 pertandingan. Apakah catatan itu menandakan perekrutan Cardoso merupakan produk gagal? Kita lihat dalam beberapa laga ke depannya.

Baca Juga: 6 Pemain Kunci Persekat Tegal di Liga 2 Musim 2023/2024

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya